Selamat Datang

Selamat Datang di Blog ini bersama R. Slamet Widiantono ------**------ TUHAN MEMBERKATI -----* KASIH ITU MEMBERIKAN DIRI BAGI SESAMA -----* JANGAN LUPA BAHAGIA -----* TERUS BERPIKIR POSITIF -----* SALAM DOA -----* slammy

Friday, August 9, 2024

FASE C - ATP KELAS 5 dan 6

ATP
PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK

Pada akhir akhir fase C, peserta didik memahami dirinya sebagai citra Allah, sebagai laki-laki atau perempuan; bersyukur dengan melibatkan diri dalam kehidupan menggereja, mewujudkan iman dalam kehidupan bermasyarakat dengan menunjukkan rasa bangga sebagai warga Negara Indonesia; menjunjung tinggi hati nurani, membangun semangat moderasi beragama sesuai teladan Yesus Kristus dan ajaran Gereja

 

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

TUJUAN PEMBELAJARAN

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

Pribadi Peserta Didik

Peserta didik mampu memahami diri sebagai perempuan dan laki-laki sebagai citra Allah, yang sederajat dan saling melengkapi; memahami hak dan kewajiban dirinya sebagai warga negara dan bangga sebagai bangsa Indonesia, memahami diri sebagai warga dunia.

·   memahami diri sebagai pertempuan dan laki-laki sebagai citra Allah, yang sederajat dan saling melenfkapi.

·   Memahami hak dan kewajiban dirinya sebagai warga Negara

·   Memahami rasa syukur dan bangga sebagai bangsa Indonesia

·   memahami diri sebagai warga dunia.

1.    Memahami diri sebagai perempuan dan laki-laki sebagai citra Allah, yang sederajat dan nsaling melengkapi

(Buku Kelas V Bab  1 A,B,C)

2.    Memahmi hak dan kewajiban dirinya sebagai warga Negara.

(Buku VI Bab 1 : B)

3.    Memahami rasa syukur dan bangga sebagai bangsa Indonesia

4.    (Buku BI Bab 1: A)

5.    memahami diri sebagai warga dunia. (Buku VI Bab 1 : C)

6.    memahami perjuangan tokoh-tokoh kitab suci Daud sebagai Pemimpin yang tangguh; Salomo yang bijaksana dan Ester perempuan pemberani

( Buku Kelas V Bab 2: A, B, C)

7.    memahami tokoh Maria dan Elisabet yang setia dan berserah kepada Allah;

(Buku Kelas V Bab 3 : A)

8.    memahami keteladanan  Yesus yang taat kepada Allah, mengajarkan pengampunan,  dengan memanggil orang berdosa

(Buku Kelas V Bab 3: B. C)

9.    memahami makna Yesus yang menderita, wafat, dan bangkit

(Buku Kelas V Bab 3 : D)

10.  memahami Roh Kudus dalam menguatkan para rasul, dan orang yang beriman kepada-Nya

(Buku Kelas V Bab IV: A, B)

11.  Memahami perjuangan Nabi Elia yang menubuatkan bangsa Israel, Nabi Amos sebagai pejuang keadilan, dan Nabi Yesaya yang menubuatkan kedatangan juru Selamat

(Buku Kelas VI Bab 2 : A, B, C,)

12.  Memahami Yesus kristus yang mewartakan Kerajaan Allah dengan perkataan dan perbuatan.

(Buku Kelas VI Bab 2 : D)

13.  Memahami dalam mewujudkan iman dalam hidup sehari-hari , melibatkan diri dalam hidup menggereja

(Buku Kelas V Bab IV : C)

14.  Memahami  wujud kehidupan  bersama yang dijiwai Roh Kudus

( Buku Kelas V Bab IV : B)

15.  memahami Gereja yang Satu, Kudus, Katolik, dan Apostolik  (Buku Kelas V Bab 3 : A)

16.  memahami Gereja sebagai persekutuan para Kudus

(Buku Kelas VI Bab 3 : B )

17.  memahami pentingnya terlibat aktif dalam pelestarian lingkungan

(Buku Kelas V Bab V : A )

18.  memahami sikap jujur dengan bertindak menurut hati Nurani dalam menegakkan keadilan  dalam hidup sehari-hari sebagai orang beriman Kristiani

(Buku Kelas V Bab 5 : B)

19.  memahami dialog antar umat beragama. (Buku 2Kelas VI Bab 1 : D)

Yesus Kristus

Peserta didik memahami perjuanagan tokoh-tokoh kitab suci: Daud sebagai Pemimpin yang tangguh; Salomo yang bijaksana dan Ester perempuan pemberani, serta tokoh Maria dan Elisabet yang setia dan berserah kepada Allah; meneladani Yesus yang taat kepada Allah; mengajarkan pengampunan, memanggil orang berdosa; menderita, wafat, dan bangkit; mengutus Roh Kudus untuk menguatkan para rasul, dan orang yang beriman kepada-Nya; memahami perjuangan nabi Elia yang menobatkan bangsa Israel; Nabi Amos sebagai pejuanh keadialan; dan nabi Yesaya yang menubuatkan kedatangan juru selamat, memahami Yesus yang mewartakan Kerajaan Allah dengan perkataan dan perbuatan.

·   memahami perjuangan tokoh-tokoh kitab suci Daud sebagai Pemimpin yang tangguh; Salomo yang bijaksana dan Ester perempuan pemberani

·   memahami tokoh Maria dan Elisabet yang setia dan berserah kepada Allah;

·   memahami keteladanan  Yesus yang taat kepada Allah, mengajarkan pengampunan,  dengan memanggil orang berdosa

·   memahami makna Yesus yang menderita, wafat, dan bangkit

·   memahami Roh Kudus dalam menguatkan para rasul, dan orang yang beriman kepada-Nya

·   Memahami perjuangan Nabi Elia yang menubuatkan bangsa Israel, Nabi Amos sebagai pejuang keadilan, dan Nabi Yesaya yang menubuatkan kedatangan juru Selamat

·   Memahami Yesus kristus yang mewartakan Kerajaan Allah dengan perkataan dan perbuatan.

Gereja

Peserta didik mewujudkan iman dalam hidup sehari-hari,melibatkan diri dalam hidup menggereja, sebagai wujud kehidupan  bersama yang dijiwai Roh Kudus; memahami Gereja yang Satu, Kudus, Katolik, dan Apostolik; persekutuan para Kudus; pengampunan dosa, kebangkitan badan dan kehidupan kekal.

·         Memahami dalam mewujudkan iman dalam hidup sehari-hari , melibatkan diri dalam hidup menggereja

·         Memahami  wujud kehidupan  bersama yang dijiwai Roh Kudus

·         memahami Gereja yang Satu, Kudus, Katolik, dan Apostolik

·         memahami Gereja sebagai persekutuan para Kudus

 

Masyarakat

Peserta didik memahami pentingnya terlibat aktif dalam pelestarian lingkungan, bersikap jujur, bertindak menurut hati nurani, menegakkan keadilan  dalam hidup sehari-hari sebagai orang beriman Kristiani, melakukan dialog antar umat beragama.

·         memahami pentingnya terlibat aktif dalam pelestarian lingkungan

·         memahami sikap jujur dengan bertindak menurut hati Nurani dalam menegakkan keadilan  dalam hidup sehari-hari sebagai orang beriman Kristiani

·         memahami dialog antar umat beragama.