PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK
Pada akhir akhir fase C, peserta didik memahami dirinya sebagai citra Allah, sebagai laki-laki atau perempuan; bersyukur dengan melibatkan diri dalam kehidupan menggereja, mewujudkan iman dalam kehidupan bermasyarakat dengan menunjukkan rasa bangga sebagai warga Negara Indonesia; menjunjung tinggi hati nurani, membangun semangat moderasi beragama sesuai teladan Yesus Kristus dan ajaran Gereja
ELEMEN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN |
Pribadi
Peserta Didik |
Peserta didik mampu memahami diri
sebagai perempuan dan laki-laki sebagai citra Allah, yang sederajat dan
saling melengkapi; memahami hak dan kewajiban dirinya sebagai warga negara
dan bangga sebagai bangsa
Indonesia, memahami diri sebagai warga dunia. |
·
memahami
diri sebagai pertempuan dan laki-laki sebagai citra Allah, yang sederajat dan
saling melenfkapi. ·
Memahami hak dan
kewajiban dirinya sebagai warga Negara ·
Memahami rasa syukur
dan bangga sebagai bangsa Indonesia · memahami diri sebagai
warga dunia. |
1.
Memahami
diri sebagai perempuan dan laki-laki sebagai citra Allah, yang sederajat dan
nsaling melengkapi (Buku Kelas V Bab 1 A,B,C) 2.
Memahmi
hak dan kewajiban dirinya sebagai warga Negara. (Buku VI Bab 1 : B) 3.
Memahami
rasa syukur dan bangga sebagai bangsa Indonesia 4.
(Buku
BI Bab 1: A) 5.
memahami
diri sebagai warga dunia. (Buku VI Bab 1 : C) 6.
memahami
perjuangan tokoh-tokoh kitab suci Daud sebagai Pemimpin yang tangguh; Salomo
yang bijaksana dan Ester perempuan pemberani (
Buku Kelas V Bab 2: A, B, C) 7.
memahami
tokoh Maria dan Elisabet yang setia dan berserah kepada Allah; (Buku
Kelas V Bab 3 : A) 8.
memahami
keteladanan Yesus yang taat kepada
Allah, mengajarkan pengampunan, dengan
memanggil orang berdosa (Buku
Kelas V Bab 3: B. C) 9.
memahami
makna Yesus yang menderita, wafat, dan bangkit (Buku
Kelas V Bab 3 : D) 10.
memahami
Roh Kudus dalam menguatkan para rasul, dan orang yang beriman kepada-Nya (Buku
Kelas V Bab IV: A, B) 11.
Memahami
perjuangan Nabi Elia yang menubuatkan bangsa Israel, Nabi Amos sebagai
pejuang keadilan, dan Nabi Yesaya yang menubuatkan kedatangan juru Selamat (Buku
Kelas VI Bab 2 : A, B, C,) 12.
Memahami
Yesus kristus yang mewartakan Kerajaan Allah dengan perkataan dan perbuatan. (Buku Kelas VI Bab 2 : D) 13.
Memahami
dalam mewujudkan iman dalam hidup sehari-hari , melibatkan diri dalam hidup
menggereja (Buku
Kelas V Bab IV : C) 14.
Memahami wujud kehidupan bersama yang dijiwai Roh Kudus ( Buku Kelas V Bab IV :
B) 15.
memahami
Gereja yang Satu, Kudus, Katolik, dan Apostolik (Buku Kelas V Bab 3 : A) 16.
memahami
Gereja sebagai persekutuan para Kudus (Buku Kelas VI Bab 3 : B
) 17.
memahami
pentingnya terlibat aktif dalam pelestarian lingkungan (Buku Kelas V Bab V : A ) 18.
memahami
sikap jujur dengan bertindak menurut hati Nurani dalam
menegakkan
keadilan dalam hidup sehari-hari
sebagai orang beriman Kristiani (Buku Kelas V Bab 5 : B) 19.
memahami dialog antar umat beragama. (Buku 2Kelas
VI Bab 1 : D) |
Yesus Kristus
|
Peserta didik
memahami perjuanagan tokoh-tokoh kitab suci: Daud sebagai Pemimpin yang
tangguh; Salomo yang bijaksana dan Ester perempuan pemberani, serta tokoh
Maria dan Elisabet yang setia dan berserah kepada Allah; meneladani Yesus
yang taat kepada Allah; mengajarkan pengampunan, memanggil orang berdosa;
menderita, wafat, dan bangkit; mengutus Roh Kudus untuk menguatkan para
rasul, dan orang yang beriman kepada-Nya; memahami perjuangan nabi Elia yang
menobatkan bangsa Israel; Nabi Amos sebagai pejuanh keadialan; dan nabi
Yesaya yang menubuatkan kedatangan juru selamat, memahami Yesus yang
mewartakan Kerajaan Allah dengan perkataan dan perbuatan. |
·
memahami perjuangan tokoh-tokoh kitab suci Daud
sebagai Pemimpin yang tangguh; Salomo yang bijaksana dan Ester perempuan
pemberani · memahami tokoh Maria dan
Elisabet yang setia dan berserah kepada Allah; · memahami keteladanan Yesus yang taat kepada Allah, mengajarkan
pengampunan, dengan memanggil orang
berdosa · memahami makna Yesus yang
menderita, wafat, dan bangkit · memahami Roh Kudus dalam menguatkan
para rasul, dan orang yang beriman kepada-Nya ·
Memahami perjuangan Nabi Elia yang
menubuatkan bangsa Israel, Nabi Amos sebagai pejuang keadilan, dan Nabi
Yesaya yang menubuatkan kedatangan juru Selamat · Memahami Yesus kristus
yang mewartakan Kerajaan Allah dengan perkataan dan perbuatan. |
|
Gereja |
Peserta didik
mewujudkan iman dalam hidup sehari-hari,melibatkan diri dalam hidup
menggereja, sebagai wujud kehidupan
bersama yang dijiwai Roh Kudus; memahami Gereja yang Satu, Kudus,
Katolik, dan Apostolik; persekutuan para Kudus; pengampunan dosa, kebangkitan
badan dan kehidupan kekal. |
·
Memahami
dalam mewujudkan iman dalam hidup sehari-hari , melibatkan diri dalam hidup
menggereja ·
Memahami
wujud kehidupan bersama yang dijiwai Roh Kudus ·
memahami
Gereja yang Satu, Kudus, Katolik, dan Apostolik ·
memahami
Gereja sebagai persekutuan para Kudus |
|
Masyarakat
|
Peserta didik
memahami pentingnya terlibat aktif dalam pelestarian lingkungan, bersikap
jujur, bertindak menurut hati nurani, menegakkan keadilan dalam hidup sehari-hari sebagai orang
beriman Kristiani, melakukan dialog antar umat beragama. |
·
memahami
pentingnya terlibat aktif dalam pelestarian lingkungan ·
memahami
sikap jujur dengan bertindak menurut hati Nurani dalam
menegakkan
keadilan dalam hidup sehari-hari
sebagai orang beriman Kristiani ·
memahami dialog antar umat beragama. |