Selamat Datang

Selamat Datang di Blog ini bersama R. Slamet Widiantono ------**------ TUHAN MEMBERKATI -----* KASIH ITU MEMBERIKAN DIRI BAGI SESAMA -----* JANGAN LUPA BAHAGIA -----* TERUS BERPIKIR POSITIF -----* SALAM DOA -----* slammy

Sunday, December 1, 2019

sebuah KISI PAK 9

NO
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR
LEVEL
BENTUK SOAL
NOMOR SOAL
3.1

Memahami tentang Allah yang senantiasa berusaha menyelamatkan semua orang, yang ditanggapi dengan beriman dan beragama
Menanggapi karya keselamatan Allah dengan beragama
Disajikan diskripsi, peserta didik dapat menyimpulkan  alasan manusia beragama
C6
Uraian
51
Menanggapi karya keselamatn Allah dengan beriman














Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya pengetahuan iman
C4
PG
1
Disajikan Kutipan Yak 2:15-17, peserta didik dapat menemukan pesan penting tentang iman  dari kutipan tersebut
C4
PG
2
Disajikan  kutipan Gaudium et spest Art. 14, peserta didik dapat  menemukan contoh perwujudan iman
C4
PG
3
Disajikan kutipan Kis 2:41-47, peserta didik dapat menemukan contoh cara mengembangkan iman dalam keluarga
C3
PG
4
Disajikan kutipan Kis 2:41-47, peserta didik dapat menemukan bentuk-bentuk perwujudan iman yang bersifat sosial
C3
PG
5
Disajikan diskripsi tentang aspek-aspek hidup beriman , peserta didik dapat mengemangkan aspek religius dari hidup beriman
C3
PG
6
3.2














Memahami praktik-praktik hidup beriman Kristiani dalam gereja Katolik
BerimanKristiani

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menemukan arti beriman sebagai orang kristiani sejati
C2
PG
7
Disajikan diskripsi tentang karya keselamatan Allah yang berpuncak dalam pribadi  Yesus Kristus, peserta didik dapat menemukan kekhasan iman kristiani
C4
PG
8
Disajikan diskripsi, peserta didik dapat Menyimpulkan  bahwa Yesus sebagai puncak perwahyuan diri Allah
C3
Uraian
52
Iman dan Kebersamaan dalam Jemaat
Peserta didik dapat menyebutkan buah-buah iman berdasarkan pengalaman hidup.
C1
PG
9
Peserta didik dapat menyebutkan factor pendukung dalam pengembangan iman
C1
PG
10
Maria teladan hidup beriman
Disajikan  ilustrasi tentang kehidupan Bunda Maria peserta didik dapat  sikap hidup yang dapat diwujudkan sesuai8 dengan teladan Bunda Maria
C2
PG
11
Disajikan teks Lukas 1: 38, peserta didik dapat  menemukan keteladanan Bunda Maria dalam teks Kitab tersebut.
C4
PG
12
Peserta didik dapat menjelaskan persatuan Bunda Maria dengan PutraNya dalam karya penyelamatan.
C2
PG
13
3.3.
Memahami ajaran Gereja dan Kitab Suci tentang hak dan kewajiban anggota jemaat beriman kristiani

Hak dan Kewajiban Anggota Gereja
Disajikan diskripsi terkait dengan hak dan kewajiban anggota Gereja , peserta didik dapat menemukan makna dari hak dan kewajiban anggota Gereja
C3
PG
14
Peserta didik dapat menemukan bahwa hak dan kewajiban sebagai anggota Gereja tertuang dalam 5 Perintah  Gereja
C2
PG
15
Disajikan kutipan  Kan. 209:1 peserta didik dapat menemukan bentuk keterlibatan kaum beriman kristiani.
C3
PG
16
Disajikan kutipan Kan.210, peserta didik dapat menemukan kewajibannya untuk ikut memajukan Gereja
C3
PG
17
Disajikan kutipan Kan.211, peserta didik dapat menemukan kewajibanya untuk ikut berjuang mewartakan karya keselamatan Allah
C3
PG
18
Peserta didik dapat menemukan kewajiban sebagai anggota gereja sekaligus anggota masyarakat.
C2
PG
19
Disajikan kutipan Markus 10:35-40, peserta didik dapat menyimpulkan makna dari bacaan tersebut
C4
PG
20
Peserta didik dapat menyebutkan hak sebagai anggota Gereja dalam bidang liturgi
C1
URAIAN
54
3.4





Memahami latarbelakang dan tujuan, serta pelbagai bentuk pelayanan Gereja di tengah
masyarakat

Hak dan Kewajiban dalam Masyarakat






Peserta didik dapat menyebutkan tanggungjawab sebagai anggota masyarakat berdasarkan Mat 22:15-22
C2
PG
21
Peserta didik dapat menyebutkan kewajiban sebagai warga Negara
C2
PG
22
Peserta didik dapat menyebutkan panggilannya untuk berperan dalam pelayanan masyarakat
C2
PG
23
Disajikan pernyataan Gaudium et Spes art.1, peserta didik dapat menemukan isi pesannya sehubungan dengan kewajiban orang beriman dalam masyarakat.
C4
PG
24
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan sikap yang benar dan bijaksana sebagai orang beriman dalam menuntut hak dalam masyarakat
C3
PG
25
Peserta didik dapat menemukan kewajiban sebagai perwujudan iman dalam hidup sehari-hari
C4
PG
26
Peserta didik dapat menyebutkan contoh kewajiban sebagai warga negara atau anggota masyarakat.
C1
URAIAN
53
3.5.
Memahami sikap dan pandangan Gereja  tentang  keluhuran martabat hidup  manusia.





Keluhuran martabat luhur manusia



















Di sajikan ilustrasi tentang situasi masyarakat saat ini, peserta didik dapat menyebutkan gagasan yang keliru tentang keluhuran martabat manusia dalam masyarakat.
C1
PG
27



















Peserta didik dapat menyebutkan contoh perendahan martabat luhur manusia.
C1
PG
28
Peserta didik dapat menjelaskan makna manusia sebagai citra Allah
C2
PG
29
Disajikan beberapa pernyataan tentang penyebab perendahan martabat manusia, peserta didik dapat menemukan penyebab terjadinya perendahan martabat luhur manusia.  
C4
PG
30
Disajikan ilustrasi pendek tentang perendahan martabat manusia, peserta didik dapat menjelaskan akibat dari perendahan martabat manusia
C2
PG
31
Disajikan artikel Gaudium Et Spes Art 12, peserta didik dapat menemukan  ajaran Gereja tentang keluhuran martabat luhur manusia.
C4
PG
32
Peserta didik dapat menyebutkan contoh tindakan Yesus dalam memperjuangkan keluhuran martabat Luhur manusia.
C1
Uraian
55
Peserta didik dapat menyebutkan tindakan Yesus terhadap Zakeus
C1
PG
33
Peserta didik dapat menjelaskan makna perlakuan Yesus terhadap Zakeus.
C2
PG
34


Mengembangkan budaya kehidupan
Peserta didik  dapat menjelaskan cara menghargai kehidupan.
C2
PG
35
Disajikan sebuah ilustrasi tentang kehidupan, peserta didik dapat menjelaskan alasan manusia menjalankan kehidupannya.
C2
PG
36
Disajikan  teks Kitan Suci Galatia 5: 16-26 , peserta didik dapat menemukan cara meperjuangkan hidup yang sehat.
C4
PG
37
Disajikan  ilustrasi kehidupan group band Jambrut, peserta didik dapat  menemukan pola hidup sehat
C2
PG
38
Peserta didik dapat menjelaskan dampak dari budaya kematian
C2
Uraian




Peserta didik dapat menjelaskan cara membela kehidupan secara konkrit
C2

39
Disajikan beberpa Pernyataan  tentang berbagai gerakan untuk membangun budaya kehidupan, peserta didik dapat memilih yang termasuk dalam budaya kehidupan tersebut.
C4
PG
40
Peserta didik dapat menjelaskan hidup menurut daging.
C2
PG
41
3.6
Memahami sikap dan pandangan Gereja tetntang keluhuran martabat hidup manusia
Keadilan dan kejujuran
Disajikan teks dari Yak 5:12, peserta didik dapat menunjukkan contoh kejujuran di sekolah,keluarga dan masyarakat
C2
PG
42
Disajikan kutipan teks Kitab Suci dari Injil Matius 5:37, peserta didik dapat menyebutkan usaha yang dapat dilakukan untuk memperjuangkan kejujuran dalam hidup sehari-hari
C1
PG
43
Peserta didik dapat mencontohkan kejujuran hidup dalam masyarakat.
C2
PG
44
Peserta didik dapat  menjelaskan pentingnya hidup dalam kejujuran
C2
PG
45
Peserta didik dapat menjelaskan arti keadilan menurut  iman kristiani
C2
PG
46
Peserta didik dapat menunjukkan contoh keadilan di masyarakat
C2
PG
47
Peserta didk dapat menunjukkan contoh tidak keadilan di sekolah

C2
PG
48
Disajikan ilustrasi cerita pendek tentang kehidupan, peserta didik dapat menemukan akibat dari ketidakjujuran.

C4
PG
49
Disajikan ilustrasi cerita pendek, peserta didik dapat menemukan contoh konkrit membangun sikap jujur di sekolah..
C4
PG
50

No comments:

Post a Comment