Selamat Datang

Selamat Datang di Blog ini bersama R. Slamet Widiantono ------**------ TUHAN MEMBERKATI -----* KASIH ITU MEMBERIKAN DIRI BAGI SESAMA -----* JANGAN LUPA BAHAGIA -----* TERUS BERPIKIR POSITIF -----* SALAM DOA -----* slammy

Saturday, October 3, 2020

RPP X SUARA HATI

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4

( RPP 4 )

 

Sekolah                               : SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN

Mata  Pelajaran                : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti

Kelas/Semester               : X /1

Materi pokok                    : Suara Hati

Alokasi waktu                   : 1  Pertemuan  ( 3 JP )

 

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN:

1)      Peserta didik mampu membiasakan diri untuk  bersyukur kepada Allah atas karunia suara hati untuk  bertindak secara benar dan tepat

2)      Peserta didik mampu  memilih  sikap disiplin terhadap  suara hati dan  dapat bertindak secara benar dan tepat

3)      Peserta didik mampu Memahami peran dan fungi suara hati sehingga   dapat bertindak secara benar dan tepat

4)      Peserta didik mampu melakukan aktivitas  (misalnya menuliskan refleksi / menuliskan doa / menuliskan puisi)  tentang  suara hati untuk  dapat bertindak secara benar dan tepat

 

B.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:

 

NO

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

1

Kegiatan Awal

·         Guru mengucapkan salam kepada peserta didik lewat WhatsApp Group

·         Guru mengajak peserta didik lewat WhatsApp Group untuk memulai kegiatan pembelajaran dengan Doa

·         Guru mengajak peserta didik masuk dalam GCR lewat WhatsApp Group

·         Guru mengajak peserta didik mengisi absen dalam GCR lewat WhatsApp Group

 

 

 

20 menit

2

Kegiatan Inti

·         Guru mengajak masuk peserta didik lewat WhatsApp Group untuk melihat dan memepelajari ringkasan materi/modul tentang Suara Hati yang sudah dikirim oleh Guru Mata Pelajaran melalui GCR.

·         Guru mengajak masuk peserta didik lewat WhatsApp Group untuk melihat dan memepelajari ringkasan LKPD tentang Suara Hati yang sudah dikirim oleh Guru Mata Pelajaran melalui GCR.

·         Peserta didik secara mandiri mengerjakan latihan soal tentang materi Suara Hati lewat LKPD/modul yang sudah dikirim oleh Guru Mata Pelajaran melalui GCR.

·         Guru memberi kesempatan peserta didik untuk bertanya tentang materi Suara Hati apabila mengalami kendala atau kesulitan dalam mempelajari materi dan pengerjaan tugas.

·         Guru memberikan tanggapan tentang kendala atau kesulitan yang dialami oleh peserta didik.

·         Guru menyampaikan secara keseluruhan peneguhan dari materi Suara Hati

 

 

 

 

 

 

 

 

 

100 menit

3

Kegiatan Akhir

·         Guru memotivasi peserta didik untuk mendalami materi Suara Hati dan menyelesaikan tugas yang ada di LKPD tepat waktu.

·         Guru mengajak peserta didik untuk tetap menjaga protocol kesehatan dan kebersihan serta kesehatan diri.

·         Guru mengajak peserta didik untuk menutup kegiatan pembelajaran dengan Doa

 

 

15 menit

            


 

C.      PENILAIAN

 

1.       Penilaian Sikap

 

a.       Sikap spiritual

No

Teknik

Bentuk Instrumen

Waktu

Pelaksanaan

Keterangan

1.

Observasi

Jurnal

Saat pembelajaran DARING (WhatsApp dan GCR)

berlangsung

Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

 

b.      Sikap Sosial

 

No

Teknik

Bentuk Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1.

Observasi

Jurnal

Saat pembelajaran DARING (WhatsApp dan GCR)

berlangsung

Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

 

 

2. Penilaian Pengetahuan

 

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1.

Tertu

lis

Pertanyaan dan atau tugas tertulis berbentuk pilihan ganda

Terlampir

Setelahpembelajaran pembelajaran DARING (WhatsApp dan GCR) selesai

Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)

2.

Penu

gasan

Pertanyaan dan atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan, isian, dan atau lainnya

Terlampir

Setelah pembelajaran pembelajaran DARING (WhatsApp dan GCR) selesai

Penilaian

untuk

pembelajaran

(assessment for

learning) dan

sebagai

pembelajaran

(assessment as

learning)

     

 

3. Penilaian Keterampilan

 

No

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

 

1.

 

 

Produk

 

Tugas (keterampilan)

 

 

Terlampir

Saat pembelajaran pembelajaran DARING (WhatsApp dan GCR) berlangsung atau setelah usai

Penilaian untuk, sebagai,atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)

 

 

No comments:

Post a Comment