Selamat Datang

Selamat Datang di Blog ini bersama R. Slamet Widiantono ------**------ TUHAN MEMBERKATI -----* KASIH ITU MEMBERIKAN DIRI BAGI SESAMA -----* JANGAN LUPA BAHAGIA -----* TERUS BERPIKIR POSITIF -----* SALAM DOA -----* slammy

Wednesday, February 12, 2020

MAIN GAMES

1. Percaya

Saya kurang tahu nama asli game ini, tapi permainan ini cukup sering dimainkan karena sederhana dan memberikan makna yang menarik. Cara mainnya sangat mudah, mula-mula pasangkan setiap anggota tim (1 pasang 2 orang). Setiap pasangan memilih 1 orang yang akan jatuh (teman 1) dan satunya yang akan menangkap temannya (teman 2). Teman 1 menghadap ke arah berlawanan dengan teman 2 (tidak melihat teman 2), lalu dalam hitungan ketiga teman 1 jatuh ke belakang dimana teman 2 bertugas untuk menangkapnya.

Makna dari game ini: kepercayaan. Kepercayaan antar anggota tim diuji disini. Lewat permainan ini, jika teman 1 kurang percaya terhadap teman 2, maka teman 1 tidak akan jatuh dengan cepat. Lewat permainan ini kita bisa ajarkan kepada anggota tim untuk berani mempercayai anggota timnya. Ulangi game ini dan lihatlah apakah anggota tim bisa jatuh lebih cepat atau sama saja.

2. Membentuk Lingkaran

Minta para pemain (anggota tim) untuk membentuk lingkaran. Untuk memudahkan penjelasan, silahkan lihat ilustrasi gambar di bawah ini dengan contoh 6 orang (jumlah pemain terserah kok).

Setelah membentuk lingkaran, minta setiap pemain mengangkat tangan kanannya lalu maju ke depan dan gandeng tangan kanan orang di depan mereka dengan tangan kanannya (Jika pemain ganjil tidak masalah, salah satu tidak perlu menggandeng tangan terlebih dahulu). Contohnya pada gambar, maka pemain nomor 1 akan bergandengan tangan kanan dengan nomor 4, nomor 2 dengan nomor 5 dan nomor 3 dengan nomor 6. Jika sudah dilakukan, minta para pemain untuk menggandeng tangan kirinya dengan tangan kiri pemain lain, tidak boleh sama dengan pasangan tangan kanan.

Mulai permainan dengan meminta semua pemain yang sudah bergandeng tangan untuk membentuk lingkaran utuh seperti semula. Tidak boleh untuk melepaskan tangan dari gandengan. Permainan selesai jika pemain dapat membentuk lingkaran utuh kembali tanpa melepaskan tangan dari gandengan.

Makna dari game ini: cukup satu komando. Mungkin ini sih yang paling saya dapatkan waktu memainkan permainan ini. Karena waktu pertama main game ini, anggota tim permainan saya kebanyakan pada memberi komando semua. Sehingga permainan menjadi sangat lama karena yang satu perintah kesini, yang satu perintah kesana, jadinya malah timbul kekacauan. Berbeda ketika permainan ini saya terapkan di kelompok sel saya, waktu yang digunakan untuk membentuk kembali lingkaran utuh sangatlah cepat. Hal ini karena yang memberi komando hanya satu orang dan yang lainnya menurutinya. Makna lain game ini mungkin bisa didapat jika kamu mencobanya sendiri. Jangan lupa diceritakan lewat komentar ya :P

3. Membangun Rumah

Sebenarnya game ini masih ada di pikiran saya saja, belum sempat untuk mencoba memainkannya, tapi kalau kamu kepengin coba game ini sangat diharapkan loh. Nanti ceritakan di komentar waktu main game ini bagaimana yang dirasakan dan makna apa yang didapat.

Game nya sangat simpel, cukup bagi kelompok ke tim kecil 2-3 orang atau bahkan sendirian saja jika orangnya memang sedikit. Bagikan kertas dan alat tulis lalu minta setiap tim untuk menggambar "sesuatu" seperti yang mereka inginkan. "Sesuatu" sebaiknya merupakan organisasi atau nama perkumpulan yang kamu ikuti, misalnya kamu sedang memimpin permainan untuk kelompok sel, maka mintalah setiap tim untuk menggambar "kelompok sel" seperti apa yang tim inginkan. Jika kebingungan, mending minta mereka gambar rumah saja.

Biar lebih seru, berikan waktu kepada setiap tim untuk mempresentasikan gambar yang mereka buat dan menjelaskannya.

Makna dari game ini: utamakan visi organisasi. Saya yakin gambar dan apa yang dipresentasikan akan berbeda-beda antar anggota tim. Lalu mulailah dengan mempertanyakan "apakah rumah/kelompok sel/organisasi yang dimaksud bisa dibangun jika semua menggambar dengan cara yang berbeda-beda?" Kebanyakan organisasi menjadi kacau karena setiap orang memiliki visi yang berbeda-beda untuk organisasi tersebut. Mungkin mereka memiliki visi yang baik untuk organisasi, namun jika semua mengutamakan visi pribadi mereka masing-masing, maka gambar rumah/kelompok sel/organisasi yang dibangun juga akan menjadi kacau. Misalnya yang satu mengecat temboknya dengan warna merah, tapi di satu sisi tembok yang lain dicat dengan warna biru. Untuk itulah mengutamakan visi organisasi amatlah penting. Setiap perbedaan, harus segera diselesaikan dengan acuan visi organisasi terlebih dahulu.
4. Bintang (Credit by : Jefry)
Semua pasti tidak asing kan dengan gambar bintang jika digambar dengan 1 garis? Gambar bintang tersebut akan memiliki 10 titik yaitu 5 titik di dalam dan 5 titik di luar. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar bintang di bawah ini.
Permainan ini sebenernya cocok untuk dimainkan 10 orang, tapi kalau jumlah orangnya lebih, terpaksa pemain yang lain bisa bantu mikir aja.

Gambarkan bintang seperti ini di tanah atau lantai tempat bermain. Anda bisa gunakan plakban atau tongkat yang penting bisa membuat jelas garis-garis pada bintang.

Tujuan dari permainan ini adalah membuat sepuluh pemain ada di masing-masing titik pada bintang. Namun (tetep perlu ada aturannya dong)..
  • Sembilan pemain harus mencapai ke suatu titik setelah berjalan dua langkah dari titik awal.
  • Langkah yang dibuat harus lurus tidak boleh belok-belok.
  • Pemain tidak boleh memulai (titik awal) di titik yang sudah ditempati. Namun boleh melewati titik yang sudah ada orangnya saat melangkah.
  • Untuk pemain yang terakhir tidak boleh melangkah sama sekali alias langsung saja ke titik terakhir.

Makna dari game ini: mulai berpikir dari tujuan. Mungkin kamu bakal merasa bingung untuk menyelesaikan permainan ini. Cobalah memulai permainan ini dari belakang, yang artinya mulailah berpikir dari tujuan ke langkah awal. Biarkan sepuluh pemain ada di masing-masing titik. Lalu mulailah menghilangkan orang kesepuluh yang tidak perlu melangkah. Hilangkan orang kesembilan dengan melakukan 2 langkah sesuai aturan, begitu seterusnya. Setelah itu, kamu bakal mendapatkan cara untuk menyelesaikan permainan ini.
Hal ini sama juga dengan strategi tim, mulailah dari tujuan tim mau menuju kemana yang selanjutnya dapat membuat kita untuk menentukan langkah-langkah yang perlu dilakukan agar bisa mencapai tujuan tersebut.

YUK MAIN GAMES

11. Mengurutkan Alfabet (Credit by : Buyung)

Game ini sebenarnya mirip dengan game Running Man. Bedanya, kalo game di Running Man mengurutkan angka, sedangkan game ini mengurutkan alfabet. Yah, berhubung sama saja silahkan pilih sendiri game yang dibuat mau mengurutkan alfabet atau mengurutkan angka.

Ice breaker ini mudah kok dalam memainkannya.

Aturannya, untuk setiap ronde, semua pemain diminta untuk mengurutkan alfabet. Misalkan, moderator mengawali permainan ini dengan huruf "A." Lalu, pemain segera menyebutkan huruf berikutnya yaitu "B, C, " dan seterusnya. Untuk pemain yang sudah menyebutkan huruf berikutnya berarti masuk ke kategori selamat dalam game itu. Nah, pemain yang terakhir menyebutkan huruf maka dinyatakan kalah dalam ronde itu.

Berhubung game ini merupakan game cepet-cepetan (siapa cepat dia dapat), maka ada aturan tambahan lagi. Jika ada dua pemain atau lebih yang menyebutkan huruf berikutnya secara bersamaan, maka pemain-pemain itu dinyatakan kalah dalam ronde tersebut.

Singkatnya, dalam setiap ronde para pemain diminta untuk mengurutkan alfabet, pemain akan kalah dalam ronde tersebut jika dia menjadi pemain yang terakhir atau pemain tersebut menyebutkan huruf bersamaan dengan pemain lain.

Agar permainan menantang, gunakan sistem gugur untuk pemain yang kalah beberapa kali (bisa 1 kali, 2 kali atau lebih, silahkan tentukan sendiri ya ^^) dalam setiap ronde.

Untuk memudahkan, pemain yang sudah menyebutkan alfabet diminta mundur atau duduk sehingga lebih kelihatan siapa yang sudah atau belum menyebutkan alfabet.

12. Saling Mengenal (Credit by : Welly)

Permainan ini lucu juga kalau digunakan untuk mengakrabkan anggota sama lain. Cara mainnya juga mudah loh..!

Minta setiap peserta untuk menyebutkan informasi diri mereka masing-masing. Informasi diri bisa ditentukan oleh moderator terlebih dahulu, kalau saya waktu main game ini informasi diri yang diminta adalah nama, tanggal lahir, tinggi badan, ukuran sepatu dan hobby.

Nah, setelah masing-masing menyebutkan, tinggal jadikan informasi itu sebagai pertanyaan, misalnya tanya si A berapa tinggi badan si B; tanya si B berapa ukuran sepatu si C; tanya si C siapa saja yang lahir pada bulan Juli; dan seterusnya. Pertanyaan yang diberikan bisa diberikan secara random kok, jadi jangan terpaku sama urutan.

Untuk lebih mendramatisir suasana (cieee..), mulai pertanyaan dengan diawali dengan lagu dulu. Bisa ajak pemain untuk menyanyikan lagu "Bila Roh Allah ada di dalamku" sambil goyang-goyang (boleh dengan lagu lainnya) lalu mulai berikan sebuah pertanyaan ke satu peserta. Mulai dengan lagu lagi, begitu seterusnya.

Saran saya tidak usah terpaku untuk menang kalah dalam game ini, karena game ini hanya untuk lucu-lucuan sambil saling mengenal. Jadi ga usah mikirin urut atau adilnya peserta yang ditanyakan, yang penting lucu aja waktu dimainin. Hihihihi...

13. Pancasila Lima Dasar (Credit by : Yenme)

Mungkin banyak yang tahu permainan ini karena ini permainan lucu waktu masa kecil, tapi ternyata seru juga loh waktu game ini jadi permainan CG (Connect Group, bisa dikatakan komsel juga sih) saat dikemas dengan cara yang agak berbeda.

Penjelasan game dapat dilihat pada kumpulan permainan anak-anak nomor 6, bagian ini menjelaskan modifikasi dari permainan ini saja.

Bagikan peserta kertas dan bolpoin dimana untuk kertas sudah dibagi menjadi beberapa kolom (silahkan menyesuaikan sendiri). Untuk masing-masing kolom merupakan topik yang ditentukan, misalkan kolom pertama untuk nama binatang, kolom kedua untuk nama negara, kolom ketiga untuk nama iklan dan seterusnya. Sediakan kolom skor yaitu di kolom terakhir untuk memudahkan perhitungan.

Hom pim pa dengan menunjukkan jumlah jari untuk menentukan alfabet yang bakal ditebak. Jika alfabet sudah ditentukan, minta peserta untuk mengisi setiap kolom sesuai dengan topik dan alfabet yang ditentukan. Tidak boleh ngintip loh ya!

Setelah semua selesai mengisi, lanjut ke penilaian. Untuk peserta yang tidak menjawab maka nilainya 0, untuk peserta yang menjawab berikan nilai 100. Namun, jika ternyata jawaban peserta ada yang kembar, maka bagi nilai 100 itu kepada peserta yang kembar. Misalnya, ada 2 orang yang menjawab Macan pada topik nama binatang dengan huruf M, maka peserta tersebut mendapat nilai 50 untuk jawaban tersebut.

Sediakan beberapa ronde untuk permainan ini, jika sudah selesai, total skor yang didapat dan skor tertinggi adalah pemenangnya. Simple kan? Tapi seru loh permainan ini..

14. Time Bomb (Credit by : Tere)

Permainan ini pernah dimainkan di Running Man saat bintang tamu yang datang adalah Jackie Chan, tapi waktu dicoba dimainin di kelompok sel seru juga loh!

Game ini membutuhkan timer, pakai HP yang ada timer-nya juga boleh kok. Hehehe..

Orang yang memulai permainan diminta untuk mengatur timer dengan jumlah waktu terserah, bisa 30 detik, 45 detik, 1 menit atau lainnya; yang penting jangan lama-lama biar ga bosen.

Permainan dimulai dengan mengajukan pertanyaan (bebas deh mau tanya apapun) sambil memberikan timer kepada pemain yang ditanya. Pemain yang ditanya menjawab pertanyaan tersebut lalu mulai bertanya kepada pemain yang lain sambil memberikan timer itu. Nah, saat timer berbunyi karena waktu habis, orang yang memegang timer di saat itulah yang dinyatakan kalah.

Contoh nih, Pemulai permainan bertanya kepada Andy, "Ndy, kemarin malam makan apa?" lalu si Andy menjawab, "Tahu tek, Renato, kamu suka renang atau main basket?" Renato menjawab "Basket, Lydia, kamu ..." dan seterusnya sampai timer berbunyi.

Game ini dibuat untuk fun aja, jadi silahkan tentukan sendiri jumlah kalah dari permainan ini. Atau kalau hanya buat ice breaker, saya pikir buat permainan seru-seruan tanpa menang kalah juga asik loh.

15. Tebak Tokoh Alkitab

Game ini cukup simpel tapi seru juga. Pilih satu orang yang menjadi penebak dan minta dia untuk keluar ruangan terlebih dahulu. Pemain yang lain memikirkan bersama-sama satu toko alkitab yang akan ditebak. Setelah selesai berdiskusi, penebak dipersilahkan masuk ke ruangan kembali.

Penebak diberi 10 kesempatan (jumlah bisa janjian sendiri) untuk memberikan pertanyaan ke salah satu pemain. Pemain yang ditanya hanya boleh menjawab dengan jawaban "Ya" atau "Tidak" atau "Bisa jadi." Setelah bertanya, penebak akan langsung menebak tokoh alkitab yang dimaksud. Jika salah, maka penebak dapat bertanya lagi sampai jatah kesempatan yang diberikan di permainan habis.

Ulangi permainan dengan mengganti penebak. Waktu itu sih berhubung komsel saya ada 4 orang, maka semua dapat kesempatan untuk menjadi penebak.

Game ini cuman buat seru-seruan aja sih, jadi tidak ada yang menang ataupun kalah. Yang penting mencoba menebak aja. Dan ternyata, game ini seru juga loh!

16. Cepat Baca Kalimat (Credit by : Fano)

Ini game teman saya dapatkan setelah terinspirasi dari game Running Man.

Bagi tim dalam kelompok, kira-kira 1 kelompok isinya 5 orang. Minta setiap kelompok membuat kalimat-kalimat yang sulit diucapkan, berikan jumlah maksimal kata agar kalimat yang diberikan tidak terlalu panjang.

Minta kelompok lain untuk membaca kalimat yang diberikan kelompok tersebut dalam waktu tertentu secara bergantian.

Jadi misalkan ada 2 kelompok (kelompok A dan kelompok B), kelompok A membuat kalimat untuk kelompok B. Masing-masing anggota kelompok B akan membaca kalimat tersebut secara bergantian dalam waktu 1 menit. Jika waktu membaca ada kesalahan, maka kelompok B harus membaca dari anggota kelompok yang pertama kali membaca. Jika waktu sudah habis dan ternyata kelompok B belum selesai membaca, maka kelompok B dinyatakan gagal. Sebaliknya, jika berhasil maka kelompok B dinyatakan menang.

17. Saling Menebak (Credit by : Buyung)

Masih permainan seputar kelompok sel dengan konsep "ya, tidak atau bisa jadi." Hanya saja, di game ini setiap pemain punya tebakannya masing-masing.

Cara mainnya gampang kok, setiap pemain diminta untuk menyiapkan satu hal untuk ditebak, pemimpin game dapat menentukan topik agar tebakan tidak terlalu luas. Contohnya tokoh alkitab, aktor, nama hewan dan lainnya.

Mulai permainan dengan mengajukan pertanyaan ke salah satu pemain. Pemain yang ditanya harus menjawab pertanyaan dengan "ya, tidak atau bisa jadi" yang dilanjutkan dengan kesempatan untuk pemain yang ditanya memberi pertanyaan ke pemain lain.

Ambil contoh terdapat 4 pemain yaitu A, B, C dan D. Pemain A yang memulai permainan memberi pertanyaan ke pemain B. Setelah pemain B menjawab, pemain B dapat memberi pertanyaan ke pemain lain. Berikut seterusnya sampai semua tebakan sudah berhasil ditebak.

Saat pertanyaan-pertanyaan dilontarkan, semua pemain dapat langsung menebak tebakan milik pemain lain. Hanya saja, jika ternyata tebakan tersebut salah maka pemain tersebut mendapatkan minus satu untuk poinnya. Jika tebakan ternyata benar, pemain mendapatkan poin plus 2. Sampai semua tebakan berhasil ditebak, pemain dengan poin paling tinggi adalah pemenangnya.

18. Catch the thief! (Credit by : Tere)

Ini game yang dulu cukup sering dimainkan di episode-episode awal Running Man. Hanya saja mungkin penjelasan game ini sedikit berbeda dengan game Catch the thief! Running Man yang asli.

Oh ya, untuk memulai permainan ini dibutuhkan kartu (bisa kartu remi, kartu uno, dkk).

Bagikan masing-masing pemain 2 buah kartu dimana dalam tumpukan kartu yang dibagi, sisipkan satu kartu yang disebut sebagai kartu maling. Pemain boleh melihat kartunya namun tidak boleh melihat kartu milik pemain lain. Berikan dua putaran dimana dalam putaran itu, setiap pemain mengambil satu kartu milik pemain sebelah, dengan demikian, posisi kartu maling dapat berpindah-pindah sesuai dengan putaran yang ada.

Jika sudah dua putaran, masing-masing pemain menunjuk satu orang yang diduga memiliki kartu maling. Jika tebakan benar, maka pemain tersebut akan mendapatkan plus satu. Mainkan game ini beberapa kali sesuai dengan waktu yang disediakan. Pemain dengan poin tertinggi adalah pemenangnya.

19. Ha, Apa, Siapa? (Credit by : Komentar Blog dengan penyesuaian)

Peserta duduk melingkar, peraturannya orang pertama menyebutkan salah satu dari tiga kata tersebut, setelah itu dilanjutkan ke orang sebelahnya. Orang yang duduk di sebelahnya harus mengucapkan kata yang berbeda jika ingin melanjutkan putarannya. Tapi jika ingin merubah putaran, orang yang disebelahnya harus mengucapkan kata yang sama dengan yang sudah disebutkan.

Misalnya jika putaran pertama ke arah kanan A: Apa (kanan) B: Ha (kanan) C: Apa (kanan) D: Apa (kiri) C: Siapa (kiri) B: Siapa (kanan)..... Dst

Peserta dianggap kalah jika menjawab tidak sesuai dengan gilirannya atau tidak menjawab pada saat gilirannya.

20. Gandeng Perang (Credit by : Anonim)

Game ini cocok untuk kelompok besar sekitar 20-30 orang. Kalau kurang atau lebih sebenarnya tidak apa-apa sih, tapi dikira-kira sendiri bakal seru apa tidak. :P

Bagi kelompok dengan masing-masing kelompok berisi 4 orang. Tiga orang dari kelompok tersebut bergandeng melingkari satu orang yang di tengah. Pemain yang di tengah bertugas untuk merusakkan gandengan tim lawan. Sedangkan, tiga orang yang bergandengan tangan bertugas untuk menjaga gandengannya agar tidak lepas. Jika gandengannya lepas maka kelompok itu dinyatakan gugur.

Game kelompok sel ini bisa diatur sendiri untuk berapa ronde agar dapat ditentukan pemenangnya. Normalnya sih pemenangnya adalah yang bertahan paling akhir. Atau bisa juga dibuat kelompok yang kalah duluan kena hukuman. Terserah saja, yang pasti, ice breaker ini ternyata sangat seru untuk memecah keheningan di kelompok besar loh...!

MAIN GAMES YUK BIAR GAK BOSAN

1. Tulis Cerita Berputar

Ini merupakan game yang saya gabungkan dari beberapa jenis game agar lebih seru dimainkan. Untuk bahan, siapkan 2 kertas dan 2 bolpoin. Setiap orang diminta untuk duduk melingkar. Taruh kertas dan bolpoin ke 2 orang yang saling berhadapan agar posisi kertas awalnya jauh.

Setiap orang yang mendapat kertas harus menulis sebuah kalimat terserah apapun kata-katanya dan nantinya ini diharapkan menjadi sebuah cerita. Setelah menulis, kertas tersebut diberikan kepada orang sebelahnya (putaran boleh searah / berlawanan arah jarum jam yang penting tidak berubah). Orang sebelahnya akan melanjutkan kalimat yang ditulis orang sebelumnya pada baris berikutnya. Oh ya, setiap peserta hanya boleh melihat kalimat terakhir yang ditulis orang sebelumnya. Untuk memudahkan, berikan instruksi agar setiap orang yang sudah selesai menulis satu baris jangan lupa menutup kalimat sebelumnya dengan cara melipat kertas baru menyerahkan kertas tersebut ke orang yang baru.

Game akan berakhir ketika kertas sudah habis sehingga tidak bisa menulis cerita lagi di kertas tersebut atau ketika 2 kertas yang berputar tersebut bertemu di satu orang. Orang terakhir yang mendapat kertas bertugas untuk membacakan isi cerita dari kertas itu. Nah, biasanya yang bikin lucu pada waktu cerita ini dibacakan isinya kocak :)


2. 3 Fakta Unik

Setiap pemain diminta untuk menuliskan 3 fakta unik tentang dirinya, terserah apapun itu. Tidak boleh diberitahu siapapun kecuali Moderator. Untuk pengumpulan sih kalo mau gampang pake kertas, kalo mau lebih hi-tech mungkin pake SMS aja ke Moderator. :p

Nah tugas moderator adalah menyebutkan salah satu fakta unik dari kumpulan fakta tersebut dan pemain yang ditunjuk menebak fakta unik tersebut adalah milik siapa. Jika benar maka akan mendapat poin, pemenang diambil dari peserta yg memiliki poin terbanyak.

Untuk memudahkan permainan, biasa sih saya gunakan bola-bolaan dari kertas. Bola awal-awal diberikan ke salah satu peserta sebagai penebak pertama. Peserta yang menebak akan melempar bola ke orang yang ditebak. Selanjutnya orang yang dilempari bola tersebut akan menjadi penebak (tidak peduli salah atau benar) dan seterusnya.


3. Rumus Salah Benar (Credit by : Mega)

Ini game yang pernah dipimpin oleh teman saya. Permainan ini seru karena permainan ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Kalau ada pemain yang susah buat konsentrasi, biasanya game ini malah jadi ice breaking lucu yang sanggup memecahkan suasana.

Cara permainan game ini dimulai dengan moderator yang memberikan rumus, rumusnya terserah yang penting terdiri dari SALAH atau BENAR.

Contoh rumus: SALAH SALAH BENAR atau BENAR BENAR BENAR SALAH

Tujuannya dari rumus ini apa sih?
Awalnya moderator akan menyebutkan rumus tersebut sebelum permainan dimulai. Sewaktu permainan dimulai, moderator akan memberikan instruksi MAJU, MUNDUR, KIRI atau KANAN. Nah peserta harus melakukan apa yang dikatakan moderator sesuai rumus dan instruksinya.

Contohnya jika rumus BENAR BENAR SALAH BENAR
Pada saat moderator menginstruksikan MAJU, maka peserta harus MAJU
Instruksi kedua moderator MUNDUR, maka peserta harus MUNDUR
Instruksi ketiga moderator KIRI, maka peserta harus KANAN karena rumus ketiga adalah SALAH
Dan seterusnya..

Agar lebih seru, peserta diminta untuk menyebutkan aksinya juga dengan berbicara. Jadi contohnya jika peserta MAJU, maka peserta harus berteriak MAJU sambil badannya juga maju.


4. 3, 6, 9, Tepuk tangan!

Ini merupakan game yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Cara permainannya mudah, setiap orang diminta untuk duduk melingkar. Salah satu orang mulai menghitung dari 1, 2, 3, ... dan dilanjutkan dengan orang sebelahnya sampai seterusnya. Untuk setiap kemunculan angka 3,6,9 diganti dengan tepuk tangan.

Contohnya jika ada 4 pemain (A, B, C, D)

A : Satu
B : Dua
C : *tepuk tangan*
D : Empat
A : Lima, dst..

Yang kalah adalah orang yang menyalahi aturan, contohnya pada waktu angka 3 malah menyebutkan angka 3 bukannya tepuk tangan. Atau contoh lain jika urutannya adalah angka 12 malah tepuk tangan.
Agar game lebih seru, tambahkan peraturan jika muncul angka 3,6,9 sebanyak 2x, maka tepuk tangannya juga 2 kali. (Contoh: 33,63,69)

5. Belanja (Credit by : Buyung)

Ini game yang dimainkan di pemasa (komunitas sel) saya. Game ini akan melatih daya ingat kita dan teman-teman kita yang bermain, terlebih juga konsentrasi kita dilatih disini. Sekali tidak konsentrasi, bisa-bisa langsung kalah dalam permainan ini. Haha ^^

Cara bermainnya sangat mudah, orang pertama akan memulai dengan huruf A, dilanjutkan dengan B, C, dst.. Kalimat awal adalah "Saya pergi ke pasar membeli .. ", orang pertama mengucapkan benda yang berawalan huruf A, contoh: Ayam. Selanjutnya orang kedua melanjutkannya "Saya pergi ke pasar membeli Ayam [Benda berawalan huruf B]", orang ketiga melanjutkannya dengan berkata "Saya pergi ke pasar membeli Ayam [Benda berawalan huruf B] [Benda berawalan huruf C]" dan seterusnya sampai ada orang yang salah dalam mengingat benda-benda yang dibeli. Nah orang-orang yang salah itulah yang kalah dalam permainan ini.

Untuk perkembangan permainannya bisa menyesuaikan sendiri dengan jumlah orang dan durasi waktu terutama untuk menentukan siapa yang menang. Waktu saya bermain permainan ini kondisinya sedang diburu waktu, sehingga orang yang kalah sekali dalam permainan ini langsung gugur dan kita mendapatkan pemenang dari orang yang terakhir bertahan.


6. Lakukan Kebalik (Credit by : Billy)

Ini game simple banget, cocok untuk orang yang lagi kepepet / pusing untuk mikirin persiapan game. Tapi waktu dicoba ternyata game ini cukup menarik loh permainannya dan bikin ketawa, apalagi kalo ada orang yang susah konsen pasti bikin ketawa banget :)

Inti dari permainan ini adalah melakukan kebalikan dari apa yang diucapkan oleh Moderator. Sebelum permainan dimulai, ada baiknya dibuat perjanjian dulu tentang peraturan-peraturan kebalikannya. Misal berdiri kebalikannya duduk, jongkok kebalikannya lompat, hadap kiri kebalikannya hadap kanan, dan seterusnya sekreatif anda. Pada saat permainan, Moderator mengucapkan salah satu kata, dan pemain harus melakukan kebalikan yang dikatakan dari moderator tersebut. Supaya seru, moderator ikut melakukan juga apa yang dia ucapkan. Coba buat pancingan supaya peserta tertipu, misal ketika Moderator berkata "Duduk!", maka Moderator "Duduk" juga. Nah coba di tengah permainan Moderator katakan "Duduk!" sambil Moderatornya "Berdiri", bisa ketipu tuh pemainnya. :D

Cara permainannya bisa di variasi seenaknya kok, waktu saya memainkan game ini dibentuk kelompok-kelompok. Nah jika salah satu dari anggota kelompok salah, maka salah semua. Nanti kelompok yang salah sebanyak 3 kali dikeluarkan dari permainan. Pemenangnya tentu saja kelompok yang tersisa.


7. Pergi ke Luar Negeri (Credit by : Jefry)

Ini game seru banget terutama kalau dimainkan dengan banyak orang. Permainannya juga mudah dan membuat setiap peserta turut terlibat aktif dalam permainan ini.

Sebelum memulai permainan, setiap pemain diminta untuk menyebutkan nama negara yang akan menjadi identitas masing-masing mereka (nama negara tidak boleh kembar). Yang perlu dipersiapkan adalah alas duduk atau apapun yang dapat menandakan tempat. Siapkan alas tersebut sesuai dengan total orang yang bermain dikurangi 1 sehingga ada 1 pemain yang belum mendapat tempat. Biasanya untuk awal ada baiknya pemimpin permainan yang belum mendapat tempat untuk memudahkan penjelasan permainan.

Permainan dimulai dengan orang yang belum mendapat tempat sebagai pencerita mulai menceritakan kisah perjalanannya. Kisahnya bisa sekreatif mungkin dan diceritakan sambil berkeliling. Ketika nama negara salah satu pemain disebutkan, maka pemain dengan negara tersebut akan keluar dari tempatnya dan membentuk barisan di belakang pencerita, begitu seterusnya. Ketika kata kunci disebutkan - kalau dulu saya bermain kata kuncinya adalah "Pemasa" yang menunjukkan nama komunitas sel saya - maka semua yang ada dalam barisan tersebut segera berlari mencari tempat untuk diduduki. Pemain yang tidak mendapat tempat akan menjadi pencerita berikutnya, begitu seterusnya.


8. Lanjut Cerita (Credit by : Kevin)

Ice breaking lucu ini hampir sama dengan permainan nomor 5 (Belanja) hanya saja ini versi lebih sederhana. Tidak dibutuhkan konsentrasi yang kuat karena memang game ini buat seru dan lucu-lucuan.

Cara mainnya mudah, setiap orang menyebutkan 1 kata dan dilanjutkan dengan 1 kata berikutnya dari pemain selanjutnya yang membentuk sebuah cerita. Contohnya, pemain A yang mengawali permainan menyebutkan kata "Robert," lalu dilanjutkan dengan pemain B berkata "bermain," pemain C berkata "gitar," dan seterusnya sampai cerita dirasa sudah mulai tidak nyambung untuk dilanjutkan. Karena ini game untuk lucu-lucuan (namanya juga ice breaker kan :P) jadi ga ada menang atau kalah di game ini. Tapi boleh juga sih kalo orang yang menyebutkan kata yang ga nyambung dalam cerita dianggap yang kalah. Silahkan disesuaikan sendiri dengan kondisi kelompok sel.

Game ini ternyata seru untuk dimainkan karena cara bercerita setiap anggota kelompok berbeda-beda, belum ada janjian juga cerita ini mau dibawa kemana, sehingga setiap kata yang disebutkan menimbulkan kelucuan tersendiri. Supaya lebih seru, Anda boleh memberikan topik sebelum cerita dimulai, misalnya nih waktu saya main ada topik tentang percintaan, persahabatan, horror, komedi atau topik lainnya seperti retret, psikologi, atau materi seru lainnya.


9. 2 Benar 1 Salah

Ini game lupa yang ajari siapa, tapi menarik loh buat dimainkan. Inti dari permainan ini adalah menemukan fakta yang salah dari 3 fakta yang ada.

Minta untuk setiap pemain menuliskan 2 fakta yang benar tentang dirinya dan 1 fakta yang salah tentang dirinya di selembar kertas secara acak. Jangan lupa kertas tersebut juga diberi nama supaya tidak keliru. Kumpulkan kertas tersebut kepada moderator dan moderator mengambil 1 kertas lalu menyebutkan 3 fakta yang ada di kertas itu untuk ditebak fakta mana yang salah. Minta setiap pemain untuk menebak satu fakta yang salah dari 3 fakta yang disebutkan itu. Berikan 1 poin kepada setiap pemain yang berhasil menebak fakta yang salah tersebut.

Permainan berakhir ketika semua kertas sudah diambil oleh moderator. Pemenangnya merupakan orang yang mendapat poin tertinggi setelah permainan berakhir.


10. Temukan Barang

Sering banget sih mainin game ini dulu. Game-nya simpel dan menarik, jadi bolehlah untuk dimainkan di kelompok sel atau kelompok-kelompok lainnya asal rohani (soalnya mainnya mesti pakai Alkitab).

Buat janjian di awal, untuk angka yang disebutkan pertama menunjukkan Perjanjian Lama (angka 1) atau Perjanjian Baru (angka 2). Angka yang disebutkan kedua merupakan urutan bab. Angka yang disebutkan ketiga merupakan pasal Alkitab. Angka yang disebutkan keempat merupakan ayat Alkitab. Angka yang disebutkan kelima merupakan kata ke-..

Jadi misalnya, kalau moderator menyebutkan 2-3-19-23-12, maka berarti 2 itu Perjanjian Baru, Bab ketiga dari perjanjian baru adalah Lukas. Jadi barang yang dibawa adalah kata ke-12 dari Lukas 19:23. Lukas 19:23 berbunyi, "Jika demikian, mengapa uangku itu tidak kauberikan kepada orang yang menjalankan uang? Maka sekembaliku aku dapat mengambilnya serta dengan bunganya." Kata ke-12 dari Lukas adalah uang. Jadi, siapa paling cepat membawa uang kepada moderator (cuman membawa loh ya :p) adalah yang menang dan mendapatkan poin.

Game ini bisa dibuat kelompok ataupun individu, menyesuaikan banyaknya orang yang bakal ikutan juga. Moderator sebaiknya sudah menyiapkan daftar satu set angka (5 angka) yang menunjukkan barang yang bisa didapatkan saat permainan.

Pemenang dari game ini merupakan orang/tim yang memperoleh poin paling banyak..