KELAS VII
KOMPETENSI RELIGIUS
|
KOMPETENSI SOSIAL
|
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama
yang dianutnya
|
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1.
Bersyukur
karena dirinya diciptakan sebagai
citra Allah.
1.2.
Bersyukur
kepada Allah atas kemampuan dan keterbatasan yang dimilikinya
1.3.
Bersyukur atas dirinya telah diciptakan sebagai laki-laki
atau perempuan yang sederajat
1.4.
Bersyukur atas anugerah seksualitas demi kehidupan bersama yang
lebih baik.
1.5.
Bersyukur atas peran keluarga, sekolah, Gereja dan
masyarakat terhadap pengembangan dirinya
1.6.
Bersyukur atas peran teman terhadap perkembangan dirinya
1.7.
Beriman akan Yesus yang telah mengajarkan sifat dan
sikap yang baik.
1.8.
Beriman akan Yesus yang memperjuangkan nilai-nilai
Kerajaan Allah.
|
2.1.
Percaya diri terhadap keunikan diri sebagai citra Allah.
2.2.
Bertanggung jawab mengembangkan kemampuan dan mengatasi keterbatasan dirinya.
2.3.
Santun terhadap perempuan dan laki-laki sebagai ciptaan Tuhan yang sederajat.
2.4.
Bertanggung jawab dalam mengembangkan seksualitas secara benar sebagai anugerah Allah.
2.5.
Bertanggung jawab pada keluarga, sekolah, Gereja dan
masyarakat atas peran mereka terhadap
pengembangan dirinya
2.6.
Peduli pada peran teman terhadap
perkembangan dirinya
2.7.
Jujur dalam meneladani berbagai sifat dan sikap
Yesus Kristus
2.8. Percaya diri dalam mewujudkan nilai-nilai
Kerajaan Allah yang diperjuangan Yesus Kristus
|
KOMPETENSI PENGETAHUAN
|
KOMPETENSI KETRAMPILAN
|
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1.
Memahami keunikan
diri sebagai citra Allah.
3.2.
Memahami berbagai kemampuan dan keterbatasan dirinya.
3.3.
Memahami sikap dan pandangan masyarakat tentang
kesederajatan perempuan dan laki-laki
3.4.
Memahami berbagai cara untuk mengembangkan
seksualitas sebagai anugerah Allah demi kehidupan bersama
3.5.
Memahami
peran keluarga, sekolah, Gereja dan masyarakat dalam mengembangkan dirinya
3.6.
Memahami
peran teman terhadap perkembangan dirinya.
3.7.
Memahami berbagai
sifat dan sikap Yesus Kristus yang patut diteladani.
3.8.
Memahami nilai-nilai Kerajaan Allah untuk mengembangkan hidup
bersama.
|
4.1.
Melakukan
aktivitas (misalnya menyusun doa/ membuat refleksi/ membuat puisi) yang
mengungkapkan rasa syukur atas
dirinya sebagai citra Allah.
4.2.
Menyusun rencana dan melaksanakan kegiatan untuk
mengembangkan kemampuan dan mengatasi keterbatasan.
4.3.
Melakukan
aktivitas (misalnya menyusun doa/ puisi/ refleksi/ kliping) tentang kesederajatan
perempuan dan laki-laki dalam hidup sehari-hari.
4.4.
Melakukan
aktivitas (misalnya menyusun doa/ puisi/ refleksi/ slogan) tentang mengembangkan
seksualitas sebagai anugerah Allah demi kehidupan bersama yang lebih baik
4.5.
Melakukan
aktivitas (misalnya menyusun doa/ puisi/ refleksi/ merencanakan suatu
kegiatan) yang
mengungkapkan rasa syukur atas peran
keluarga, sekolah,Gereja dan masyarakat terhadap pengembangan dirinya
4.6.
Melakukan
aktivitas (misalnya menyusun doa/ puisi/ refleksi) yang
mengungkapkan rasa syukur atas peran
teman terhadap perkembangan dirinya
4.7.
Merencanakan aktivitas/ kegiatan sebagai perwujudan meneladan berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus dalam kehidupan
sehari-hari.
4.8.
Melakukan aktivitas (misalnya Menemukan dan menuliskan ayat-ayat Kitab Suci/
menghias ayat Kitab Suci/ membuat motto)
yang berhubungan dengan nilai-nilai
Kerajaan Allah demi hidup bersama yang lebih baik
|
No comments:
Post a Comment