Selamat Datang

Selamat Datang di Blog ini bersama R. Slamet Widiantono ------**------ TUHAN MEMBERKATI -----* KASIH ITU MEMBERIKAN DIRI BAGI SESAMA -----* JANGAN LUPA BAHAGIA -----* TERUS BERPIKIR POSITIF -----* SALAM DOA -----* slammy

Sunday, December 1, 2019

jadi ORANG SUKSES










sebuah KISI PAK 8

No
Kompetensi
Materi Pokok
IPK
Indikator Soal
Level
Bent soal
No
soal
3.1

















3.2


















Memahami ajaran  Kitab Suci dan ajaran Gereja tentang makna Yesus Kristus sebagai Allah yang menjelma menjadi manusia.








1.      Yesus Pemenuhan Janji Allah

3.1.1.   menjelaskan arti 
          dan makna janji
·   Disajikan diskripsi tentang janji peserta didik mampu menemukan makna sebuah janji
C 2
PG
1
3.1.2 Menjelaskan bahwa sejak awal Allah menjanjikan Juru selamat seperti yang diungkapkan dalam Kej 3 : 8 -15. Dan Yes 7 : 10 - 14
·   Disajikan kutipan Kej 3: 15 peserta didik mampu menemukan pesannya
C 2
PG
2
3.1.3  menjelaskan Yesus Kristus adalah pemenuhan janji Allah.
·   Disajikan kutipan Yes 7:10-14,peserta didik mampu menemukan janji Tuhan dalam teks tersebut

C 4
PG
3
·   Disajikan kutipan Ibr1: 1-2 peserta didik mampu menemukan arti Yesus Kristus pemenuhan janji Allah
C 4
PG
4
3.1.4  menjelaskan ciri ciri Yesus sungguh manusia dan Yesus sungguh Allah
·   Disajikan diskripsi tentang ciri keallahan dan kemanusiaan    peserta didik mampu menunjukkan tindakan yang mengungkapakan ciri kelalahan Allahan dalam diri manusia
C 1
PG
5
3.1.5  menjelaskan bahwa Yesus Kristus sungguh Allah dan sungguh manusia bagi hidup kita
·   Disajikan diskripsi tentang ciri keallahan dan kemanusiaan    peserta didik mampu menunjukkan dimana leAllahan dan kemanusiaan Yesus
C1
PG
6




Memahami tugas Yesus Kristus Mewartakan Kerajaan Allah melalui sabda dan tindakan
2.      Kerajaan Allah sebagai pokok pewartaan Yesus
3.2.1  menjelaskan pengertian dari kerajaan Allah
·   Disajikan diskripsi, peserta didikdapat dapat menemukan arti dari Kerajaan Allah
C 3
PG
7
3.2.2 menjelaskan paham kerajaan Allah pada masa Yesus
·   Disajikan diskripsi peserta didik dapat memberikan contoh tindakan Yesus sebagai wujud  kerajaan Allah
C 2
PG
8
3.2.3 menjelaskan pandangan Yesus tentang kerajaan Allah
·   Peserta didik menjelaskan paham  tentang kerajaan Allah
C 2
PG
9
3.2.4 membandingkan paham kerajaan Allah menurut harapan bangsa Israel dengan paham menurut Yesus
·   Peserta didik membandingkan paham kerajaan Allah menurut harapan bangsa Israel dengan paham menurut Yesus
C 2
PG
10
3.2.5 menjelaskan bahwa Yesus  datang untuk mewartakan Kerajaan Allah
·   Peserta didik dapat menemukan famam kerajaan Allah pada masa Yesus
C1
PG
11
·   Peserta didik menjelaskan bahwa Yesus  datang untuk mewartakan Kerajaan Allah
C 1
PG
12
3.      Yesus Mewartakan Kerajaan Allah mmelalui perumpamaan
3.2.6  Menjelaskan arti perumpamaan
·   Peserta didik menjelaskan  arti perumpamaan
C 1
PG
13
3.2.7  Menyebutkan contoh contoh perumpamaan Yesus dalam kitab Suci yang menggambarkan Kerjaan Allah
·   Peserta didik menyebutkan contoh contoh perumpamaan Yesus dalam kitab Suci yang menggambarkan Kerjaan Allah

C 2
PG
14

3.2.8  Menjelaskan maksud Yesus memberikan perumpamaan
·   Peserta didik menjelaskan  maksud Yesus memberikan perumpamaan
C 2
PG
15
3.2.9  Menjelaskan beberapa makna perumpamaan yang diberikan yesus dalam kitab suci
·   Disajikan kutipan teks Kitab Suci Peserta didik menemukan pesan  perumpamaan yang diberikan Yesus
C 4
Esai
1
4.      Yesus Mewartakan Kerajaan Allah melalui mukjizat
3.2.10    Memberikan contoh tindakan Yesus yang menunjukkan tanda tanda kehadiran Kerajaan Allah
·   Peserta didik memberikan contoh tindakan Yesus yang menunjukkan tanda tanda kehadiran Kerajaan Allah
C 2
PG
16
3.2.11Menjelaskan makna tindakkan Yesus sebagai tanda kehadiran Kerajaan Allah
·   Peserta didik menjelaskan makna tindakkan Yesus sebagai tanda kehadiran Kerajaan Allah

C 1




PG
17



3.2.12    Menjelaskan ari mujizat
· Peserta didik menjelaskan alasan Yesus mengunakani mujizat
C 1
PG
18
3.2.13 Menyebutkan mukjizat mukjizat yang dibuat Yesus berdasarkan kitab suci
· Peserta didik dapat menemukan pesan  mukjizat mukjizat yang dibuat Yesus berdasarkan kitab suci
C 4
Essai
2
3.2.14 Menjelaskan makna mujizat Yesus sebagai tanda kehadiran Kerajaan Allah
· Peserta didik dapat  menunjukkan golongan orang berdosa yang didatangi Yesus dalam mewartakan kerajaan Allah.
·   peserta didik  dapat memberi contoh mewartakan kerajaaan Allah pada masa sekarang
C 2
PG
19
C 3
PG
20




· Peserta didik dapat menyebutkan nama pemuda yang dibangkitkan Yesus
C 1
PG
21
3.3
Memahami panggilan dan perutusan Yesus Kristus kepada murid-murid-Nya pda zaman sekarang demi mewujudkan Kerajaan Allah
1. Panggilan para murid Yesus
3.3.1       Menceritakan kembali kisah panggilan murid-murid Yesus dan tanggapan mereka terhadap Yesus sebagaimana diceritakan menurut Kitab Suci.
·   Disajikan  pernyataan yang berkaitan dengan panggilan menjadi murid Yesus, peserta didik mampu memilih yang tepat.

·   Peserta didik mampu menjelaskan alasan Yesus memilih dan memanggil murid-murid-Nya

·   Peserta didik mampu menguraikan nama-nama murid Yesus
C1


C2

C2
PG


PG

Esay
22


23

3


3.3.2 menyebutkan syarat mengikuti yesus berdasarkan KS
·   Peserta didik dapat menguraikan  syarat mengikuti Yesus
C2
PG
24


3.3.3 Menjelaskan makna menjadi murid Yesus
·   Disajikan Teks Bacaan Lukas 10:1-12 peserta didik mampu  menemukan makna kisah panggilan murid-murid Yesus
C6
PG
25


2. cara hidup murid Yesus
3.3.4 Menyebutkan cara hidup murid Yesus yang pertama berdasarkan Kitab suci
·   Peserta didik mampu mengaitkan cara hidup murid Yesus yang pertama berdasarkan Kis 2:41-47
·   Disajikan semangat yang dimiliki murid-murid Yesus, peserta didik mampu  memilih yang tidak  sesuai
C4

C1
PG

PG

26

27



3.3.5 Menjelaskan beberapa alasan mengapa Jemaat Perdana disukai banyak orang
·   Peserta didik mampu menguraikan alasan banyak orang yang simpati terhadap cara hidup jemaat perdana
C2
PG
28


3. Melaksanakan Tugas Perutusan murid Yesus
3.3.7        Menjelaskan
pengalaman  dan perasaan diutus melaksanakan suatu tugas.
· Peserta didik mampu memahami tugas perutusan sebagai murid Yesus dalam kehidupan menggereja

· Peserta didik mampu memahami alasan Yesus mengutus muridNya berdua-dua
C2

C2
PG

PG
29

30



3.3.9 Menjelaskan sikap-sikap yang perlu dimiliki para murid Yesus dalam melaksanakan tugas perutusan

· Menjelaskan sikap-sikap yang dituntut dari para murid Yesus dalam melaksanakan tugas perutusan

C2
PG
31
3.4
Memahami makna peristiwa sengsara, wafat, dan kebangkitan Yesus Kristus sebagai puncak pewartaan-Nya
Tanggapan atas Pewartaan Yesus
3.4.1. Menyebutkan orang/ kelompok orang-orang yang menerima pewartaan Yesus
· Disajikan Kelompok orang-orang yang menerima pewartaan Yesus, peserta didik mampu memilih yang tepat.

C1
PG
32



3.4.2 Menyebutkan orang/ kelompok orang yang menolak pewartaan Yesus
· Peserta didik mampu menjelaskan alasan orang-orang yang menolak pewartaan Yesus
C2
PG
33



3.4.3 Menyebutkan sikap dan tanggapan Yesus terhadap reaksi orang-orang yang menolaknya
· Disajikan Teks Bacaan Mat 5:44 mengenai sikap dan tanggapan Yesus terhadap reaksi orang-orang yang menolaknya peserta didik mampu  memilih jawaban yang tepat
C1
PG
34


Sengsara dan Wafat Yesus
3.4.5   Menyebutkan
Sikap positif dan negatif dalam menghadapi penderitaan
· Disajikan sikap positif dan negatif dalam menghadapi penderitaan, peserta didik mampu  memilih sikap positif  dalam menghadapi penderitaan
C1
PG
35



3.4.6 menceritakan dua peristiwa penting sebelum sengsara dan wafat Yesus
·   Peserta didik mampu menyebutkan dua peristiwa penting sebelum sengsara dan wafat Yesus
C1
Esay
4



3.4.7 Menjelaskan sikap Yesus dalam menghadapi sengsara dan wafat-Nya
·   Disajikan sikap dalam menghadapi penderitaan, Peserta didik mampu menyusun sikap yang tepat sebagai murid Yesus dalam menghadapi penderitaan
C5
PG
36


Kebangkitan Yesus
3.4.9 menunjukan bukti-bukti kebangkitan Yesus Kristus sebagaimana ditunjukkan dalam Kitab Suci
·   Peserta didik mampu menentukan bukti kebangkitan Yesus berdasarkan bacaan kitab suci (Mrk 16;1-8, Luk 24:1-31, Lukas 24:13-35, Yohanes 20;24-29 , Yohanes 20:19-23)
C3
PG
37



3.4.10 menceritakan kisah kebangkitan Yesus
·   Peserta didik mampu memahami makna kebangkitan Yesus
C2
PG
38



3.4.11 menjelaskan makna kebangkitan Yesus
Peserta didik dapat mengaitkan arti kebangkitan Yesus pada zaman sekarang
C2
PG
39



3.4.12 mewujudkan semangat kebangkitan Yesus dalam kehidupan sehari-hari
·   peserta didik mampu mengelompokkan makna kebangkitan yang lebih luas dalam kehidupan sehari-hari
C4
PG
40
3.5
Memahami peran Roh Kudus pada Gereja perdana dan Gereja Masa
Yesus Mengutus Roh Kudus
3.5.1 Menceritakan peristiwa turunnya Roh Kudus
·   Peserta didik disajikan cerita tentang peristiwa turunnya Roh Kudus atas para rasul (Pentakosta) Kis 2:1-13
C2
PG
41


·    3.5.2 Menjelaskan siapakah Roh Kudus itu

·   Peserta didik disajikan cerita tentang peristiwa turunnya Roh Kudus atas para rasul (Pentakosta) Kis 2:1-13
C2
PG
42


·   Peserta didik mampu menjelaskan bahwa hidup Yesus dibimbing oleh Roh Kudus
C2
Esai
5


3.5.3 Menyebutkan macam-macam karunia Roh Kudus
·   Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam karunia Roh Kudus
C2
PG
43


Roh Kudus Memberi Daya Kekuatan
3.5.4 Menentukan peran Roh Kudus bagi para rasul
·   Peserta didik dapat menentukan peran Roh Kudus bagi para rasul
C3
PG
44



3.5.5 Mengaitkan peran Roh Kudus bagi gereja saat
·   Peserta didik dapat mengaitkan peran Roh Kudus bagi gereja saat ini
C4
PG
45


Mengikuti Bimbingan Roh Kudus.
3.5.6 Merinci berbagai godaan yang harus diwaspadai
·   Peserta didik dapat merinci berbagai godaan yang harus diwaspadai
C2
PG
46



3.5.7 Menjelaskan tanda-tanda bahwa bisikan bukan berasal dari Roh
·   Peserta didik mampu menjelaskan tanda-tanda bahwa bisikan bukan berasal dari Roh Kudus
C2
PG
47



3.5.8 Menentukan bentuk-bentuk bimbingan Roh Kudus di masa kini
·   Peserta didik mampu menentukan bentuk-bentuk bimbingan Roh Kudus di masa kini
C3
PG
48



·   Peserta didik mampu menegaskan pentingnya pembedaan roh
C4
PG
49



3.5.9
Menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapat karunia Roh Kudus
·   Peserta didik mampu menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapat karunia Roh Kudus
C2
PG
50