NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR SOAL
|
LEVEL Kognitif
|
BENTUK SOAL
|
NOMOR SOAL
|
3.1.
|
Memahami keunikan diri sebagai citra Allah yang baik adanya
|
Aku Citra Allah yang unik
1.
2.
Men
|
§ Disajikan
ciri-ciri yang menjadikan seseorang disebut unik, peserta didik
diminta untuk menyebutkan mana yang termasuk keunikan manusia
|
C1
|
PG
|
1
|
§ Disajikan cerita peserta didik diminta untuk menunjukkan sikap positif
yang muncul dalam menghadapi keunikan
seseorang
|
C1
|
PG
|
2
|
|||
Tugasku sebagai Citra Allah
|
·
Disajikan ilustrasi singkat tentang keadaan
alam, peserta didik menjelaska tindakan kasih sebagai bagian dari tugas
sebagai citra Allah
|
C1
|
PG
|
3
|
||
·
Disajikan contoh kasus yang memprihatinkan
peserta didik diminta menganalisis tindakan manusia yang bertentangan dengan
keberadaannya sebagai citra Allah
|
C4
|
Uraian
|
51
|
|||
·
Disajikan inti dari bacaan
Kitab Suci Kej. 1:26-30 peserta didik
dapat merumuskan tugas manusia sebagai citra Allah.
|
C1
|
PG
|
4
|
|||
·
Disajikan tabel ciri-ciri
tindakan manusia yang sesuai dengan kehendak Allah dengan yang bertentangan
dengan kehendak Allah peserta didik dapat mengurutkan mana yang sesuai dengan
kehendak Allah
|
C3
|
PG
|
5
|
|||
·
Disajikan pernyataan peserta didik dapat
mengidentifikasi tugas manusia sebagai citra Allah saat di rumah
|
C1
|
PG
|
6
|
|||
3.2.
|
Memahami berbagai kemampuan dan keterbatasan dirinya
|
Aku memiliki
kemampuan
|
·
Disajikan pernyataan peserta didik dapat
mengidentifikasi berbagai kemampuan yang dimiliki, baik menurut pandangan
sendiri maupun orang lain.
|
C1
|
PG
|
7
|
·
Disajikan satu cerita peserta didik
diminta mengidentifikasi sikap yang tepat terhadap kemampuan.
|
C2
|
PG
|
8
|
|||
·
Disajikan pernyatan peserta didik diminta
untuk mengindentifikasi sikap dalam mengembangkan kemampuan
|
C1
|
PG
|
9
|
|||
·
Peserta didik dapat menulisakan cara mengembangkan
bakat dan talenta
|
C1
|
Uraian
|
52
|
|||
·
Disajikan satu cerita peserta didik
diminta menganalisis sikap yang perlu dimiliki dalam usaha mengembangkan
kemampuan.
|
C4
|
PG
|
10
|
|||
·
Disajikan teks Kitab suci Matius 25:14-30
peserta didik diminta menjelaskan pesan kutipan tersebut berkaitan dengan
upaya mengembangkan kemampuan.
|
C2
|
PG
|
11
|
|||
Kemampuanku
terbatas
|
§ Disajikan berbagai keterbatasan
manusia peserta didik mampu memilih berbagai keterbatasan yang dimiliki
manusia
|
C.1
|
PG
|
12
|
||
§ Peserta didik mampu menjelaskan sikap positif dalam menghadapi
keterbatasan manusia
|
C.2
|
PG
|
13
|
|||
§ Disajikan contoh sseorang anak
mengalami keterbatasan, peserta didik mampu mengemukakan keterbatasan
yang dialami anak tersebut
|
C.2
|
PG
|
14
|
|||
§ Disajikan Teks Kitab Suci Luk 17: 11-17 Peserta didik mampu
mengemukakan sikap positif para murid
Yesus dalam menghadapi keterbatasan diri mereka
|
C.3
|
PG
|
15
|
|||
§ Peserta didik mampu mengemukakan sikap yang ditimbulkan jika tidak dapat
menerima keterbatasan diri sendiri
|
C3
|
PG
|
16
|
|||
Syukur sebagai Citra Allah
|
·
Peserta didik mampu menyebutkan
kemampuan yang diberikan Tuhan kepada manusia agar dapat bersykur
|
C.1
|
|
17
|
||
|
·
Disajikan pernyataan peserta
didik mampu mengurutkan unsur-unsur
yang membuat manusia mampu bersyuku
|
C3
|
|
18
|
||
·
Disajikan teks Kitab suci Luk 17:
11-17 Peserta didik mampu mengemukakan makna pesan teks kitab suci tersebut.
|
C3
|
|
19
|
|||
·
Peserta didik mampu menyusun
pengalaman biasa menjadi pengalaman iman sebagai sikap perbuatan syukur
|
C3
|
Uraian
|
55
|
|||
|
·
Disajikan pernyataan peserta didik mampu mengurutkan perwujudan dalam tindakan nyata dalam mengungkapkan rasa syukur
|
C3
|
|
20
|
||
3.3.
|
Memahami sikap dan pandangan masyarakat
tentang kesederajatan perempuan dan laki-laki
|
Aku bangga sebagai perempuan dan laki-laki
|
§ Peserta
didik mampu menguraikan ciri-ciri umum perempuan dan laki-laki
|
C1
|
|
21
|
§ Disajikan
beberapa gambar prilaku atau kebiasaan
sehari-hari sehingga peserta didik mampu menentukan prilaku yang perlu
dikembangkan agar menjadi pribadi perempuan atau laki-laki yang membanggakan.
|
C3
|
|
22
|
|||
§ Peserta
didik menjelaskan hal-hal yang patut dibangggakan sebagai perempuan atau
laki-laki
|
C2
|
|
23
|
|||
|
§ Disajikan
kutipan dalam Kejadian 1: 26–27; 2: 18, 21–23. Peserta didik dapat
mengemukakan pandangan Gereja tentang
perempuan atau laki-laki.
|
C3
|
|
24
|
||
§ Peserta
didik menjelaskan pandangan Gereja tentang
perempuan atau laki-laki berdasarkan
Katekismus Gereja Katolik artikel 2333 dan 2334
|
C1
|
|
25
|
|||
|
|
Perempuan dan laki-laki sederajat
|
§ Peserta
didik menjelaskan maksud laki-laki dan perempuan sederajat
|
C1
|
|
26
|
§ Peserta
didik menjelaskan contoh yang memperlihatkan kondisi sederajat antara
perempuan dan laki-laki
|
C2
|
UR
|
53
|
|||
§ Disajikan
contoh kasus ketidaksederajatan antara perempuan dan laki-laki. Peserta didik
mampu menunjukkkan bentuk kesederajatan.
|
C2
|
PG
|
27
|
|||
§ Disajikan
kutipan injil Yoh 8:2-11. Peserta didik dapat menjelaskan kesederajatan yang
diperjuangkan Yesus
|
C2
|
PG
|
28
|
|||
§ Peserta
didik menyebutkan berbagai usaha untuk mengembangkan kesederajatan perempuan
dan laki-laki.
|
C1
|
PG
|
29
|
|||
§ Peserta
didik dapat menjelaskan alas an perempuan dan laki-laki harus saling
menghormati
|
C2
|
Uraian
|
54
|
|||
3.4.
|
Memahami berbagai cara mengembangkan seksualitas sebagai anugerah Allah demi
kehidupan bersama
|
Mengembangkan
diri sebagai perempuan dan laki-laki
|
§ Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian seksualitas.
|
C2
|
PG
|
30
|
§ Peserta
didik dapat menerangkan bahwa seksualitas merupakan anugerah Allah
|
C1
|
PG
|
31
|
|||
§ Disajikan
KGK 2345 peserta didik dapat menemukan makna panggilan untuk mengembangkan
diri sebagai perempuan atau lakil-laki
|
C2
|
PG
|
32
|
|||
§ Peserta
didik dapat menyebutkan berbagai cara mengembangkan seksualitas secara benar
sebagai anugerah Allah
|
C1
|
PG
|
33
|
|||
3.5.
|
Memahami berbagai peran keluarga, sekolah,
Gereja dan masyarakat dalam perkembangan dirinya
|
Peran
Keluarga Bagi Hidupku
|
§ Peserta
didik dapat menjelaskan latar belakang pentingnya peranan keluarga dalam
perkembangan diri seseorang.
§
|
C1
|
PG
|
34
|
§ Peserta didik dapat menjelaskan kedudukan orang tua sebagai pendidik yang
utama dan pertama dalam keluarga
|
C2
|
PG
|
35
|
|||
§ Disajikan
GE art 3, peserta didik mampu menemukan peranan orang tua dalam pendidikan
anak-anaknya.
|
C4
|
PG
|
36
|
|||
§ Peserta
didik mampu menunjukan teks Kitab Suci yang berakaitan dengan penghormatan
pada orang tua
|
C1
|
PG
|
37
|
|||
§ Peserta
didik dapat menjelaskan kewajiban anak
terhadap \orang tua
|
C2
|
PG
|
38
|
|||
§ Disajikan
gambar tentang remaja yang tawuran, pesrta didik mampu menemukan solusi jika terjadi disekitarnya.
|
C4
|
PG
|
39
|
|||
Peran
sekolah dalam perkembanganku
|
§ Peserta
didik dapat menjelaskan manfaat hidup bersama dilingkungan sekolah
|
C2
|
PG
|
40
|
||
§ Peserta
didik dapat menjelaskan peranan sekolah dalam perkembangan kepribadiannya.
|
C2
|
PG
|
41
|
|||
§ Peserta
didik dapat menjelaskan peranan guru bagi perkembangan pribadinya.
|
C2
|
PG
|
42
|
|||
§ Peserta
didik dapat menjelaskan pengaruh kehidupan bersama dalam di sekolah dalam
dirinya.
|
C1
|
PG
|
43
|
|||
Peran Gereja
Dalam Perkembanganku
|
§ Peserta
didik dapat menjelaskan peran gereja terhadap perkembangan seorang anak.
|
C2
|
PG
|
44
|
||
§ Peserta
didik dapat menyebutkan kegiatan
remaja di gereja Katolik.
|
C1
|
PG
|
45
|
|||
·
Disajikan pernyataan pengembangan iman,
peserta didik dapat memilih cara mengembangkan iman.
|
C2
|
P;G
|
46
|
|||
Peran
Masyarakat dalam Perkembanganku
|
·
Peserta didik mampu menjelaskan ciri khas
masyarakat Jawa.
|
C1
|
PG
|
47
|
||
|
|
·
Peserta didik
mampu menjelaskan dampaka masyarakat yang individualistis.
|
C1
|
PG
|
48
|
|
·
Peserta didik dapat menunjukkan peran
masyarakat dalam perkembangan pribadinya
|
C2
|
PG
|
49
|
|||
·
Disajikan
GS Art 25, pesrta didik menemukan sikap yang baik sebagai warga
masyarakat.
|
C4
|
PG
|
50
|
Selamat Datang
Sunday, December 1, 2019
sebuah KISI PAK 7
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment