Selamat Datang

Selamat Datang di Blog ini bersama R. Slamet Widiantono ------**------ TUHAN MEMBERKATI -----* KASIH ITU MEMBERIKAN DIRI BAGI SESAMA -----* JANGAN LUPA BAHAGIA -----* TERUS BERPIKIR POSITIF -----* SALAM DOA -----* slammy

Sunday, December 1, 2019

sebuah KISI PAK 7

NO
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR SOAL
LEVEL Kognitif
BENTUK SOAL
NOMOR SOAL
3.1.
Memahami  keunikan diri sebagai citra Allah yang baik adanya

Aku Citra Allah yang unik
1.     
2.    Men
§  Disajikan  ciri-ciri yang menjadikan seseorang disebut unik, peserta didik diminta untuk menyebutkan mana yang termasuk keunikan manusia
C1
PG
1
§  Disajikan cerita peserta didik diminta untuk menunjukkan sikap positif yang  muncul dalam menghadapi keunikan seseorang
C1
PG
2
Tugasku sebagai Citra Allah

·         Disajikan ilustrasi singkat tentang keadaan alam, peserta didik menjelaska tindakan kasih sebagai bagian dari tugas sebagai citra Allah
C1
PG
3
·         Disajikan contoh kasus yang memprihatinkan peserta didik diminta menganalisis tindakan manusia yang bertentangan dengan keberadaannya sebagai citra Allah
C4
Uraian
51
·         Disajikan inti dari bacaan Kitab Suci  Kej. 1:26-30 peserta didik dapat merumuskan tugas manusia sebagai citra Allah.
C1
PG
4
·         Disajikan tabel ciri-ciri tindakan manusia yang sesuai dengan kehendak Allah dengan yang bertentangan dengan kehendak Allah peserta didik dapat mengurutkan mana yang sesuai dengan kehendak Allah
C3
PG
5
·         Disajikan pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi tugas manusia sebagai citra Allah saat di rumah
C1
PG
6
3.2.
Memahami  berbagai kemampuan dan keterbatasan dirinya



























Aku memiliki kemampuan
·         Disajikan pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai kemampuan yang dimiliki, baik menurut pandangan sendiri maupun orang lain.
C1
PG
7
·         Disajikan satu cerita peserta didik diminta mengidentifikasi sikap yang tepat terhadap kemampuan.

C2
PG
8
·         Disajikan pernyatan peserta didik diminta untuk mengindentifikasi sikap dalam mengembangkan kemampuan
C1
PG
9
·         Peserta didik dapat menulisakan cara mengembangkan bakat dan talenta
C1
Uraian
52
·         Disajikan satu cerita peserta didik diminta menganalisis sikap yang perlu dimiliki dalam usaha mengembangkan kemampuan.

C4
PG
10
·         Disajikan teks Kitab suci Matius 25:14-30 peserta didik diminta menjelaskan pesan kutipan tersebut berkaitan dengan upaya mengembangkan kemampuan.

C2
PG
11
Kemampuanku terbatas

§  Disajikan berbagai  keterbatasan manusia peserta didik mampu memilih berbagai keterbatasan yang dimiliki manusia
C.1
PG
12
§  Peserta didik mampu menjelaskan sikap positif dalam menghadapi keterbatasan manusia
C.2
PG
13
§  Disajikan contoh sseorang anak  mengalami keterbatasan, peserta didik mampu mengemukakan keterbatasan yang dialami anak tersebut
C.2
PG
14
§  Disajikan Teks Kitab Suci Luk 17: 11-17 Peserta didik mampu mengemukakan  sikap positif para murid Yesus dalam menghadapi keterbatasan diri mereka
C.3
PG
15
§  Peserta didik mampu mengemukakan sikap yang ditimbulkan jika tidak dapat menerima keterbatasan diri sendiri
C3
PG
16
Syukur sebagai Citra Allah
·         Peserta didik mampu menyebutkan kemampuan yang diberikan Tuhan kepada manusia agar dapat bersykur
C.1

17

·         Disajikan pernyataan peserta didik mampu mengurutkan  unsur-unsur yang membuat manusia mampu bersyuku
C3

18
·         Disajikan teks Kitab suci Luk 17: 11-17 Peserta didik mampu mengemukakan makna pesan teks kitab suci tersebut.
C3

19
·         Peserta didik mampu menyusun pengalaman biasa menjadi pengalaman iman sebagai sikap perbuatan syukur
C3
Uraian
55

·      Disajikan pernyataan peserta didik mampu  mengurutkan perwujudan dalam tindakan  nyata dalam mengungkapkan rasa syukur
C3

20
3.3.
Memahami sikap dan pandangan masyarakat  tentang kesederajatan perempuan dan laki-laki
Aku bangga sebagai perempuan dan laki-laki
§  Peserta didik mampu menguraikan ciri-ciri umum perempuan dan laki-laki
C1

21
§  Disajikan beberapa  gambar prilaku atau kebiasaan sehari-hari sehingga peserta didik mampu menentukan prilaku yang perlu dikembangkan agar menjadi pribadi perempuan atau laki-laki yang membanggakan.
C3

22
§  Peserta didik menjelaskan hal-hal yang patut dibangggakan sebagai perempuan atau laki-laki
C2

23

§  Disajikan kutipan dalam Kejadian 1: 26–27; 2: 18, 21–23. Peserta didik dapat mengemukakan pandangan Gereja tentang     perempuan atau laki-laki.
C3

24
§  Peserta didik menjelaskan pandangan Gereja tentang     perempuan atau laki-laki berdasarkan  Katekismus Gereja Katolik artikel 2333 dan 2334
C1

25


Perempuan dan laki-laki sederajat
§  Peserta didik menjelaskan maksud laki-laki dan perempuan sederajat
C1

26
§  Peserta didik menjelaskan contoh yang memperlihatkan kondisi sederajat antara perempuan dan laki-laki
C2
UR
53
§  Disajikan contoh kasus ketidaksederajatan antara perempuan dan laki-laki. Peserta didik mampu menunjukkkan bentuk kesederajatan.
C2
PG
27
§  Disajikan kutipan injil Yoh 8:2-11. Peserta didik dapat menjelaskan kesederajatan yang diperjuangkan Yesus
C2
PG
28
§  Peserta didik menyebutkan berbagai usaha untuk mengembangkan kesederajatan perempuan dan laki-laki.
C1
PG
29
§  Peserta didik dapat menjelaskan alas an perempuan dan laki-laki harus saling menghormati
C2
Uraian
54
3.4.
Memahami  berbagai cara mengembangkan seksualitas sebagai anugerah Allah demi kehidupan bersama
Mengembangkan diri sebagai perempuan dan laki-laki
§  Peserta didik dapat menjelaskan pengertian seksualitas.
C2
PG
30
§  Peserta didik dapat menerangkan bahwa seksualitas merupakan anugerah Allah
C1
PG
31
§  Disajikan KGK 2345 peserta didik dapat menemukan makna panggilan untuk mengembangkan diri sebagai perempuan atau lakil-laki
C2
PG
32
§  Peserta didik dapat menyebutkan berbagai cara mengembangkan seksualitas secara benar sebagai anugerah Allah
C1
PG
33
3.5.
Memahami  berbagai peran keluarga, sekolah, Gereja dan masyarakat dalam perkembangan dirinya

Peran Keluarga Bagi Hidupku
§  Peserta didik dapat menjelaskan latar belakang pentingnya peranan keluarga dalam perkembangan diri seseorang.
§   
C1


PG
34
§  Peserta didik dapat menjelaskan kedudukan orang tua sebagai pendidik yang utama dan pertama dalam keluarga
C2
PG
35
§  Disajikan GE art 3, peserta didik mampu menemukan peranan orang tua dalam pendidikan anak-anaknya.
C4
PG
36
§  Peserta didik mampu menunjukan teks Kitab Suci yang berakaitan dengan penghormatan pada orang tua
C1
PG
37
§  Peserta didik dapat menjelaskan kewajiban  anak terhadap \orang tua
C2
PG
38
§  Disajikan gambar tentang remaja yang tawuran, pesrta didik mampu  menemukan solusi jika terjadi disekitarnya.
C4
PG
39
Peran sekolah dalam perkembanganku
§  Peserta didik dapat menjelaskan manfaat hidup bersama dilingkungan sekolah
C2
PG
40
§  Peserta didik dapat menjelaskan peranan sekolah dalam perkembangan kepribadiannya.
C2
PG
41
§  Peserta didik dapat menjelaskan peranan guru bagi perkembangan pribadinya.
C2
PG
42
§  Peserta didik dapat menjelaskan pengaruh kehidupan bersama dalam di sekolah dalam dirinya.
C1
PG
43
Peran Gereja Dalam Perkembanganku
§  Peserta didik dapat menjelaskan peran gereja terhadap perkembangan seorang anak.
C2
PG
44
§  Peserta didik dapat menyebutkan kegiatan  remaja di gereja Katolik.
C1
PG
45
·         Disajikan pernyataan pengembangan iman, peserta didik dapat memilih cara mengembangkan iman.
C2
P;G
46
Peran Masyarakat dalam Perkembanganku
·         Peserta didik mampu menjelaskan ciri khas masyarakat Jawa.
C1
PG
47


·         Peserta didik mampu menjelaskan dampaka masyarakat yang individualistis.
C1
PG
48
·         Peserta didik dapat menunjukkan peran masyarakat dalam perkembangan pribadinya
C2
PG
49
·         Disajikan  GS Art 25, pesrta didik menemukan sikap yang baik sebagai warga masyarakat.
C4
PG
50

No comments:

Post a Comment