Selamat Datang

Selamat Datang di Blog ini bersama R. Slamet Widiantono ------**------ TUHAN MEMBERKATI -----* KASIH ITU MEMBERIKAN DIRI BAGI SESAMA -----* JANGAN LUPA BAHAGIA -----* TERUS BERPIKIR POSITIF -----* SALAM DOA -----* slammy

Wednesday, November 13, 2019

7 soal agama katolik - latber

1 Dalam terks Kejadian 1 : 28 -29 tertulis : “ ...Allah memberkati mereka , lalu Allah berfirman kepada mereka : “ Beranak cuculah dan bertambah banyak ; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung diudara dan atas segala binatang yang merayap di bumi “. Berfirmanlah Allah :”lihatlah, Aku memberika kepadamu segala tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu, tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya.” Dan jadilah demikian.

Bagaimanakah tindakan kita sebagai citra Allah dalam mewujudkan teks diatas ?
a. dengan menikah dan mempunyai anak sebanyak-banyaknya 

b. dengan menjadikan seluruh ciptaan makanan bagi manusia
c. dengan menjadikan alam ini menjadi obyek untuk kebahagiaan manusia
d. dengan menjaga dan merawat segala ciptaan demi kelangsungan hidup manusia

2 Dalam Katekismus Gereja Katolik artikel 369 tertulis :
Pria dan wanita diciptakan , artinya , dikehendaki Allah dalam persamaan yang sempurna disatu pihak sebagai pribadi manusia dan dilain pihak dalam kepriaan dan kewanitaannya. “Kepriaan” dan “kewanitaan” adalah sesuatu yang baik yang dikendaki oleh Allah, penciptanya ( Bdk Kej 2: 7.22).Keduanya, pria dan wanita, bermartabat sama “ menurut Citra Allah”.Dalam kepriaan dan kewanitaannya mereka mencerminkan kebijaksanaan dan kebaiklan Pencipta.

Salah satu sikap yang perlu dikembangkan untuk mewujudkan kesederajatan antara pria dan wanita menurut dokumen diatas adalah ...
a. pria harus rela berkorban demi memperjuangkan martabat teman wanitanya
b. berani dan terbuka membela derajat atau martabat manusia
c. saling menghargai dan menghormati martabat sebagai pria dan wanita 
d. sikap tanpa kompromi dalam memperjuangkan martabat manusia

3 Perbedaan jasmani paling utama antara pria dan wanita adalah ... 
a. tempat tumbuh rambut
b. bentuk alat kelamin
c. bentuk dada
d. cara bertindak

4 Contoh dalam Kitab Suci bahwa Tuhan Yesus menghargai perempuan adalah ... . 
a. Yesus memperlakukan perempuan penzinah dengan sangat manusiawi
b. Yesus membangkitkan Lazarus yang mempunyai saudara perempuan
c. Yesus menyembuhkan anak perempuan Zairus
d. Yesus membangkitkan anak janda yang miskin

5 Yang disampaikan Kitab Suci (Kej 2 :24) tentang kepriaan dan kewanitaan adalah ...
a. pria dan wanita sama-sama dihargai oleh Tuhan dan berderajat sama
b. wanita diambil dari tulang rusuk pria sehigga derajatnya lebih rendah
c. laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan istrinya
d. dibangunkanlah perempuan, lalu dibawaNya kepada manusia yang sudah diciptakan nya

6 Contoh kesederajatan perempuan dan laki-laki pada zaman sekarang ini adalah bahwa perempuan bisa…
a. menjadi TKW di luar negeri 
b. memimpin suatu negara
c. melahirkan seorang bayi
d. tidak bisa membahagiakan laki-laki

7 Kesimpulan dari teks katekismus artikel 369 diatas adalah ...
a. laki-laki harus menang dari perempuan
b. laki-laki harus menghormati wanita
c. laki-laki berkuasa penuh atas perempuan
d. kepriaan dan kewanitaan adalah atas kehendak Allah

8 Dari teks Katekismus Gereja Katolik artikel 369 diatas juga hendak mengungkapkan ... 
a. kesamaan martabat manusia laki-laki dan perempuan di mata Allah
b. laki-laki lebih tinggi derajatnya dari pada perempuan di mata Allah
c. laki-laki dan perempuan mempunyai perbedaan derajat dan martabat manusia
d. laki-laki mencerminkan keperkasaan sedangkan perempuan mencerminkan kelemahan

9 Contoh kesederajatan perempuan dan laki-laki pada zaman sekarang ini adalah bahwa laki-laki juga harus bisa…
a. memasak didapur
b. mengurus anak-anaknya 
c. melahirkan seorang bayi 
d. membahagiakan istrinya

10 Salah satu cara kita mensyukuri karunia Tuhan yang telah menciptakan kita sebagai pria dan wanita yang sempurna adalah...
a. memberikan persembahan kepada Tuhan 
b. minta Misa khusus bagi kita
c. menjaga dan merawat tubuh kita
d. mengadakan syukuran dengan mengundang tetangga

11 Ciri khas perempuan yang tidak dimiliki oleh kaum laki-laki adalah ... 
a. dapat bekerja dengan baik
b. dapat mengenyam pendidikan tinggi
c. dapat memasak dan mengatur rumah tangga 
d. dapat melahirkan dan menyusui

12 Kedudukan pria dan wanita menurut pandangan Kristiani adalah ... 
a. pria lebih tinggi dari dari wanita
b. wanita lebih berkuasa dari pada wanita 
c. pria dan wanita kewajibannya sama
d. pria dan wanita sederajat

13 Contoh bersyukur atas kasih Allah melalui pemeliharaan orang tua adalah…
a. Memaksakan semua keinginan kepada orang tua
b. Mengikuti semua apa yang diperintahkan guru dan orang tua
c. Menentang semua yang orang tua sampaikan karena sudah ketinggalan zaman
d. Menggunakan dan menjaga semua fasilitas yang orang tua berikan dengan bertanggung jawab

14 Tindakan Yesus yang menunjukkan bahwa Ia mengasihi orangtua-Nya berdasarkan Injil Lukas, 2: 41 – 52 ialah ... .
a. ikut pulang ke Nazaret dan hidup dalam asuhan orang tua-Nya 
b. belajar dengan tekun sehingga menjadi orang yang berhasil
c. terus tinggal di Yerusalem dengan alim ulama 
d. mencari orang tuaNya sampai ke Bait Allah

15 Pendidikan pertama dan utama yang diterima oleh seorang anak terjadi dalam ... 
a. sekolah
b. Keluarga 
c. Gereja
d. Masyarakat

16 “Hormatilah ayah dan ibumu” adalah bunyi perintah Allah yang ke ...
a. empat 
b. Lima
c. Enam 
d. Tujuh

17 Salah satu manfaat hidup bersama dengan orang lain di sekolah adalah ... 
a. tidak salah urus diri sendiri
b. dapat tumbuh semakin besar
c. dapat menguasai dan dikuasai orang lain 
d. dapat mengembangkan diri

18 Peran sekolah dalam perkembangan kepribadian siswanya adalah ... 
a. anak bertumbuh menjadi dewasa
b. anak berkembang menjadi pintar
c. badan siswa bertumbuh makin tinggi dan besar 
d. siswa makin mengenal keindahan dunia

19 Peran guru dalam perkembangan siswanya sering diumpamakan dengan...
a. orang tua kedua
b. pelita di malam gelap 
c. penerang dalam gulita 
d. pembimbing utama

20 Contoh salah satu pengaruh hidup bersama dengan orang lain di sekolah adalah ...
a. menjadi seorang penyendiri
b. dapat mencontoh pekerjaan rumah teman 
c. dapat menguasai dan dikuasai orang lain
d. dapat bergaul dengan teman dari berbagai kalangan

21 Remaja Katolik dapat mengembangkan kemampuan olah vokalnya dengan bergabung dengan ...
a. Legio Maria
b. Kelompok koor 
c. Grup band
d. Misdinar

22 Gereja juga mempunyai peran dalam perkembangan seorang anak khususnya dalam bidang ... 
a. Kejiwaan
b. Pendidikan 
c. Rohani
d. Sosial

23 Salah satu kegiatan di lingkungan Gereja Katolik yang mewadahi kreatifitas orang muda adalah...
a. Karang taruna 
b. Remaja gereja
c. Orang muda Katolik
d. Organisasi intra sekolah

Perhatikan hal berikut :
1. Rahmat sakramen-sakramen
2. Hukum-hukum Kristus
3. Hukum perdata
4. Tradisi kudus

24 Orang Katolik dapat mengembangkan hidupnya dengan mengimani hal-hal ...
a. 1, 2, 3
b. 1, 3, 4
c. 1, 2, 4
d. 2, 3, 4

25 Ciri khas masyarakat Jawa yang terkenal adalah ... 
a. Ramah dan suka tersenyum
b. Mengatakan apa adanya 
c. Pelit dan materialis
d. Suka berfoya-foya

26 Budaya Batak dalam berkomunikasi mempunyai ciri .... 
a. Lembut dan berbicara dengan sopan
b. Berbicara apa adanya dan meledak-ledak
c. Berbelit-belit dan sulit dimengerti tujuannya
d. Bersuara keras tetapi sopan santun

27 Masyarakat yang individualis akan melahirkan individu-individu yang....
a. Peduli pada sesamanya
b. Bermusuhan satu sama lain 
c. Tidak peduli pada orang lain
d. Guyub rukun saling perhatian

28 Masyarakat sekitar kita juga berperan dalam perkembangan diri kita . Antara lain ialah ... a. Mendidik kita menjadi anak yang pintar
b. Menumbuhkan kebiasaan baik 
c. Melatih fisik kita agar kuat
d. Memberi kta kekayaan

29 1. Saling mengasihi
2. Sebagai saudara
3. Menghormati
4. Menghina
Dalam hidup sehari-hari seharusnya yang dilakukan manusia sebagai citra Allah, adalah ... .
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 2, 3, 4
d. 1, 3, 4

30 Karunia khusus bagi manusia sebagai citra Allah adalah ... 
a. pikiran, kekayaan dan kedamaian
b. pikiran, kepandaian, dan kebijaksanaan
c. akal budi, hati nurani, dan kebebasan
d. akal budi, hati nurani dan ketrampilan

31 Allah menghendaki agar manusia mampu memiliki keturunan dengan harapan ... . 
a. dunia biar cepat penuh
b. dapat melanjutkan karya Allah
c. memperbaiki semua karya Allah
d. menyempurnakan semua karya Allah

Kejadian1 : 26 – 27

Berfirmanlah Allah :” Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi. “ Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “ Beranak cuculah dan bertambah banyak, penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.” Berfirmanlah Allah : “ Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu. Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya”. Dan jadilah demikian. Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.

32 Menurut teks tersebut diatas, Allah menghendaki supaya manusia berkuasa atas ciptaan Allah dengan maksud agar manusia...
a. dapat menikmati semua ciptaan sepuasnya
b. menguasai dan menikmati semua ciptaan bersama keluarganya sendiri 
c. mampu bertanggung jawab atas seluruh ciptaan-Nya
d. menggunakan semua dengan seenaknya sendiri tanpa memperhatikan orang lain

33 Contoh perilaku kita sebagai Citra Allah yang sesuai dengan teks di atas (Kej 1 : 26 – 27 ) adalah...
a. Bertindak merusak lingkungan dengan menebang pohon tanpa batas
b. Menjaga dan merawat segala ciptaan demi keberlangsungan hidup manusia 
c. Menangkap ikan-ikan dengan menggunakan alat peledak dan pukat harimau
d. memperlakukan sesama ciptaan sebagai obyek untuk kebahagiaan pribadi atau kelompok

34 Pria dan wanita diciptakan Allah “ sungguh amat baik “ karena...
a. berbeda dengan ciptaan lainnya
b. diciptakan secitra dengan Allah
c. diciptakan sederajat dengan Allah
d. menusia menjadi penguasa alam raya

35 Contoh lain dari tindakan manusia yang sesuai dengan citra Allah berdasarkan teks Kej 1 : 26 –27 diatas adalah ...
a. merawat dan menjaga diri sendiri secara bertanggung jawab
b. menjadikan alam ini sebagai obyek untuk kebahagiaan manusia 
c. menghalalkan seluruh ciptaan sebagai makanan bagi manusia
d. menjadi patner Allah dalam karya penciptaan dengan mempunyai istri sebanyak banyaknya

36 Sedangkan tindakan yang dapat kita lakukan sebagai seorang pelajar yang sesuai dengan teks Kej 1 : 26 – 27 adalah ...
a. selalu datang terlambat kesekolah
b. cuek terhadap pengemis yang meminta-minta dipinggir jalan
c. membiarkan teman yang jatuh sakit di kelas karena sudah bisa mengurus dirinya sendiri d. menjaga kebersihan dan kerapihan kelas dengan melaksanakan piket kelas

37 Kemampuan setiap manusia berbeda-beda, maka yang dikehendaki Tuhan pada manusia adalah ... 
a. saling bekerjasama
b. dapat saling mengalahkan
c. mau berkorban untuk orang lain
d. tidak peduli pada sesamanya

38 Supaya bakat dan kemampuan kita dapat berkembang maka yang perlu kita lakukan adalah ... .
a. bergaul dengan orang-orang pintar
b. mengimpikan cita-cita yang akan dicapainya
c. belajar dan berlatih serta tak mudah putus asa
d. sering melihat orang yang berhasil mengembangkan diri

39 Dalam Matius 25 : 14 – 30, sikap Tuhan terhadap hamba yang tidak mengembangkan talenta adalah... .
a. didorong untuk mengembangkannya
b. talentanya diambil dan orangnya dihukum
c. ditambah lagi talentanya supaya dapat dikembangkan
d. dibiarkan saja karena orang bebas menggunakannya

CERMATILAH PERNYATAAN BERIKUT : 
a. Menerima, percaya diri dan optimis 
b. Berani dan pesimis
c. Malu, tertutup dan mudah putus asa 
d. Bersyukur, terbuka dan yakin
e. Ragu-ragu, pesimis dan minder

40 Sikap yang benar bagi seseorang dalam menghadapi keterbatasan adalah ... 
a. a, b, c dan d
b. a, b, dan d 
c. a dan d
d. b dan e

41 Sejak kecil Budi senamg beermain musik, dia ingin menjadi pemain musik profesional. Cara untuk mengembangkan talenta Budi adalah ...
a. berdoa dengan tekun agar kelak menjadi pemusik kelas dunia
b. belajar dengan giat agar memperoleh nilai akademis yang memuaskan
c. melatih diri dengan masuk kedalam club yang mempunyai minat yang sama 
d. meminta kepada orang tuanya untuk membelikan alat-alat musik yang mahal

42 Keterbatasan yang umumnya dimiliki oleh para pelajar adalah tidak mampu... . 
a. menulis dibuku dengan baik
b. menjadi anak yang berkarakter
c. meminjamkan buku kepada mereka yang membutuhkan 
d. mengingat semua materi pelajaran dengan baik

43 Yang dimaksud dengan keterbatasan secara ekonomi adalah ketidak mampuan untuk ... . 
a. mencukupi kebutuhan hidup secara layak setiap hari
b. berfikir secara cepat dan tepat
c. melakukan aktifitas secara normal 
d. membantu teman mengerjakan PR

44 Perhatikan contoh perilaku dibawah ini :
1. percaya diri
2. belajar lebih keras
3. belajar dari orang lain
4. mengikuti berbagai perlombaan
5. iri hati akan keberhasilan orang lain
6. melakukan segala cara untuk menang
7. bekerja sama mengembangkan kemampuan
Perilaku positif yang dapat dilakukan dalam menghadapi keterbatasan adalah ...
a. 1, 2, 3, 4
b. 2, 3, 4, 5
c. 3, 4, 5, 6
d. 4, 5, 6, 7

45 Perhatikan pernyataan berikut ini :
1. Aldi ingin sekali bermain musik, namun Aldi tidak mau belajar dan bertanya pada orang yang tahu tentang musik
2. Jonatan memanfaatkan kesempatan ang ada untuk menyontek saat ujian
3. Saat mengerjakan ujian Bella tidak bisa menjawab dan akhirnya Bella bertanya kepada temannya
4. Meskipun Arsen tidak dapat mengerjakan ujian Matematika namun Arsen tidak mau mencontek
Berdasarkan pernyataan tersebut sikap positif dalam menghadapi keterbatasan ditunjukkan pada nomor ...
a. 1
b. 2 
c. 3 
d. 4

46 Alasan kita untuk selalu bersyukur kepada Tuhan adalah ...
a. merasakan kebaikan dan kehadiran Tuhan dalam hidup kita
b. Tuhan suka menghukum orang yang tidak tahu berterima kasih
c. supaya kita mempunyai banyak pahala dan nanti bisa masuk surga 
d. supaya kita dikatakan baik dan dipuji oleh banyak orang

47 Cara kongrit untuk mengucapkan syukur kepada Tuhan antara lain adalah ... 
a. memberikan persembahan kepada Tuhan
b. setiap hari rajin ketempat ibadah
c. rajin membawa Kitab sudi kemanapun
d. berbuat baik pada sesama manusia walaupun berbeda keyakinan

48 Perayaan Ekaristi menurut iman Katolik mempunyai makna ... 
a. saat berkumpul dengan saudara seiman dan dengan Tuhan
b. perjamuan syukur kepada Tuhan yang rela berkorban bagi manusia
c. ucapan syukur karena Tuhan telah wafat di kayu salib
d. syukuran atas kelimpahan yang telah Tuhan berikan kepada kita

49 Alasan Tuhan Yesus kecewa terhadap orang-orang kusta yang telah disembuhkan-Nya adalah karena ... .
a. mereka tidak sadar dengan keterbatasannya
b. mereka bergembira ria sampai lupa berterimakasih pada Yesus 
c. hanya satu orang saja yang bersyukur kepada-Nya
d. mereka menyangkal telah disembuhkan oleh Tuhan Yesus

50 Alasan orang dalam keadaan sakit, susah dan menderita tetap bersyukur adalah ... . 
a. dibalik susah , sakit, dan penderitaannya Tuhan tetap ada
b. dengan bersyukur Tuhan tidak akan menambah beban penderitaan mereka
c. usaha manusia untuk merayu Tuhan supaya melepaskannya dari penderitaan, sakit dan susahnya

No comments:

Post a Comment