KELAS IX (SEMBILAN)
KOMPETENSI RELIGIUS
|
KOMPETENSI SOSIAL
|
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama
yang dianutnya
|
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1.
Beriman
pada Allah yang menyelamatkan semua orang,yang ditanggapi dengan beriman
dan beragama
1.2.
Bersyukur atas
Gereja Katolik sebagai persekutuan
dalam mewujudkan praktek hidup beriman kristiani.
1.3.
Bersyukur atas hak dan kewajiban sebagai umat beriman kristiani
1.4.
Bersyukur atas pelbagai bentuk pelayanan Gereja di tengah
masyarakat.
1.5.
Bersyukur atas keluhuran martabat hidup manusia
1.6.
Beriman pada Allah yang mengajarkan kejujuran dan keadilan
1.7.
Bersyukur atas keutuhan alam ciptaan
1.8.
Bersyukur atas persaudaraan sejati dengan penganut agama
dan kepercayaan lain
1.9.
Bersyukur atas kesempatan untuk meraih cita-cita
1.10. Bersyukur
atas Sakramen Perkawinan dan Sakramen Imamat
|
2.1.
Disiplin menjalankan
hidup beriman dan beragama sebagai tangggapan atas iman akan Allah yang
menyelamatkan semua orang.
2.2.
Bertanggung jawab dalam praktik hidup beriman kristiani.
2.3.
Bertanggung
jawab dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai umat
beriman kristiani
2.4.
Peduli dalam
kehidupan di tengah masyarakat
2.5.
Peduli
terhadap martabat luhur hidup manusia.
2.6.
Jujur dan
adil dalam
bertindak
2.7.
Bertanggung
jawab untuk memelihara keutuhan alam ciptaan.
2.8.
Toleransi terhadap penganut
agama dan kepercayaan lain
2.9.
Percaya diri dalam upaya meraihcita-cita
2.10. Peduli pada Sakramen Perkawinan dan Sakramen Imamat sebagai
panggilan hidup
|
KOMPETENSI PENGETAHUAN
|
KOMPETENSI KETRAMPILAN
|
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
4.
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1.
Memahami
tentang Allah yang senantiasa berusaha menyelamatkan semua orang, yang
ditanggapi dengan beriman dan beragama
3.2.
Memahami praktik hidup beriman kristiani dalam Gereja Katolik.
3.3.
Memahami ajaran Gereja dan Kitab Suci tentang hak dan
kewajiban umat beriman kristiani
3.4.
Memahami latarbelakang
dan tujuan, serta pelbagai bentuk pelayanan Gereja di tengah masyarakat
3.5.
Memahami sikap
dan pandangan Gereja tentang
keluhuran martabat hidup manusia
3.6.
Memahami ajaran
Gereja tentang kejujuran dan keadilan
3.7.
Memahami sikap
dan pandangan Gereja atas berbagai keprihatinan
tentang keutuhan alam ciptaan dan usaha
yang dilakukan.
3.8.
Memahami ajaran Gereja tentang persaudaraan sejati dengan penganut agama dan
kepercayaan lain
3.9.
Memahami pandangan masyarakat dan Gereja tentang
pentingnya cita-cita.
3.10. Memahami Sakramen Perkawinan dan Sakramen imamat sebagai
panggilan hidup
|
4.1.
Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa/menulis
refleksi/ membuat slogan/ membuat kliping) yang berkaitan dengan beragama dan
beriman.
4.2.
Melakukan aktivitas (misalnya mengucapkan doa
syahadat/menuliskan refleksi/ menyusun doa/ mengikuti kegiatan di lingkungan)
yang berkaitan dengan praktik hidup beriman kristiani.
4.3.
Melakukan aktivitas (misalnya membuat jurnal/
menuliskan refleksi/ merencanakan kegiatan) yang berkaitan dengan kegiatan
dalam hidup menggereja.
4.4.
Melakukan aktivitas (misalnya menceritakan kembali/ malakukan wawancara/ menulis
refleksi/ membuat kliping) yang berkaitan tokoh katolik yang terlibat aktif dalam kegiatan kemasyarakatan.
4.5.
Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa/menuliskan
refleksi/ membuat slogan/ membuat aksi) yang berkaitan dengan martabat luhur
hidup manusia.
4.6.
Melakukan aktivitas (misalnya membuat motto/
menuliskan refleksi/ menyusun doa/membuat kliping) yang berkaitan dengan
kejujuran dan keadilan.
4.7.
Melakukan aktivitas (misaalnya menanam pohon/
membuat biopori/ membuat motto/ menuliskan refleksi) yang berkaitan dengan
keutuhan alam ciptaan.
4.8.
Melakukan aktivitas ( misalnya berkunjung ke rumah
ibadah agama lain/ menuliskan refleksi/ melakukan wawancara pada tokoh agama)
yang berkaitan dengan persaudaraan sejati dengan penganut agama dan
kepercayaan lain
4.9.
Melakukan aktivitas (misalnya merencanakan masa
depan/ menuliskan refleksi/ menyusun doa) yang berkaitan dengan upaya meraih cita-cita
4.10. Melakukan
aktivitas (misalnya menyusun doa untuk imam/ menuliskan refleksi/ melakukan
wawancara) yang berkaitan dengan sakramen perkawinan dan sakramen imamat.
|