Selamat Datang

Selamat Datang di Blog ini bersama R. Slamet Widiantono ------**------ TUHAN MEMBERKATI -----* KASIH ITU MEMBERIKAN DIRI BAGI SESAMA -----* JANGAN LUPA BAHAGIA -----* TERUS BERPIKIR POSITIF -----* SALAM DOA -----* slammy

Wednesday, November 13, 2019

7 soal agama katolik - latber

1 Dalam terks Kejadian 1 : 28 -29 tertulis : “ ...Allah memberkati mereka , lalu Allah berfirman kepada mereka : “ Beranak cuculah dan bertambah banyak ; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung diudara dan atas segala binatang yang merayap di bumi “. Berfirmanlah Allah :”lihatlah, Aku memberika kepadamu segala tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu, tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya.” Dan jadilah demikian.

Bagaimanakah tindakan kita sebagai citra Allah dalam mewujudkan teks diatas ?
a. dengan menikah dan mempunyai anak sebanyak-banyaknya 

b. dengan menjadikan seluruh ciptaan makanan bagi manusia
c. dengan menjadikan alam ini menjadi obyek untuk kebahagiaan manusia
d. dengan menjaga dan merawat segala ciptaan demi kelangsungan hidup manusia

2 Dalam Katekismus Gereja Katolik artikel 369 tertulis :
Pria dan wanita diciptakan , artinya , dikehendaki Allah dalam persamaan yang sempurna disatu pihak sebagai pribadi manusia dan dilain pihak dalam kepriaan dan kewanitaannya. “Kepriaan” dan “kewanitaan” adalah sesuatu yang baik yang dikendaki oleh Allah, penciptanya ( Bdk Kej 2: 7.22).Keduanya, pria dan wanita, bermartabat sama “ menurut Citra Allah”.Dalam kepriaan dan kewanitaannya mereka mencerminkan kebijaksanaan dan kebaiklan Pencipta.

Salah satu sikap yang perlu dikembangkan untuk mewujudkan kesederajatan antara pria dan wanita menurut dokumen diatas adalah ...
a. pria harus rela berkorban demi memperjuangkan martabat teman wanitanya
b. berani dan terbuka membela derajat atau martabat manusia
c. saling menghargai dan menghormati martabat sebagai pria dan wanita 
d. sikap tanpa kompromi dalam memperjuangkan martabat manusia

3 Perbedaan jasmani paling utama antara pria dan wanita adalah ... 
a. tempat tumbuh rambut
b. bentuk alat kelamin
c. bentuk dada
d. cara bertindak

4 Contoh dalam Kitab Suci bahwa Tuhan Yesus menghargai perempuan adalah ... . 
a. Yesus memperlakukan perempuan penzinah dengan sangat manusiawi
b. Yesus membangkitkan Lazarus yang mempunyai saudara perempuan
c. Yesus menyembuhkan anak perempuan Zairus
d. Yesus membangkitkan anak janda yang miskin

5 Yang disampaikan Kitab Suci (Kej 2 :24) tentang kepriaan dan kewanitaan adalah ...
a. pria dan wanita sama-sama dihargai oleh Tuhan dan berderajat sama
b. wanita diambil dari tulang rusuk pria sehigga derajatnya lebih rendah
c. laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan istrinya
d. dibangunkanlah perempuan, lalu dibawaNya kepada manusia yang sudah diciptakan nya

6 Contoh kesederajatan perempuan dan laki-laki pada zaman sekarang ini adalah bahwa perempuan bisa…
a. menjadi TKW di luar negeri 
b. memimpin suatu negara
c. melahirkan seorang bayi
d. tidak bisa membahagiakan laki-laki

7 Kesimpulan dari teks katekismus artikel 369 diatas adalah ...
a. laki-laki harus menang dari perempuan
b. laki-laki harus menghormati wanita
c. laki-laki berkuasa penuh atas perempuan
d. kepriaan dan kewanitaan adalah atas kehendak Allah

8 Dari teks Katekismus Gereja Katolik artikel 369 diatas juga hendak mengungkapkan ... 
a. kesamaan martabat manusia laki-laki dan perempuan di mata Allah
b. laki-laki lebih tinggi derajatnya dari pada perempuan di mata Allah
c. laki-laki dan perempuan mempunyai perbedaan derajat dan martabat manusia
d. laki-laki mencerminkan keperkasaan sedangkan perempuan mencerminkan kelemahan

9 Contoh kesederajatan perempuan dan laki-laki pada zaman sekarang ini adalah bahwa laki-laki juga harus bisa…
a. memasak didapur
b. mengurus anak-anaknya 
c. melahirkan seorang bayi 
d. membahagiakan istrinya

10 Salah satu cara kita mensyukuri karunia Tuhan yang telah menciptakan kita sebagai pria dan wanita yang sempurna adalah...
a. memberikan persembahan kepada Tuhan 
b. minta Misa khusus bagi kita
c. menjaga dan merawat tubuh kita
d. mengadakan syukuran dengan mengundang tetangga

11 Ciri khas perempuan yang tidak dimiliki oleh kaum laki-laki adalah ... 
a. dapat bekerja dengan baik
b. dapat mengenyam pendidikan tinggi
c. dapat memasak dan mengatur rumah tangga 
d. dapat melahirkan dan menyusui

12 Kedudukan pria dan wanita menurut pandangan Kristiani adalah ... 
a. pria lebih tinggi dari dari wanita
b. wanita lebih berkuasa dari pada wanita 
c. pria dan wanita kewajibannya sama
d. pria dan wanita sederajat

13 Contoh bersyukur atas kasih Allah melalui pemeliharaan orang tua adalah…
a. Memaksakan semua keinginan kepada orang tua
b. Mengikuti semua apa yang diperintahkan guru dan orang tua
c. Menentang semua yang orang tua sampaikan karena sudah ketinggalan zaman
d. Menggunakan dan menjaga semua fasilitas yang orang tua berikan dengan bertanggung jawab

14 Tindakan Yesus yang menunjukkan bahwa Ia mengasihi orangtua-Nya berdasarkan Injil Lukas, 2: 41 – 52 ialah ... .
a. ikut pulang ke Nazaret dan hidup dalam asuhan orang tua-Nya 
b. belajar dengan tekun sehingga menjadi orang yang berhasil
c. terus tinggal di Yerusalem dengan alim ulama 
d. mencari orang tuaNya sampai ke Bait Allah

15 Pendidikan pertama dan utama yang diterima oleh seorang anak terjadi dalam ... 
a. sekolah
b. Keluarga 
c. Gereja
d. Masyarakat

16 “Hormatilah ayah dan ibumu” adalah bunyi perintah Allah yang ke ...
a. empat 
b. Lima
c. Enam 
d. Tujuh

17 Salah satu manfaat hidup bersama dengan orang lain di sekolah adalah ... 
a. tidak salah urus diri sendiri
b. dapat tumbuh semakin besar
c. dapat menguasai dan dikuasai orang lain 
d. dapat mengembangkan diri

18 Peran sekolah dalam perkembangan kepribadian siswanya adalah ... 
a. anak bertumbuh menjadi dewasa
b. anak berkembang menjadi pintar
c. badan siswa bertumbuh makin tinggi dan besar 
d. siswa makin mengenal keindahan dunia

19 Peran guru dalam perkembangan siswanya sering diumpamakan dengan...
a. orang tua kedua
b. pelita di malam gelap 
c. penerang dalam gulita 
d. pembimbing utama

20 Contoh salah satu pengaruh hidup bersama dengan orang lain di sekolah adalah ...
a. menjadi seorang penyendiri
b. dapat mencontoh pekerjaan rumah teman 
c. dapat menguasai dan dikuasai orang lain
d. dapat bergaul dengan teman dari berbagai kalangan

21 Remaja Katolik dapat mengembangkan kemampuan olah vokalnya dengan bergabung dengan ...
a. Legio Maria
b. Kelompok koor 
c. Grup band
d. Misdinar

22 Gereja juga mempunyai peran dalam perkembangan seorang anak khususnya dalam bidang ... 
a. Kejiwaan
b. Pendidikan 
c. Rohani
d. Sosial

23 Salah satu kegiatan di lingkungan Gereja Katolik yang mewadahi kreatifitas orang muda adalah...
a. Karang taruna 
b. Remaja gereja
c. Orang muda Katolik
d. Organisasi intra sekolah

Perhatikan hal berikut :
1. Rahmat sakramen-sakramen
2. Hukum-hukum Kristus
3. Hukum perdata
4. Tradisi kudus

24 Orang Katolik dapat mengembangkan hidupnya dengan mengimani hal-hal ...
a. 1, 2, 3
b. 1, 3, 4
c. 1, 2, 4
d. 2, 3, 4

25 Ciri khas masyarakat Jawa yang terkenal adalah ... 
a. Ramah dan suka tersenyum
b. Mengatakan apa adanya 
c. Pelit dan materialis
d. Suka berfoya-foya

26 Budaya Batak dalam berkomunikasi mempunyai ciri .... 
a. Lembut dan berbicara dengan sopan
b. Berbicara apa adanya dan meledak-ledak
c. Berbelit-belit dan sulit dimengerti tujuannya
d. Bersuara keras tetapi sopan santun

27 Masyarakat yang individualis akan melahirkan individu-individu yang....
a. Peduli pada sesamanya
b. Bermusuhan satu sama lain 
c. Tidak peduli pada orang lain
d. Guyub rukun saling perhatian

28 Masyarakat sekitar kita juga berperan dalam perkembangan diri kita . Antara lain ialah ... a. Mendidik kita menjadi anak yang pintar
b. Menumbuhkan kebiasaan baik 
c. Melatih fisik kita agar kuat
d. Memberi kta kekayaan

29 1. Saling mengasihi
2. Sebagai saudara
3. Menghormati
4. Menghina
Dalam hidup sehari-hari seharusnya yang dilakukan manusia sebagai citra Allah, adalah ... .
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 2, 3, 4
d. 1, 3, 4

30 Karunia khusus bagi manusia sebagai citra Allah adalah ... 
a. pikiran, kekayaan dan kedamaian
b. pikiran, kepandaian, dan kebijaksanaan
c. akal budi, hati nurani, dan kebebasan
d. akal budi, hati nurani dan ketrampilan

31 Allah menghendaki agar manusia mampu memiliki keturunan dengan harapan ... . 
a. dunia biar cepat penuh
b. dapat melanjutkan karya Allah
c. memperbaiki semua karya Allah
d. menyempurnakan semua karya Allah

Kejadian1 : 26 – 27

Berfirmanlah Allah :” Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi. “ Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “ Beranak cuculah dan bertambah banyak, penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.” Berfirmanlah Allah : “ Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu. Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya”. Dan jadilah demikian. Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.

32 Menurut teks tersebut diatas, Allah menghendaki supaya manusia berkuasa atas ciptaan Allah dengan maksud agar manusia...
a. dapat menikmati semua ciptaan sepuasnya
b. menguasai dan menikmati semua ciptaan bersama keluarganya sendiri 
c. mampu bertanggung jawab atas seluruh ciptaan-Nya
d. menggunakan semua dengan seenaknya sendiri tanpa memperhatikan orang lain

33 Contoh perilaku kita sebagai Citra Allah yang sesuai dengan teks di atas (Kej 1 : 26 – 27 ) adalah...
a. Bertindak merusak lingkungan dengan menebang pohon tanpa batas
b. Menjaga dan merawat segala ciptaan demi keberlangsungan hidup manusia 
c. Menangkap ikan-ikan dengan menggunakan alat peledak dan pukat harimau
d. memperlakukan sesama ciptaan sebagai obyek untuk kebahagiaan pribadi atau kelompok

34 Pria dan wanita diciptakan Allah “ sungguh amat baik “ karena...
a. berbeda dengan ciptaan lainnya
b. diciptakan secitra dengan Allah
c. diciptakan sederajat dengan Allah
d. menusia menjadi penguasa alam raya

35 Contoh lain dari tindakan manusia yang sesuai dengan citra Allah berdasarkan teks Kej 1 : 26 –27 diatas adalah ...
a. merawat dan menjaga diri sendiri secara bertanggung jawab
b. menjadikan alam ini sebagai obyek untuk kebahagiaan manusia 
c. menghalalkan seluruh ciptaan sebagai makanan bagi manusia
d. menjadi patner Allah dalam karya penciptaan dengan mempunyai istri sebanyak banyaknya

36 Sedangkan tindakan yang dapat kita lakukan sebagai seorang pelajar yang sesuai dengan teks Kej 1 : 26 – 27 adalah ...
a. selalu datang terlambat kesekolah
b. cuek terhadap pengemis yang meminta-minta dipinggir jalan
c. membiarkan teman yang jatuh sakit di kelas karena sudah bisa mengurus dirinya sendiri d. menjaga kebersihan dan kerapihan kelas dengan melaksanakan piket kelas

37 Kemampuan setiap manusia berbeda-beda, maka yang dikehendaki Tuhan pada manusia adalah ... 
a. saling bekerjasama
b. dapat saling mengalahkan
c. mau berkorban untuk orang lain
d. tidak peduli pada sesamanya

38 Supaya bakat dan kemampuan kita dapat berkembang maka yang perlu kita lakukan adalah ... .
a. bergaul dengan orang-orang pintar
b. mengimpikan cita-cita yang akan dicapainya
c. belajar dan berlatih serta tak mudah putus asa
d. sering melihat orang yang berhasil mengembangkan diri

39 Dalam Matius 25 : 14 – 30, sikap Tuhan terhadap hamba yang tidak mengembangkan talenta adalah... .
a. didorong untuk mengembangkannya
b. talentanya diambil dan orangnya dihukum
c. ditambah lagi talentanya supaya dapat dikembangkan
d. dibiarkan saja karena orang bebas menggunakannya

CERMATILAH PERNYATAAN BERIKUT : 
a. Menerima, percaya diri dan optimis 
b. Berani dan pesimis
c. Malu, tertutup dan mudah putus asa 
d. Bersyukur, terbuka dan yakin
e. Ragu-ragu, pesimis dan minder

40 Sikap yang benar bagi seseorang dalam menghadapi keterbatasan adalah ... 
a. a, b, c dan d
b. a, b, dan d 
c. a dan d
d. b dan e

41 Sejak kecil Budi senamg beermain musik, dia ingin menjadi pemain musik profesional. Cara untuk mengembangkan talenta Budi adalah ...
a. berdoa dengan tekun agar kelak menjadi pemusik kelas dunia
b. belajar dengan giat agar memperoleh nilai akademis yang memuaskan
c. melatih diri dengan masuk kedalam club yang mempunyai minat yang sama 
d. meminta kepada orang tuanya untuk membelikan alat-alat musik yang mahal

42 Keterbatasan yang umumnya dimiliki oleh para pelajar adalah tidak mampu... . 
a. menulis dibuku dengan baik
b. menjadi anak yang berkarakter
c. meminjamkan buku kepada mereka yang membutuhkan 
d. mengingat semua materi pelajaran dengan baik

43 Yang dimaksud dengan keterbatasan secara ekonomi adalah ketidak mampuan untuk ... . 
a. mencukupi kebutuhan hidup secara layak setiap hari
b. berfikir secara cepat dan tepat
c. melakukan aktifitas secara normal 
d. membantu teman mengerjakan PR

44 Perhatikan contoh perilaku dibawah ini :
1. percaya diri
2. belajar lebih keras
3. belajar dari orang lain
4. mengikuti berbagai perlombaan
5. iri hati akan keberhasilan orang lain
6. melakukan segala cara untuk menang
7. bekerja sama mengembangkan kemampuan
Perilaku positif yang dapat dilakukan dalam menghadapi keterbatasan adalah ...
a. 1, 2, 3, 4
b. 2, 3, 4, 5
c. 3, 4, 5, 6
d. 4, 5, 6, 7

45 Perhatikan pernyataan berikut ini :
1. Aldi ingin sekali bermain musik, namun Aldi tidak mau belajar dan bertanya pada orang yang tahu tentang musik
2. Jonatan memanfaatkan kesempatan ang ada untuk menyontek saat ujian
3. Saat mengerjakan ujian Bella tidak bisa menjawab dan akhirnya Bella bertanya kepada temannya
4. Meskipun Arsen tidak dapat mengerjakan ujian Matematika namun Arsen tidak mau mencontek
Berdasarkan pernyataan tersebut sikap positif dalam menghadapi keterbatasan ditunjukkan pada nomor ...
a. 1
b. 2 
c. 3 
d. 4

46 Alasan kita untuk selalu bersyukur kepada Tuhan adalah ...
a. merasakan kebaikan dan kehadiran Tuhan dalam hidup kita
b. Tuhan suka menghukum orang yang tidak tahu berterima kasih
c. supaya kita mempunyai banyak pahala dan nanti bisa masuk surga 
d. supaya kita dikatakan baik dan dipuji oleh banyak orang

47 Cara kongrit untuk mengucapkan syukur kepada Tuhan antara lain adalah ... 
a. memberikan persembahan kepada Tuhan
b. setiap hari rajin ketempat ibadah
c. rajin membawa Kitab sudi kemanapun
d. berbuat baik pada sesama manusia walaupun berbeda keyakinan

48 Perayaan Ekaristi menurut iman Katolik mempunyai makna ... 
a. saat berkumpul dengan saudara seiman dan dengan Tuhan
b. perjamuan syukur kepada Tuhan yang rela berkorban bagi manusia
c. ucapan syukur karena Tuhan telah wafat di kayu salib
d. syukuran atas kelimpahan yang telah Tuhan berikan kepada kita

49 Alasan Tuhan Yesus kecewa terhadap orang-orang kusta yang telah disembuhkan-Nya adalah karena ... .
a. mereka tidak sadar dengan keterbatasannya
b. mereka bergembira ria sampai lupa berterimakasih pada Yesus 
c. hanya satu orang saja yang bersyukur kepada-Nya
d. mereka menyangkal telah disembuhkan oleh Tuhan Yesus

50 Alasan orang dalam keadaan sakit, susah dan menderita tetap bersyukur adalah ... . 
a. dibalik susah , sakit, dan penderitaannya Tuhan tetap ada
b. dengan bersyukur Tuhan tidak akan menambah beban penderitaan mereka
c. usaha manusia untuk merayu Tuhan supaya melepaskannya dari penderitaan, sakit dan susahnya

7 soal agama katolik - latber

1 Dalam terks Kejadian 1 : 28 -29 tertulis : “ ...Allah memberkati mereka , lalu Allah berfirman kepada mereka : “ Beranak cuculah dan bertambah banyak ; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung diudara dan atas segala binatang yang merayap di bumi “. Berfirmanlah Allah :”lihatlah, Aku memberika kepadamu segala tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu, tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya.” Dan jadilah demikian.

Bagaimanakah tindakan kita sebagai citra Allah dalam mewujudkan teks diatas ?
a. dengan menikah dan mempunyai anak sebanyak-banyaknya 

b. dengan menjadikan seluruh ciptaan makanan bagi manusia
c. dengan menjadikan alam ini menjadi obyek untuk kebahagiaan manusia
d. dengan menjaga dan merawat segala ciptaan demi kelangsungan hidup manusia

2 Dalam Katekismus Gereja Katolik artikel 369 tertulis :
Pria dan wanita diciptakan , artinya , dikehendaki Allah dalam persamaan yang sempurna disatu pihak sebagai pribadi manusia dan dilain pihak dalam kepriaan dan kewanitaannya. “Kepriaan” dan “kewanitaan” adalah sesuatu yang baik yang dikendaki oleh Allah, penciptanya ( Bdk Kej 2: 7.22).Keduanya, pria dan wanita, bermartabat sama “ menurut Citra Allah”.Dalam kepriaan dan kewanitaannya mereka mencerminkan kebijaksanaan dan kebaiklan Pencipta.

Salah satu sikap yang perlu dikembangkan untuk mewujudkan kesederajatan antara pria dan wanita menurut dokumen diatas adalah ...
a. pria harus rela berkorban demi memperjuangkan martabat teman wanitanya
b. berani dan terbuka membela derajat atau martabat manusia
c. saling menghargai dan menghormati martabat sebagai pria dan wanita 
d. sikap tanpa kompromi dalam memperjuangkan martabat manusia

3 Perbedaan jasmani paling utama antara pria dan wanita adalah ... 
a. tempat tumbuh rambut
b. bentuk alat kelamin
c. bentuk dada
d. cara bertindak

4 Contoh dalam Kitab Suci bahwa Tuhan Yesus menghargai perempuan adalah ... . 
a. Yesus memperlakukan perempuan penzinah dengan sangat manusiawi
b. Yesus membangkitkan Lazarus yang mempunyai saudara perempuan
c. Yesus menyembuhkan anak perempuan Zairus
d. Yesus membangkitkan anak janda yang miskin

5 Yang disampaikan Kitab Suci (Kej 2 :24) tentang kepriaan dan kewanitaan adalah ...
a. pria dan wanita sama-sama dihargai oleh Tuhan dan berderajat sama
b. wanita diambil dari tulang rusuk pria sehigga derajatnya lebih rendah
c. laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan istrinya
d. dibangunkanlah perempuan, lalu dibawaNya kepada manusia yang sudah diciptakan nya

6 Contoh kesederajatan perempuan dan laki-laki pada zaman sekarang ini adalah bahwa perempuan bisa…
a. menjadi TKW di luar negeri 
b. memimpin suatu negara
c. melahirkan seorang bayi
d. tidak bisa membahagiakan laki-laki

7 Kesimpulan dari teks katekismus artikel 369 diatas adalah ...
a. laki-laki harus menang dari perempuan
b. laki-laki harus menghormati wanita
c. laki-laki berkuasa penuh atas perempuan
d. kepriaan dan kewanitaan adalah atas kehendak Allah

8 Dari teks Katekismus Gereja Katolik artikel 369 diatas juga hendak mengungkapkan ... 
a. kesamaan martabat manusia laki-laki dan perempuan di mata Allah
b. laki-laki lebih tinggi derajatnya dari pada perempuan di mata Allah
c. laki-laki dan perempuan mempunyai perbedaan derajat dan martabat manusia
d. laki-laki mencerminkan keperkasaan sedangkan perempuan mencerminkan kelemahan

9 Contoh kesederajatan perempuan dan laki-laki pada zaman sekarang ini adalah bahwa laki-laki juga harus bisa…
a. memasak didapur
b. mengurus anak-anaknya 
c. melahirkan seorang bayi 
d. membahagiakan istrinya

10 Salah satu cara kita mensyukuri karunia Tuhan yang telah menciptakan kita sebagai pria dan wanita yang sempurna adalah...
a. memberikan persembahan kepada Tuhan 
b. minta Misa khusus bagi kita
c. menjaga dan merawat tubuh kita
d. mengadakan syukuran dengan mengundang tetangga

11 Ciri khas perempuan yang tidak dimiliki oleh kaum laki-laki adalah ... 
a. dapat bekerja dengan baik
b. dapat mengenyam pendidikan tinggi
c. dapat memasak dan mengatur rumah tangga 
d. dapat melahirkan dan menyusui

12 Kedudukan pria dan wanita menurut pandangan Kristiani adalah ... 
a. pria lebih tinggi dari dari wanita
b. wanita lebih berkuasa dari pada wanita 
c. pria dan wanita kewajibannya sama
d. pria dan wanita sederajat

13 Contoh bersyukur atas kasih Allah melalui pemeliharaan orang tua adalah…
a. Memaksakan semua keinginan kepada orang tua
b. Mengikuti semua apa yang diperintahkan guru dan orang tua
c. Menentang semua yang orang tua sampaikan karena sudah ketinggalan zaman
d. Menggunakan dan menjaga semua fasilitas yang orang tua berikan dengan bertanggung jawab

14 Tindakan Yesus yang menunjukkan bahwa Ia mengasihi orangtua-Nya berdasarkan Injil Lukas, 2: 41 – 52 ialah ... .
a. ikut pulang ke Nazaret dan hidup dalam asuhan orang tua-Nya 
b. belajar dengan tekun sehingga menjadi orang yang berhasil
c. terus tinggal di Yerusalem dengan alim ulama 
d. mencari orang tuaNya sampai ke Bait Allah

15 Pendidikan pertama dan utama yang diterima oleh seorang anak terjadi dalam ... 
a. sekolah
b. Keluarga 
c. Gereja
d. Masyarakat

16 “Hormatilah ayah dan ibumu” adalah bunyi perintah Allah yang ke ...
a. empat 
b. Lima
c. Enam 
d. Tujuh

17 Salah satu manfaat hidup bersama dengan orang lain di sekolah adalah ... 
a. tidak salah urus diri sendiri
b. dapat tumbuh semakin besar
c. dapat menguasai dan dikuasai orang lain 
d. dapat mengembangkan diri

18 Peran sekolah dalam perkembangan kepribadian siswanya adalah ... 
a. anak bertumbuh menjadi dewasa
b. anak berkembang menjadi pintar
c. badan siswa bertumbuh makin tinggi dan besar 
d. siswa makin mengenal keindahan dunia

19 Peran guru dalam perkembangan siswanya sering diumpamakan dengan...
a. orang tua kedua
b. pelita di malam gelap 
c. penerang dalam gulita 
d. pembimbing utama

20 Contoh salah satu pengaruh hidup bersama dengan orang lain di sekolah adalah ...
a. menjadi seorang penyendiri
b. dapat mencontoh pekerjaan rumah teman 
c. dapat menguasai dan dikuasai orang lain
d. dapat bergaul dengan teman dari berbagai kalangan

21 Remaja Katolik dapat mengembangkan kemampuan olah vokalnya dengan bergabung dengan ...
a. Legio Maria
b. Kelompok koor 
c. Grup band
d. Misdinar

22 Gereja juga mempunyai peran dalam perkembangan seorang anak khususnya dalam bidang ... 
a. Kejiwaan
b. Pendidikan 
c. Rohani
d. Sosial

23 Salah satu kegiatan di lingkungan Gereja Katolik yang mewadahi kreatifitas orang muda adalah...
a. Karang taruna 
b. Remaja gereja
c. Orang muda Katolik
d. Organisasi intra sekolah

Perhatikan hal berikut :
1. Rahmat sakramen-sakramen
2. Hukum-hukum Kristus
3. Hukum perdata
4. Tradisi kudus

24 Orang Katolik dapat mengembangkan hidupnya dengan mengimani hal-hal ...
a. 1, 2, 3
b. 1, 3, 4
c. 1, 2, 4
d. 2, 3, 4

25 Ciri khas masyarakat Jawa yang terkenal adalah ... 
a. Ramah dan suka tersenyum
b. Mengatakan apa adanya 
c. Pelit dan materialis
d. Suka berfoya-foya

26 Budaya Batak dalam berkomunikasi mempunyai ciri .... 
a. Lembut dan berbicara dengan sopan
b. Berbicara apa adanya dan meledak-ledak
c. Berbelit-belit dan sulit dimengerti tujuannya
d. Bersuara keras tetapi sopan santun

27 Masyarakat yang individualis akan melahirkan individu-individu yang....
a. Peduli pada sesamanya
b. Bermusuhan satu sama lain 
c. Tidak peduli pada orang lain
d. Guyub rukun saling perhatian

28 Masyarakat sekitar kita juga berperan dalam perkembangan diri kita . Antara lain ialah ... a. Mendidik kita menjadi anak yang pintar
b. Menumbuhkan kebiasaan baik 
c. Melatih fisik kita agar kuat
d. Memberi kta kekayaan

29 1. Saling mengasihi
2. Sebagai saudara
3. Menghormati
4. Menghina
Dalam hidup sehari-hari seharusnya yang dilakukan manusia sebagai citra Allah, adalah ... .
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 2, 3, 4
d. 1, 3, 4

30 Karunia khusus bagi manusia sebagai citra Allah adalah ... 
a. pikiran, kekayaan dan kedamaian
b. pikiran, kepandaian, dan kebijaksanaan
c. akal budi, hati nurani, dan kebebasan
d. akal budi, hati nurani dan ketrampilan

31 Allah menghendaki agar manusia mampu memiliki keturunan dengan harapan ... . 
a. dunia biar cepat penuh
b. dapat melanjutkan karya Allah
c. memperbaiki semua karya Allah
d. menyempurnakan semua karya Allah

Kejadian1 : 26 – 27

Berfirmanlah Allah :” Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi. “ Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “ Beranak cuculah dan bertambah banyak, penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.” Berfirmanlah Allah : “ Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu. Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya”. Dan jadilah demikian. Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.

32 Menurut teks tersebut diatas, Allah menghendaki supaya manusia berkuasa atas ciptaan Allah dengan maksud agar manusia...
a. dapat menikmati semua ciptaan sepuasnya
b. menguasai dan menikmati semua ciptaan bersama keluarganya sendiri 
c. mampu bertanggung jawab atas seluruh ciptaan-Nya
d. menggunakan semua dengan seenaknya sendiri tanpa memperhatikan orang lain

33 Contoh perilaku kita sebagai Citra Allah yang sesuai dengan teks di atas (Kej 1 : 26 – 27 ) adalah...
a. Bertindak merusak lingkungan dengan menebang pohon tanpa batas
b. Menjaga dan merawat segala ciptaan demi keberlangsungan hidup manusia 
c. Menangkap ikan-ikan dengan menggunakan alat peledak dan pukat harimau
d. memperlakukan sesama ciptaan sebagai obyek untuk kebahagiaan pribadi atau kelompok

34 Pria dan wanita diciptakan Allah “ sungguh amat baik “ karena...
a. berbeda dengan ciptaan lainnya
b. diciptakan secitra dengan Allah
c. diciptakan sederajat dengan Allah
d. menusia menjadi penguasa alam raya

35 Contoh lain dari tindakan manusia yang sesuai dengan citra Allah berdasarkan teks Kej 1 : 26 –27 diatas adalah ...
a. merawat dan menjaga diri sendiri secara bertanggung jawab
b. menjadikan alam ini sebagai obyek untuk kebahagiaan manusia 
c. menghalalkan seluruh ciptaan sebagai makanan bagi manusia
d. menjadi patner Allah dalam karya penciptaan dengan mempunyai istri sebanyak banyaknya

36 Sedangkan tindakan yang dapat kita lakukan sebagai seorang pelajar yang sesuai dengan teks Kej 1 : 26 – 27 adalah ...
a. selalu datang terlambat kesekolah
b. cuek terhadap pengemis yang meminta-minta dipinggir jalan
c. membiarkan teman yang jatuh sakit di kelas karena sudah bisa mengurus dirinya sendiri d. menjaga kebersihan dan kerapihan kelas dengan melaksanakan piket kelas

37 Kemampuan setiap manusia berbeda-beda, maka yang dikehendaki Tuhan pada manusia adalah ... 
a. saling bekerjasama
b. dapat saling mengalahkan
c. mau berkorban untuk orang lain
d. tidak peduli pada sesamanya

38 Supaya bakat dan kemampuan kita dapat berkembang maka yang perlu kita lakukan adalah ... .
a. bergaul dengan orang-orang pintar
b. mengimpikan cita-cita yang akan dicapainya
c. belajar dan berlatih serta tak mudah putus asa
d. sering melihat orang yang berhasil mengembangkan diri

39 Dalam Matius 25 : 14 – 30, sikap Tuhan terhadap hamba yang tidak mengembangkan talenta adalah... .
a. didorong untuk mengembangkannya
b. talentanya diambil dan orangnya dihukum
c. ditambah lagi talentanya supaya dapat dikembangkan
d. dibiarkan saja karena orang bebas menggunakannya

CERMATILAH PERNYATAAN BERIKUT : 
a. Menerima, percaya diri dan optimis 
b. Berani dan pesimis
c. Malu, tertutup dan mudah putus asa 
d. Bersyukur, terbuka dan yakin
e. Ragu-ragu, pesimis dan minder

40 Sikap yang benar bagi seseorang dalam menghadapi keterbatasan adalah ... 
a. a, b, c dan d
b. a, b, dan d 
c. a dan d
d. b dan e

41 Sejak kecil Budi senamg beermain musik, dia ingin menjadi pemain musik profesional. Cara untuk mengembangkan talenta Budi adalah ...
a. berdoa dengan tekun agar kelak menjadi pemusik kelas dunia
b. belajar dengan giat agar memperoleh nilai akademis yang memuaskan
c. melatih diri dengan masuk kedalam club yang mempunyai minat yang sama 
d. meminta kepada orang tuanya untuk membelikan alat-alat musik yang mahal

42 Keterbatasan yang umumnya dimiliki oleh para pelajar adalah tidak mampu... . 
a. menulis dibuku dengan baik
b. menjadi anak yang berkarakter
c. meminjamkan buku kepada mereka yang membutuhkan 
d. mengingat semua materi pelajaran dengan baik

43 Yang dimaksud dengan keterbatasan secara ekonomi adalah ketidak mampuan untuk ... . 
a. mencukupi kebutuhan hidup secara layak setiap hari
b. berfikir secara cepat dan tepat
c. melakukan aktifitas secara normal 
d. membantu teman mengerjakan PR

44 Perhatikan contoh perilaku dibawah ini :
1. percaya diri
2. belajar lebih keras
3. belajar dari orang lain
4. mengikuti berbagai perlombaan
5. iri hati akan keberhasilan orang lain
6. melakukan segala cara untuk menang
7. bekerja sama mengembangkan kemampuan
Perilaku positif yang dapat dilakukan dalam menghadapi keterbatasan adalah ...
a. 1, 2, 3, 4
b. 2, 3, 4, 5
c. 3, 4, 5, 6
d. 4, 5, 6, 7

45 Perhatikan pernyataan berikut ini :
1. Aldi ingin sekali bermain musik, namun Aldi tidak mau belajar dan bertanya pada orang yang tahu tentang musik
2. Jonatan memanfaatkan kesempatan ang ada untuk menyontek saat ujian
3. Saat mengerjakan ujian Bella tidak bisa menjawab dan akhirnya Bella bertanya kepada temannya
4. Meskipun Arsen tidak dapat mengerjakan ujian Matematika namun Arsen tidak mau mencontek
Berdasarkan pernyataan tersebut sikap positif dalam menghadapi keterbatasan ditunjukkan pada nomor ...
a. 1
b. 2 
c. 3 
d. 4

46 Alasan kita untuk selalu bersyukur kepada Tuhan adalah ...
a. merasakan kebaikan dan kehadiran Tuhan dalam hidup kita
b. Tuhan suka menghukum orang yang tidak tahu berterima kasih
c. supaya kita mempunyai banyak pahala dan nanti bisa masuk surga 
d. supaya kita dikatakan baik dan dipuji oleh banyak orang

47 Cara kongrit untuk mengucapkan syukur kepada Tuhan antara lain adalah ... 
a. memberikan persembahan kepada Tuhan
b. setiap hari rajin ketempat ibadah
c. rajin membawa Kitab sudi kemanapun
d. berbuat baik pada sesama manusia walaupun berbeda keyakinan

48 Perayaan Ekaristi menurut iman Katolik mempunyai makna ... 
a. saat berkumpul dengan saudara seiman dan dengan Tuhan
b. perjamuan syukur kepada Tuhan yang rela berkorban bagi manusia
c. ucapan syukur karena Tuhan telah wafat di kayu salib
d. syukuran atas kelimpahan yang telah Tuhan berikan kepada kita

49 Alasan Tuhan Yesus kecewa terhadap orang-orang kusta yang telah disembuhkan-Nya adalah karena ... .
a. mereka tidak sadar dengan keterbatasannya
b. mereka bergembira ria sampai lupa berterimakasih pada Yesus 
c. hanya satu orang saja yang bersyukur kepada-Nya
d. mereka menyangkal telah disembuhkan oleh Tuhan Yesus

50 Alasan orang dalam keadaan sakit, susah dan menderita tetap bersyukur adalah ... . 
a. dibalik susah , sakit, dan penderitaannya Tuhan tetap ada
b. dengan bersyukur Tuhan tidak akan menambah beban penderitaan mereka
c. usaha manusia untuk merayu Tuhan supaya melepaskannya dari penderitaan, sakit dan susahnya

7 soal agama katolik - latber

1 Dalam terks Kejadian 1 : 28 -29 tertulis : “ ...Allah memberkati mereka , lalu Allah berfirman kepada mereka : “ Beranak cuculah dan bertambah banyak ; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung diudara dan atas segala binatang yang merayap di bumi “. Berfirmanlah Allah :”lihatlah, Aku memberika kepadamu segala tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu, tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya.” Dan jadilah demikian.

Bagaimanakah tindakan kita sebagai citra Allah dalam mewujudkan teks diatas ?
a. dengan menikah dan mempunyai anak sebanyak-banyaknya 

b. dengan menjadikan seluruh ciptaan makanan bagi manusia
c. dengan menjadikan alam ini menjadi obyek untuk kebahagiaan manusia
d. dengan menjaga dan merawat segala ciptaan demi kelangsungan hidup manusia

2 Dalam Katekismus Gereja Katolik artikel 369 tertulis :
Pria dan wanita diciptakan , artinya , dikehendaki Allah dalam persamaan yang sempurna disatu pihak sebagai pribadi manusia dan dilain pihak dalam kepriaan dan kewanitaannya. “Kepriaan” dan “kewanitaan” adalah sesuatu yang baik yang dikendaki oleh Allah, penciptanya ( Bdk Kej 2: 7.22).Keduanya, pria dan wanita, bermartabat sama “ menurut Citra Allah”.Dalam kepriaan dan kewanitaannya mereka mencerminkan kebijaksanaan dan kebaiklan Pencipta.

Salah satu sikap yang perlu dikembangkan untuk mewujudkan kesederajatan antara pria dan wanita menurut dokumen diatas adalah ...
a. pria harus rela berkorban demi memperjuangkan martabat teman wanitanya
b. berani dan terbuka membela derajat atau martabat manusia
c. saling menghargai dan menghormati martabat sebagai pria dan wanita 
d. sikap tanpa kompromi dalam memperjuangkan martabat manusia

3 Perbedaan jasmani paling utama antara pria dan wanita adalah ... 
a. tempat tumbuh rambut
b. bentuk alat kelamin
c. bentuk dada
d. cara bertindak

4 Contoh dalam Kitab Suci bahwa Tuhan Yesus menghargai perempuan adalah ... . 
a. Yesus memperlakukan perempuan penzinah dengan sangat manusiawi
b. Yesus membangkitkan Lazarus yang mempunyai saudara perempuan
c. Yesus menyembuhkan anak perempuan Zairus
d. Yesus membangkitkan anak janda yang miskin

5 Yang disampaikan Kitab Suci (Kej 2 :24) tentang kepriaan dan kewanitaan adalah ...
a. pria dan wanita sama-sama dihargai oleh Tuhan dan berderajat sama
b. wanita diambil dari tulang rusuk pria sehigga derajatnya lebih rendah
c. laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan istrinya
d. dibangunkanlah perempuan, lalu dibawaNya kepada manusia yang sudah diciptakan nya

6 Contoh kesederajatan perempuan dan laki-laki pada zaman sekarang ini adalah bahwa perempuan bisa…
a. menjadi TKW di luar negeri 
b. memimpin suatu negara
c. melahirkan seorang bayi
d. tidak bisa membahagiakan laki-laki

7 Kesimpulan dari teks katekismus artikel 369 diatas adalah ...
a. laki-laki harus menang dari perempuan
b. laki-laki harus menghormati wanita
c. laki-laki berkuasa penuh atas perempuan
d. kepriaan dan kewanitaan adalah atas kehendak Allah

8 Dari teks Katekismus Gereja Katolik artikel 369 diatas juga hendak mengungkapkan ... 
a. kesamaan martabat manusia laki-laki dan perempuan di mata Allah
b. laki-laki lebih tinggi derajatnya dari pada perempuan di mata Allah
c. laki-laki dan perempuan mempunyai perbedaan derajat dan martabat manusia
d. laki-laki mencerminkan keperkasaan sedangkan perempuan mencerminkan kelemahan

9 Contoh kesederajatan perempuan dan laki-laki pada zaman sekarang ini adalah bahwa laki-laki juga harus bisa…
a. memasak didapur
b. mengurus anak-anaknya 
c. melahirkan seorang bayi 
d. membahagiakan istrinya

10 Salah satu cara kita mensyukuri karunia Tuhan yang telah menciptakan kita sebagai pria dan wanita yang sempurna adalah...
a. memberikan persembahan kepada Tuhan 
b. minta Misa khusus bagi kita
c. menjaga dan merawat tubuh kita
d. mengadakan syukuran dengan mengundang tetangga

11 Ciri khas perempuan yang tidak dimiliki oleh kaum laki-laki adalah ... 
a. dapat bekerja dengan baik
b. dapat mengenyam pendidikan tinggi
c. dapat memasak dan mengatur rumah tangga 
d. dapat melahirkan dan menyusui

12 Kedudukan pria dan wanita menurut pandangan Kristiani adalah ... 
a. pria lebih tinggi dari dari wanita
b. wanita lebih berkuasa dari pada wanita 
c. pria dan wanita kewajibannya sama
d. pria dan wanita sederajat

13 Contoh bersyukur atas kasih Allah melalui pemeliharaan orang tua adalah…
a. Memaksakan semua keinginan kepada orang tua
b. Mengikuti semua apa yang diperintahkan guru dan orang tua
c. Menentang semua yang orang tua sampaikan karena sudah ketinggalan zaman
d. Menggunakan dan menjaga semua fasilitas yang orang tua berikan dengan bertanggung jawab

14 Tindakan Yesus yang menunjukkan bahwa Ia mengasihi orangtua-Nya berdasarkan Injil Lukas, 2: 41 – 52 ialah ... .
a. ikut pulang ke Nazaret dan hidup dalam asuhan orang tua-Nya 
b. belajar dengan tekun sehingga menjadi orang yang berhasil
c. terus tinggal di Yerusalem dengan alim ulama 
d. mencari orang tuaNya sampai ke Bait Allah

15 Pendidikan pertama dan utama yang diterima oleh seorang anak terjadi dalam ... 
a. sekolah
b. Keluarga 
c. Gereja
d. Masyarakat

16 “Hormatilah ayah dan ibumu” adalah bunyi perintah Allah yang ke ...
a. empat 
b. Lima
c. Enam 
d. Tujuh

17 Salah satu manfaat hidup bersama dengan orang lain di sekolah adalah ... 
a. tidak salah urus diri sendiri
b. dapat tumbuh semakin besar
c. dapat menguasai dan dikuasai orang lain 
d. dapat mengembangkan diri

18 Peran sekolah dalam perkembangan kepribadian siswanya adalah ... 
a. anak bertumbuh menjadi dewasa
b. anak berkembang menjadi pintar
c. badan siswa bertumbuh makin tinggi dan besar 
d. siswa makin mengenal keindahan dunia

19 Peran guru dalam perkembangan siswanya sering diumpamakan dengan...
a. orang tua kedua
b. pelita di malam gelap 
c. penerang dalam gulita 
d. pembimbing utama

20 Contoh salah satu pengaruh hidup bersama dengan orang lain di sekolah adalah ...
a. menjadi seorang penyendiri
b. dapat mencontoh pekerjaan rumah teman 
c. dapat menguasai dan dikuasai orang lain
d. dapat bergaul dengan teman dari berbagai kalangan

21 Remaja Katolik dapat mengembangkan kemampuan olah vokalnya dengan bergabung dengan ...
a. Legio Maria
b. Kelompok koor 
c. Grup band
d. Misdinar

22 Gereja juga mempunyai peran dalam perkembangan seorang anak khususnya dalam bidang ... 
a. Kejiwaan
b. Pendidikan 
c. Rohani
d. Sosial

23 Salah satu kegiatan di lingkungan Gereja Katolik yang mewadahi kreatifitas orang muda adalah...
a. Karang taruna 
b. Remaja gereja
c. Orang muda Katolik
d. Organisasi intra sekolah

Perhatikan hal berikut :
1. Rahmat sakramen-sakramen
2. Hukum-hukum Kristus
3. Hukum perdata
4. Tradisi kudus

24 Orang Katolik dapat mengembangkan hidupnya dengan mengimani hal-hal ...
a. 1, 2, 3
b. 1, 3, 4
c. 1, 2, 4
d. 2, 3, 4

25 Ciri khas masyarakat Jawa yang terkenal adalah ... 
a. Ramah dan suka tersenyum
b. Mengatakan apa adanya 
c. Pelit dan materialis
d. Suka berfoya-foya

26 Budaya Batak dalam berkomunikasi mempunyai ciri .... 
a. Lembut dan berbicara dengan sopan
b. Berbicara apa adanya dan meledak-ledak
c. Berbelit-belit dan sulit dimengerti tujuannya
d. Bersuara keras tetapi sopan santun

27 Masyarakat yang individualis akan melahirkan individu-individu yang....
a. Peduli pada sesamanya
b. Bermusuhan satu sama lain 
c. Tidak peduli pada orang lain
d. Guyub rukun saling perhatian

28 Masyarakat sekitar kita juga berperan dalam perkembangan diri kita . Antara lain ialah ... a. Mendidik kita menjadi anak yang pintar
b. Menumbuhkan kebiasaan baik 
c. Melatih fisik kita agar kuat
d. Memberi kta kekayaan

29 1. Saling mengasihi
2. Sebagai saudara
3. Menghormati
4. Menghina
Dalam hidup sehari-hari seharusnya yang dilakukan manusia sebagai citra Allah, adalah ... .
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 2, 3, 4
d. 1, 3, 4

30 Karunia khusus bagi manusia sebagai citra Allah adalah ... 
a. pikiran, kekayaan dan kedamaian
b. pikiran, kepandaian, dan kebijaksanaan
c. akal budi, hati nurani, dan kebebasan
d. akal budi, hati nurani dan ketrampilan

31 Allah menghendaki agar manusia mampu memiliki keturunan dengan harapan ... . 
a. dunia biar cepat penuh
b. dapat melanjutkan karya Allah
c. memperbaiki semua karya Allah
d. menyempurnakan semua karya Allah

Kejadian1 : 26 – 27

Berfirmanlah Allah :” Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi. “ Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “ Beranak cuculah dan bertambah banyak, penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.” Berfirmanlah Allah : “ Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu. Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya”. Dan jadilah demikian. Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.

32 Menurut teks tersebut diatas, Allah menghendaki supaya manusia berkuasa atas ciptaan Allah dengan maksud agar manusia...
a. dapat menikmati semua ciptaan sepuasnya
b. menguasai dan menikmati semua ciptaan bersama keluarganya sendiri 
c. mampu bertanggung jawab atas seluruh ciptaan-Nya
d. menggunakan semua dengan seenaknya sendiri tanpa memperhatikan orang lain

33 Contoh perilaku kita sebagai Citra Allah yang sesuai dengan teks di atas (Kej 1 : 26 – 27 ) adalah...
a. Bertindak merusak lingkungan dengan menebang pohon tanpa batas
b. Menjaga dan merawat segala ciptaan demi keberlangsungan hidup manusia 
c. Menangkap ikan-ikan dengan menggunakan alat peledak dan pukat harimau
d. memperlakukan sesama ciptaan sebagai obyek untuk kebahagiaan pribadi atau kelompok

34 Pria dan wanita diciptakan Allah “ sungguh amat baik “ karena...
a. berbeda dengan ciptaan lainnya
b. diciptakan secitra dengan Allah
c. diciptakan sederajat dengan Allah
d. menusia menjadi penguasa alam raya

35 Contoh lain dari tindakan manusia yang sesuai dengan citra Allah berdasarkan teks Kej 1 : 26 –27 diatas adalah ...
a. merawat dan menjaga diri sendiri secara bertanggung jawab
b. menjadikan alam ini sebagai obyek untuk kebahagiaan manusia 
c. menghalalkan seluruh ciptaan sebagai makanan bagi manusia
d. menjadi patner Allah dalam karya penciptaan dengan mempunyai istri sebanyak banyaknya

36 Sedangkan tindakan yang dapat kita lakukan sebagai seorang pelajar yang sesuai dengan teks Kej 1 : 26 – 27 adalah ...
a. selalu datang terlambat kesekolah
b. cuek terhadap pengemis yang meminta-minta dipinggir jalan
c. membiarkan teman yang jatuh sakit di kelas karena sudah bisa mengurus dirinya sendiri d. menjaga kebersihan dan kerapihan kelas dengan melaksanakan piket kelas

37 Kemampuan setiap manusia berbeda-beda, maka yang dikehendaki Tuhan pada manusia adalah ... 
a. saling bekerjasama
b. dapat saling mengalahkan
c. mau berkorban untuk orang lain
d. tidak peduli pada sesamanya

38 Supaya bakat dan kemampuan kita dapat berkembang maka yang perlu kita lakukan adalah ... .
a. bergaul dengan orang-orang pintar
b. mengimpikan cita-cita yang akan dicapainya
c. belajar dan berlatih serta tak mudah putus asa
d. sering melihat orang yang berhasil mengembangkan diri

39 Dalam Matius 25 : 14 – 30, sikap Tuhan terhadap hamba yang tidak mengembangkan talenta adalah... .
a. didorong untuk mengembangkannya
b. talentanya diambil dan orangnya dihukum
c. ditambah lagi talentanya supaya dapat dikembangkan
d. dibiarkan saja karena orang bebas menggunakannya

CERMATILAH PERNYATAAN BERIKUT : 
a. Menerima, percaya diri dan optimis 
b. Berani dan pesimis
c. Malu, tertutup dan mudah putus asa 
d. Bersyukur, terbuka dan yakin
e. Ragu-ragu, pesimis dan minder

40 Sikap yang benar bagi seseorang dalam menghadapi keterbatasan adalah ... 
a. a, b, c dan d
b. a, b, dan d 
c. a dan d
d. b dan e

41 Sejak kecil Budi senamg beermain musik, dia ingin menjadi pemain musik profesional. Cara untuk mengembangkan talenta Budi adalah ...
a. berdoa dengan tekun agar kelak menjadi pemusik kelas dunia
b. belajar dengan giat agar memperoleh nilai akademis yang memuaskan
c. melatih diri dengan masuk kedalam club yang mempunyai minat yang sama 
d. meminta kepada orang tuanya untuk membelikan alat-alat musik yang mahal

42 Keterbatasan yang umumnya dimiliki oleh para pelajar adalah tidak mampu... . 
a. menulis dibuku dengan baik
b. menjadi anak yang berkarakter
c. meminjamkan buku kepada mereka yang membutuhkan 
d. mengingat semua materi pelajaran dengan baik

43 Yang dimaksud dengan keterbatasan secara ekonomi adalah ketidak mampuan untuk ... . 
a. mencukupi kebutuhan hidup secara layak setiap hari
b. berfikir secara cepat dan tepat
c. melakukan aktifitas secara normal 
d. membantu teman mengerjakan PR

44 Perhatikan contoh perilaku dibawah ini :
1. percaya diri
2. belajar lebih keras
3. belajar dari orang lain
4. mengikuti berbagai perlombaan
5. iri hati akan keberhasilan orang lain
6. melakukan segala cara untuk menang
7. bekerja sama mengembangkan kemampuan
Perilaku positif yang dapat dilakukan dalam menghadapi keterbatasan adalah ...
a. 1, 2, 3, 4
b. 2, 3, 4, 5
c. 3, 4, 5, 6
d. 4, 5, 6, 7

45 Perhatikan pernyataan berikut ini :
1. Aldi ingin sekali bermain musik, namun Aldi tidak mau belajar dan bertanya pada orang yang tahu tentang musik
2. Jonatan memanfaatkan kesempatan ang ada untuk menyontek saat ujian
3. Saat mengerjakan ujian Bella tidak bisa menjawab dan akhirnya Bella bertanya kepada temannya
4. Meskipun Arsen tidak dapat mengerjakan ujian Matematika namun Arsen tidak mau mencontek
Berdasarkan pernyataan tersebut sikap positif dalam menghadapi keterbatasan ditunjukkan pada nomor ...
a. 1
b. 2 
c. 3 
d. 4

46 Alasan kita untuk selalu bersyukur kepada Tuhan adalah ...
a. merasakan kebaikan dan kehadiran Tuhan dalam hidup kita
b. Tuhan suka menghukum orang yang tidak tahu berterima kasih
c. supaya kita mempunyai banyak pahala dan nanti bisa masuk surga 
d. supaya kita dikatakan baik dan dipuji oleh banyak orang

47 Cara kongrit untuk mengucapkan syukur kepada Tuhan antara lain adalah ... 
a. memberikan persembahan kepada Tuhan
b. setiap hari rajin ketempat ibadah
c. rajin membawa Kitab sudi kemanapun
d. berbuat baik pada sesama manusia walaupun berbeda keyakinan

48 Perayaan Ekaristi menurut iman Katolik mempunyai makna ... 
a. saat berkumpul dengan saudara seiman dan dengan Tuhan
b. perjamuan syukur kepada Tuhan yang rela berkorban bagi manusia
c. ucapan syukur karena Tuhan telah wafat di kayu salib
d. syukuran atas kelimpahan yang telah Tuhan berikan kepada kita

49 Alasan Tuhan Yesus kecewa terhadap orang-orang kusta yang telah disembuhkan-Nya adalah karena ... .
a. mereka tidak sadar dengan keterbatasannya
b. mereka bergembira ria sampai lupa berterimakasih pada Yesus 
c. hanya satu orang saja yang bersyukur kepada-Nya
d. mereka menyangkal telah disembuhkan oleh Tuhan Yesus

50 Alasan orang dalam keadaan sakit, susah dan menderita tetap bersyukur adalah ... . 
a. dibalik susah , sakit, dan penderitaannya Tuhan tetap ada
b. dengan bersyukur Tuhan tidak akan menambah beban penderitaan mereka
c. usaha manusia untuk merayu Tuhan supaya melepaskannya dari penderitaan, sakit dan susahnya

yuk belajar agama katolik - soal

  • 1. Bacalah Kejadian 1:26-28 26! Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” 27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia: laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. 28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambahlah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi”. Makna manusia sebagai citra Allah berdasarkan kutipan di atas adalah… .
    • A. 
      Sama dengan Allah
    • B. 
      Segambar dengan Allah
    • C. 
      diciptakan sebagai laki-laki
    • D. 
      Diciptakan sebagai perempuan
  • 2. 
    Contoh tugas manusia sebagai citra Allah yang berkaitan dengan sesama adalah… .
    • A. 
      Rani membantu temannya mengerjakan soal ujian
    • B. 
      Abel menolong seorang nenek yang kesulitan menyeberang
    • C. 
      Indah memakai uang SPP untuk mentraktir temannya
    • D. 
      Kevin menyemangati teman yang sedang berkelahi
  • 3. 
    Perhatikan teks Katekismus Gereja Katolik art.369 berikut ini! Pria dan wanita diciptakan, artinya, dikehendaki Allah dalam persamaan yang sempurna di satu pihak sebagai pribadi manusia dan di lain pihak dalam kepriaan dan kewanitaannya. "Kepriaan" dan "kewanitaan" adalah sesuatu yang baik dan dikehendaki Allah: keduanya, pria dan wanita, memiliki martabat yang tidak dapat hilang, yang diberi kepada mereka langsung oleh Allah, Penciptanya Bdk Kej 2:7.22.. Keduanya, pria dan wanita, bermartabat sama "menurut citra Allah". Dalam kepriaan dan kewanitaannya mereka mencerminkan kebijaksanaan dan kebaikan Pencipta. Berdasarkan teks di atas, kesimpulan yang paling tepat tentang kesederajatan laki-laki dan perempuan adalah… .
    • A. 
      Perempuan dan laki-laki diciptakan sama-sama kuat dan tangguh
    • B. 
      Perempuan dan laki-laki memiliki martabat sama yang berasal dari Allah
    • C. 
      Sesuai dengan kehendak Allah, laki-laki lebih dihormati dibanding perempuan
    • D. 
      Perempuan melambangkan kebaikan dan laki-laki melambangkan kebijaksanaan
  • 4. 
    Bacalah Kejadian 2:18.22-23 2:18 TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.” 2:21 Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging. 2:22 Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu. 2:23 Lalu berkatalah manusia itu: “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki.” Berdasarkan kutipan di atas, makna ajaran Gereja yang menunjukkan bahwa manusia diciptakan “laki-laki dan perempuan” sebagai anugerah dari Tuhan adalah… .
    • A. 
      Laki-laki dan perempuan diciptakan untuk saling melengkapi dalam suka-duka
    • B. 
      Tidak baik laki-laki dan perempuan hidup sendiri karena akan kesepian
    • C. 
      Perempuan diciptakan sepadan dengan laki-laki untuk menguasainya
    • D. 
      Laki-laki diberi teman perempuan sebagai penolong untuk dimanfaatkan
  • 5. 
    Bacalah surat singkat seorang sahabat berikut ini! Sahabatku Rani di kota Bandung, Sudah beberapa bulan ini aku selalu ingat denganmu. Apakah kamu baik-baik saja di tempat tinggalmu yang baru? Aku doakan agar kamu dan keluargamu selalu sehat dan dilindungi Tuhan. Sejak kamu pindah ke kota Bandung, aku selalu merasa kesepian. Bagaimana dengan dirimu? Apakah kamu masih ingat denganku? Apakah di Bandung kamu sering melakukan kegiatan yang dulu sering kita lakukan bersama seperti halnya berenang, main basket, mengerjakan PR dan membantu orang yang kesulitan menyeberang jalan? Oh ya, ingatkah kamu peristiwa ketika aku pingsan karena belum sarapan dan kamu membagi bekalmu kepadaku? Atau saat aku menggendongmu di kolam renang ketika kakimu kram? Oh ya, untuk mengisi liburan sekolah kali ini, aku diajak papa dan mama berziarah ke Lampung. Kamu dan keluargamu akan berlibur kemana? Seandainya saat ini kamu masih di Jakarta, kemungkinan kita dapat pergi bersama-sama ya. Mudah-mudahan liburan berikutnya aku dapat mengunjungi rumahmu di Bandung. Baiklah Rani, sekian dulu surat dariku. Jangan lupa untuk membalas suratku ya. Salam dari sobatmu, Stella Menurut teks di atas, sikap yang dilakukan oleh Rani dan Stella sebagai seorang sahabat ditunjukkan dengan sikap… .
    • A. 
      Rela berkorban tanpa pamrih
    • B. 
      Saling memanfaatkan satu sama lain
    • C. 
      Mau menerima kelebihan sahabat
    • D. 
      Pura-pura baik terhadap sahabat
  • 6. 
    Perhatikan pernyataan berikut ini: 1. Cika dan Dito selalu duduk berdua di kelas karena mereka berpacaran 2. Arie dan Felis saling mendukung untuk mendapatkan juara kelas 3. Nina selalu pulang terlambat karena diajak Andre bermain 4. Rahel mengajak Ezra untuk menjadi putra-putri Altar di gereja 5. Bryan dan Elena saling menyemangati untuk memenangkan olimpiade IPA Pernyataan di atas yang menunjukkan contoh sikap berpacaran yang benar adalah… .
    • A. 
      1, 2 dan 4
    • B. 
      2, 3 dan 4
    • C. 
      2, 4 dan 5
    • D. 
      3, 4 dan 5
  • 7. 
    Bacalah Lukas 7:11-17 berikut! 11 Kemudian Yesus pergi ke suatu kota yang bernama Nain. Murid-murid-Nya pergi bersama-sama dengan Dia, dan juga orang banyak menyertai-Nya berbondong-bondong 12 Setelah Ia dekat pintu gerbang kota, ada orang mati diusung ke luar, anak lakilaki, anak tunggal ibunya yang sudah janda, dan banyak orang dari kota itu menyertai janda itu 13 Dan ketika Tuhan melihat janda itu, tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia berkata kepadanya: “Jangan menangis!” 14 Sambil menghampiri usungan itu Ia menyentuhnya, dan sedang para pengusung berhenti, Ia berkata: “Hai anak muda, Aku berkata kepadamu, bangkitlah!” 15 Maka bangunlah orang itu dan duduk dan mulai berkata-kata, dan Yesus menyerah-kannya kepada ibunya 16 Semua orang itu ketakutan dan mereka memuliakan Allah, sambil berkata: “Seorang nabi besar telah muncul di tengah-tengah kita,” dan “Allah telah melawat umat-Nya.” 17 Maka tersiarlah kabar tentang Yesus di seluruh Yudea dan di seluruh daerah sekitarnya. Contoh tindakan berbelas kasih sesuai dengan teladan Yesus seperti teks di atas adalah… .
    • A. 
      Christon menolong orang yang dikenalnya saja
    • B. 
      Tina mengunjungi temannya yang sedang berdukacita
    • C. 
      Natan mempengaruhi temannya untuk merokok
    • D. 
      Arel menertawakan temannya yang jatuh dari tangga
  • 8. 
    Sikap yang tepat dalam menghadapi teman yang berbuat salah adalah… .
    • A. 
      Bagas memaafkan Daniel sambil mengomel
    • B. 
      Dea mendiamkan Carend karena ia masih kesal
    • C. 
      Alexa menegur Nina dengan keras karena mencontek
    • D. 
      Daud kembali memaafkan Frans yang berbuat salah
  • 9. 
    Simaklah Matius 5:3-12 3 "Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. 4 Berbahagialah orang yang berdukacita , karena mereka akan dihibur. 5 Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi. 6 Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan….” Makna kutipan tersebut adalah … .
    • A. 
      Orang yang miskin akan selalu masuk surga
    • B. 
      Yang lemah lembut akan memiliki banyak harta
    • C. 
      Orang yang berkata jujur hidupnya akan tenang
    • D. 
      Yang berdukacita akan mendapat sumbangan
  • 10. 
    Berikut ini adalah sifat-sifat Gereja yang benar:
    • A. 
      Satu, kudus, katolik, dan apostolik
    • B. 
      Satu, kudus, katolik, dan sakti
    • C. 
      Kudus, katolik, apostolik, dan sejhtera
    • D. 
      Satu, katolik, apostolik, dan pengampun
  • 11. 
    . Berikut ini yang merupakan kaum tertahbis adalah… .
    • A. 
      Diakon, bruder dan imam
    • B. 
      Suster, bruder dan umat
    • C. 
      Imam, uskup dan paus
    • D. 
      Suster, bruder dan diakon
  • 12. 
    Bacalah kutipan teks Kis 2:41-47 41 Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa. 42 Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa 43 Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda 44 Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama, 45 dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluanmasing-masing. 46 Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah.Mereka memecahkan rotidi rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati, 47 sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlahmereka dengan orang yang diselamatkan. Pernyataan yang merupakan ciri khas hidup jemaat perdana menurut teks tersebut adalah…
    • A. 
      Bertekun dalam doa dan membagi-bagi makanan setiap hari
    • B. 
      Membaca kitab suci bersama dan membaptis semua orang
    • C. 
      Makan bersama dengan gembira dan berpesta pora
    • D. 
      Tekun berdoa, membaca kitab suci dan makan bersama
  • 13. 
    Bacalah kutipan teks Kitab Suci berikut! “Pergilah , sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah – tengah serigala. (Lukas, 10:3) Makna yang paling tepat dari kutipan tersebut adalah…
    • A. 
      Para murid Yesus selalu waspada dan berjaga- jaga
    • B. 
      Para murid Yesus mempertimbangkan setiap tugas perutusan
    • C. 
      Para murid Yesus bebas dalam melaksanakan tugas perutusan
    • D. 
      Para murid Yesus harus siap menanggung segala resiko dari setiap tugas perutusan.
  • 14. 
    Maria merupakan orang yang terbuka kepada kehendak Allah, dengan berkata, “Sesungguhnya Aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanMu.“ Berdasarkan artikel tersebut, bahwa Gereja Katolik menghormati Maria karena …
    • A. 
      Maria menebus dosa
    • B. 
      Maria membuat mujizat
    • C. 
      Maria melakukan penebusan
    • D. 
      Maria lebih tinggi derajadnya daripada Yesus
  • 15. 
    Bacalah kutipan Kisah Para Rasul 2:2- 4 Tiba- tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memnuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah – lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap dan hinggap pada mereka masingmasing. Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus ,lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.” Peran Roh Kudus bagi para Rasul yang dapat ditemukan dalam teks tersebut adalah …
    • A. 
      Menjadikan para murid takut untuk keluar dari situasi mereka
    • B. 
      Para murid selalu menggerutu dalam mewartakan karya keselamatan.
    • C. 
      Menjadikan para murid berani dalam mewartakan karya keselamatan.
    • D. 
      Menjadikan para murid tercerai berai.
  • 16. 
    Makna dari karunia Roh Kudus untuk keperkasaan dalam hidup orang kristiani adalah… 
    • A. 
      Supaya kita menjadi kuat
    • B. 
      Dapat menerima tugas perutusan
    • C. 
      Memberi keberanian dalam menghadapi godaan
    • D. 
      Menguatkan kita dalam menghadapi berbagai godaan dalam hidup.
  • 17. 
    Bacalah kutipan Lukas 23:34 Yesus berkata: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.“ Sikap Yesus dalam kutipan tersebut menunjukkan …
    • A. 
      Keprasahan Yesus
    • B. 
      Kemarahan Yesus
    • C. 
      Pengampunan Yesus
    • D. 
      Kepedulian Yesus
  • 18. 
    Yang merupakan ciri-ciri kemanusiaan Yesus adalah… 
    • A. 
      Membuat mujizat, lahir dari seorang ibu dan bisa dapat menangis
    • B. 
      Yesus dapat marah, dilahirkan dari seorang ibu, dan dapat sakit
    • C. 
      Yesus dapat menyembuhkan orang sakit dan membuat mujizat
    • D. 
      Yesus dapat meredahkan angin rebut dan dapat tidur
  • 19. 
    Bacalah kutipan Lukas 5: 11 "Dan sesudah mereka menghela perahu – perahunya ke darat, merekapun meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Yesus.” Syarat- syarat untuk mengikuti Yesus Kristus menurut teks tersebut adalah… 
    • A. 
      Meninggalkan segala-galanya
    • B. 
      Siap menderita dan menyangkal diri
    • C. 
      Meninggalkan sesuatu dan siap menderita
    • D. 
      Meninggalkan segala-galanya, memanggul salib dan menyangkal diri
  • 20. 
    Makna kebangkitan Yesus adalah… 
    • A. 
      Memperkuat iman
    • B. 
      Saling bermusuhan
    • C. 
      Mengabaikan iman
    • D. 
      Membawa persoalan
  • 21. 
    Bacalah kutipan Lukas 15:21- 24 “Kata anak itu kepadanya; Bapa , aku telah berdosa terhadap surga dan terhadap bapa, aku tidak layak lagi disebutkan anak bapa. Tetapi ayah itu berkata kepada hamba- hambanya ; lekaslah bawa ke mari jubah yang terbaik, pakaikanlah itu kepadanya dan kenakanlah cicin pada jarinya dan sepatu pada kakinya. Dan ambilah anak lembu tambun itu, sembelihlah dia dan marilah kita makan dan bersukacita . Sebab anakku ini telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali . Maka mulailah mereka bersukaria.“ Berdasarkan kutipan tersebut, ajaran Yesus tentang pengampunan adalah…
    • A. 
      Saling menerima
    • B. 
      Saling menerima dan mengampuni
    • C. 
      Membiarkan sesame yang telah bersalah
    • D. 
      Mengabaikan sesama yang bersalah
  • 22. 
    Bacalah kutipan Yakobus 5:14-16 “Kalau ada seorang diantara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat , supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan. Dan doa yang lahir dari iman akan meyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni. Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan sangat besar kuasanya.” Berdasarkan kutipan teks tersebut, contoh sikap positif dalam menghadapi penderitaan adalah …
    • A. 
      Pasrah dan berdiam diri
    • B. 
      Mengandalkan doa orang lain
    • C. 
      Mengandalkan kekuatan tuhan
    • D. 
      Mengandalkan kekuatan diri sendiri
  • 23. 
    Berikut ini, yang termasuk contoh kegiatan pelayan dalam Gereja adalah…
    • A. 
      Bela diri
    • B. 
      PMR
    • C. 
      Pramuka
    • D. 
      Baksos
  • 24. 
    Berikut ini adalah contoh bentuk pelayanan dalam Gereja sebagai seorang remaja:
    • A. 
      Wanita Katolik Republik Indonesia
    • B. 
      Orang Muda Katolik (OMK)
    • C. 
      Bina Iman Remaja
    • D. 
      Partai Katolik Indonesia
  • 25. 
    Sumber keselamatan manusia diperoleh melalui…
    • A. 
      Allah sendiri
    • B. 
      Manusia itu sendiri
    • C. 
      Sesama manusia
    • D. 
      Orang yang pandai
  • 26. 
    Alasan yang mendorong manusia untuk beragama, adalah… 
    • A. 
      Hak setiap warga negara untuk menganut satu agama
    • B. 
      Supaya mempunyai status
    • C. 
      Tuntutan supaya tidak dianggap ateis
    • D. 
      Menemukan rasa aman ketika menghadapi kesulitan hidup
  • 27. 
    Bacalah Yakobus 2 : 15- 17! 15 Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari, 16 dan seorang dari antara kamu berkata: "Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!", tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu? 17 Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati. Pesan penting yang mau disampaikan Yakobus dalam surat di atas, adalah bahwa…..
    • A. 
      Iman seseorang yang terlihat dalam perbuatan sehari-har
    • B. 
      Iman seseorang cukup diperlihatkan melalui pengetahuan tentang agama
    • C. 
      Iman seseorang terlihat ketika dia menjalankan ibadah setiap hari
    • D. 
      Iman seseorang diperlihatkan dengan mengenakan simbol-simbol keagamaan
  • 28. 
    Di bawah ini adalah contoh faktor pendukung dan penghambat perkembangan iman seseorang: (1) kecenderungan bermalas-malasan (2) keinginan untuk memiliki bekal hidup (3) disibukkan dngan berbagai kegiatan yang tidak berguna (4) meneladan tokoh-tokoh kitab suci Faktor-faktor pendukung perkembangan iman seseorang terumuskan dalam nomor …
    • A. 
      1, 4
    • B. 
      2, 4
    • C. 
      3, 4
    • D. 
      1, 3
  • 29. 
    Contoh tindakan mengembangkan iman yang dilakukan secara bersama-sama di lingkungan sekolah adalah….
    • A. 
      Bersama keluarga mengikuti perayaan Ekaristi di Gereja
    • B. 
      Terlibat dalam kegiatan aksi sosial di lingkungan RT
    • C. 
      Mengajak teman kelas mendoakan teman yang sakit
    • D. 
      Mengikuti lomba Kitab Suci yang diselenggarakan di Gereja
  • 30. 
    Sebagai warga masyarakat, orang Katolik juga menikmati hak-haknya, antara lain hak untuk hidup layak, hak atas rasa aman dan perlindungan, dan lain-lain. Selain hak-hak sebagai warga masyarakat, orang Katolik juga menjalankan kewajibannya, antara lain…. 
    • A. 
      Menunjukkan kehebatan orang katolik
    • B. 
      Menonjolkan diri sebagai orang katolik
    • C. 
      Memelihara gereja sebagai tempat ibadah
    • D. 
      Memelihara kerukunan dan kesejahteraan
  • 31. 
    Bacalah Matius 22:15-22 15 "Kemudian pergilah orang-orang Farisi; mereka berunding bagaimana mereka dapat menjerat Yesus dengan suatu pertanyaan. 16 Mereka menyuruh murid-murid mereka bersama-sama orang-orang Herodian bertanya kepada-Nya: "Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur dan dengan jujur mengajar jalan Allah dan Engkau tidak takut kepada siapa pun juga, sebab Engkau tidak mencari muka. 17 Katakanlah kepada kami pendapat-Mu: Apakah diperbolehkan membayar pajak Kaisar atau tidak?" 18 Tetapi Yesus mengetahui kejahatan hati mereka itu lalu berkata: "Mengapa kamu mencobai Aku, hai orang-orang munafik? 19 Tunjukkanlah kepada-Ku mata uang untuk pajak itu." Mereka membawa suatu dinar kepada-Nya. 20 Maka Ia bertanya kepada mereka: "Gambar dan tulisan siapakah ini?" 21 Jawab mereka: "Gambar dan tulisan Kaisar." Lalu kata Yesus kepada mereka: "Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah." 22 Mendengar itu heranlah mereka dan meninggalkan Yesus lalu pergi". Sikap yang perlu dikembangkan dalam hidup bermasyarakat berdasarkan teks di atas, adalah…..
    • A. 
      Berbakti kepada Allah dan sekaligus memenuhi kewajiban untuk mensejahterahkan masyarakat
    • B. 
      Memberikan sumbangan kepada Gereja sama dengan memenuhi kewajiban terhadap pemerintah
    • C. 
      Memenuhi kewajiban terhadap pemerintah sama dengan memenuhi kewajiban terhadap Allah
    • D. 
      Mengutamakan pemerintah baru kemudian kehendak Allah
  • 32. 
    Bacalah1 Petrus 2 : 13 – 17 13 Tunduklah, karena Allah, kepada semua lembaga manusia, baik kepada raja sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi, 14 maupun kepada wali-wali yang diutusnya untuk menghukum orang-orang yang berbuat jahat dan menghormati orang-orang yang berbuat baik. 15 Sebab inilah kehendak Allah, yaitu supaya dengan berbuat baik kamu membungkamkan kepicikan orang-orang yang bodoh. 16 Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah. 17 Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja! Pandangan Gereja yang tepat tentang sikap warga terhadap pemimpin berdasarkan teks 1Petrus 2 : 13 – 17 adalah ……
    • A. 
      Menghormati pemimpin sebagai orang yang menghadirkan sosok Allah
    • B. 
      Menghormati pemimpin sebagai orang yang menghadirkan kebenaran
    • C. 
      Menghormati pemimpin sebagai orang yang melayani warganya
    • D. 
      Menghormati pemimpin sebagai orang yang selalu hadir di tengah masyarakat
  • 33. 
    Makna kebebasan berdasarkan Gaudium et Spes no. 17 adalah …..
    • A. 
      Kebebasan untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri
    • B. 
      Kebebasan sebagai kesewenang-wenangan untuk bebuat apa pun sesuka hatinya
    • C. 
      Kebebasan untuk bertindak berdasarkan hati nurani dan digerakkan kepada Allah
    • D. 
      Kebebasan sebagai penghargaan terhadap harkat dan martabatnya
  • 34. 
    Sekelompok remaja melakukan camping. Atas nama kebebasan, mereka melakukan kegiatan masing-masing menurut kemauan sendiri-sendiri. Pada akhirnya, mereka menyadari bahwa tidak ada satu orang pun yang mengurus kepentingan bersama, seperti menyalakan lampu dan menyiapkan makanan. Dari cerita ini, makna kebebasan yang bertanggung jawab adalah…..
    • A. 
      Kebebasan pribadi terikat pada kebutuhan bersama
    • B. 
      Kebebasan pribadi lebih penting dari kepentingan bersama
    • C. 
      Setiap orang bebas melakukan apa saja
    • D. 
      Kepentingan bersama menghilangkan kebebasan pribadi
  • 35. 
    Melanggar peraturan lalu lintas adalah perbuatan yang tidak benar, tetapi sering kali kita melakukannya. Sebagai orang beriman, sikap kita seharusnya adalah…… a.  b.  c. u d. 
    • A. 
      Menganggap hal itu wajar karena tidak ada sanksi
    • B. 
      Boleh melakukan karena kita memiliki kebebasan
    • C. 
      Berusaha menaati peraturan yang berlak
    • D. 
      Membiarkan orang lain melanggarnya karena mereka memiliki kebebasan
  • 36. 
    Contoh tindakan perendahan terhadap martabat luhur manusia dalam kehidupan bermasyarakat, adalah ….
    • A. 
      Peduli terhadap kesulitan sesama yang membutuhkan
    • B. 
      Menjalin hubungan yang sederajat dalam pergaulan
    • C. 
      Memberi teguran dan sanksi bagi yang melanggar atura
    • D. 
      Memperlakukan sesama manusia secara semena-mena
  • 37. 
    Bacalah Galatia 5 : 16 – 26 5:16 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. 5:17 Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging -- karena keduanya bertentangan -- sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki. 5:18 Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat. 5:19 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, 5:20 penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, 5:21 kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu -- seperti yang telah kubuat dahulu -- bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. 5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, 5:23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. 5:24 Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. 5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh, 5:26 dan janganlah kita gila hormat, janganlah kita saling menantang dan saling mendengki Memperjuangkan hidup secara sehat berdasarkan teks Gal. 5 : 16 – 26, adalah….
    • A. 
      Melakukan olahraga secara teratur
    • B. 
      Mengkonsumsi makanan sebanyak mungkin
    • C. 
      Mengutamakan kenikmatan duniawi
    • D. 
      Selalu pesta pora
  • 38. 
    Bacalah kisah berikut! Saat sedang populer Jamrud sempat tersandung. Dua personelnya Fitrah dan Sandi meninggal karena overdosis. Fitrah meninggal tahun 1999 dan Sandi menyusul setahun kemudian. “Sebetulnya kami sudah mengingatkan. Apa lagi jam terbang mereka belum cukup saat Jamrud mulai besar”. Kata Aziz yang mengaku Ia dan Riki pun dulu sempat terlibat drug. Dari situ kami bisa belajar. Ternyata bohong besar kalau ada yang bilang drug bikin kreatif. Kisah band Jamrud lebih memperlihatkan betapa mahalnya akibat yang terjadi ketika gagal mengupayakan hidup sehat. Dari kisah tersebut cara menjaga hidup sehat adalah ....
    • A. 
      Pola makan yang serba instan
    • B. 
      Kebiasaan merokok
    • C. 
      Pornografi
    • D. 
      Menghindari narkoba
  • 39. 
    Bacalah kisah berikut! Adalah sebuah desa, Wangari namanya, di daratan Kenya. Di sana hutan asli tinggal tersisa dua Persen. Karena habis ditebang untuk diolah menjadi papan dan lahannya diubah menjadi lahan pertanian. Banjir dan bencana lainnya mengancam. Maka pada tahun 1974, seorang perempuan mengambil inisiatif. Ia mengajak semua perempuan di Wangari untuk menanam pohon dan mereka pun menanam pohon. Beribu-ribu pohon mereka tanam. Mereka memang belum memetik hasilnya, namun setidaknya kawasan itu sudah mulai menghijau kembali. Berdasarkan kasus di atas perilaku yang dapat kamu wujudkan dalam hal cinta lingkungan hidup di rumah dan sekolah adalah ....
    • A. 
      Menyiram tanaman
    • B. 
      Menjaga kebersihan
    • C. 
      Merapikan ruangan
    • D. 
      No smoking
  • 40. 
    Bacalah Kejadian 1: 26, Berfirmanlah Allah, “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” Makna kata berkuasa menurut teks Kitab Suci di atas adalah .... 
    • A. 
      Memelihara dan melestarikan alam ciptaan
    • B. 
      Memanfaatkan sampai habis semua alam ciptaan
    • C. 
      Manusia diciptakan secitra dengan Allah Bapa
    • D. 
      Manusia mempunya kuasa atas bumi secara mutlak
  • 41. 
    Bacalah kisah berikut! Ada seorang kepala desa namanya Pak Aman yang sangat berprestasi dalam membangun desa. Dahulu desa itu sangat kotor dan tidak tertib. Berkat Pak Aman desa tersebut menjadi bersih, tertib, dan maju. Karena Pak Aman seorang kepala desa yang jujur dan anti korupsi, bahkan ia mau merelakan uang pribadinya. Namun karena kejujuran itu justru Pak Aman tidak disenangi oleh pejabat-pejabat desa yang lain. Salah satu contoh konkret membangun sikap jujur di sekolah adalah ....
    • A. 
      Datang tidak terlambat
    • B. 
      Selalau mengikuti kegiatan literasi
    • C. 
      Tidak mencontek pada saat ujian
    • D. 
      Sopan terhadap para guru dan karyawan
  • 42. 
    Bacalah kisah berikut! Pak samudi mempunyai tiga orang anak. Yang pertama sudah menikah, yang kedua dan ketiga kelas satu dan kelas tiga SMP. Keduanya ikut neneknya. Pak Samudi jarang bertemu dengan anaknya, meskipun rumahnya dekat. Ia bertemu setahun sekali. Selama ini saya dan isteri tidak jujur dengan anak-anak tentang pekerjaan kami di sini papar Pak Samudi. Dulu Pak Samudi buruh pabrik karena krisis ekonomi Pak Samudi di PHK. Satu-satunya jalan untuk menghidupi keluarga dan sekolah anak-anak mereka adalah menjadi pemulung. Sampai saat ini anak-anak tidak tahu kalau mereka jadi pemulung. Pak Samudi mengakui bahwa ia takut berkata jujur, karena nanti anak-anak malu. Pak Samudi percaya bahwa hanya bantuan rahmat Tuhan semua akan berjalan dengan baik. Keyakinan Pak Samudi dan isterinya sungguh besar. Bahwa hanya pada Tuhan mereka dapat berharap dan akan memenangkan pergulatan hidup. Menurut cerita di atas akibat dari ketidakjujuran adalah ....
    • A. 
      Komunikasi dalam keluarga kurang lancar
    • B. 
      Pak Samudi dapat menyekolahkan anak-anakny
    • C. 
      Anak-anaknya dapat bersekolah dengan tenang
    • D. 
      Pak Samudi tetap percaya penuh kepada Tuhan
  • 43. 
    Lagu “Mari Terbuka” Teman mari kita terbuka dengan orang yang berbeda agama Teman mari kita menghormat dengan orang yang beda pendapat Ada Islam, Allah hu akbar Ada Budha, Ami taba Ada Kristen, Alleluya Ada Hindu, Om santi-santi Dan Kong Hu Chu, Sancai-sancai Semua jadi saudaraku Menurut interprestasimu, sikap dan tindakan yang perlu dikembangkan dalam bersahabat dengan yang berbeda agama menurut teks lagu Mari Terbuka adalah ....
    • A. 
      Saling terbuka
    • B. 
      Saling menghormati
    • C. 
      Mengingatkan waktu berdoa
    • D. 
      Ikut berpuasa
  • 44. 
    Pernyataan berikut yang menunjukkan salah satu contoh tindakan membangun persaudaraan dengan sesama yang berbeda agama dan kepercayaan lain adalah ....
    • A. 
      Makan di tempat terbuka pada saat bulan puasa
    • B. 
      Mengucapkan selamat hari raya kepada teman yang sedang merayakannya
    • C. 
      Mengikuti tata cara ibadah agama dan kepercayaan lain
    • D. 
      Mengajak teman yang beragama lain untuk masuk agamanya
  • 45. 
    Bacalah Matius 8: 5-10 Ketika Yesus masuk ke Kapernaum, datanglah seorang perwira mendapatkan Dia dan memohon kepada-Nya: “Tuan, hambamu berbaring di rumah karena sakit lumpuh dan ia sangat menderita.” Yesus berkata kepadanya: “Aku akan datang menyembuhkannya.” Tetapi jawab perwira itu kepada-Nya, “Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata maka hambaku itu akan sembuh. Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: pergi!, maka ia pergi...” Dari teks di atas yang dapat kita teladani dari sikap Yesus dalam kehidupan sehari-hari adalah ....
    • A. 
      Dalam memberikan pertolongan kepada sesama tanpa membeda agama dan suku
    • B. 
      Dalam bersahabat kita selalu melihat kesamaan latar belakang agama teman kita
    • C. 
      Dalam bersahabat kita selalu melihat kesamaan latar belakang suku teman kita
    • D. 
      Dalam hidup bermasyarakat paling indah apabila sama dalam satu suku dan agama