RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4
( RPP 4 )
Sekolah :
SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Kelas/Semester :
X /1
Materi pokok :
Suara Hati
Alokasi waktu :
1 Pertemuan ( 3 JP )
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN:
1) Peserta
didik mampu membiasakan diri untuk
bersyukur kepada Allah atas karunia suara hati untuk bertindak secara benar dan tepat
2) Peserta
didik mampu memilih sikap disiplin terhadap suara hati dan dapat bertindak secara benar dan tepat
3) Peserta
didik mampu Memahami peran dan fungi suara hati sehingga dapat bertindak secara benar dan tepat
4) Peserta
didik mampu melakukan aktivitas (misalnya menuliskan refleksi / menuliskan doa
/ menuliskan puisi) tentang suara hati untuk dapat bertindak secara benar dan tepat
B. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN:
NO |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
1 |
Kegiatan
Awal ·
Guru mengucapkan salam kepada peserta didik lewat WhatsApp Group ·
Guru mengajak peserta didik lewat WhatsApp Group untuk memulai
kegiatan pembelajaran dengan Doa ·
Guru mengajak peserta didik masuk dalam GCR lewat WhatsApp Group ·
Guru mengajak peserta didik mengisi absen dalam GCR lewat WhatsApp
Group |
20 menit |
2 |
Kegiatan
Inti ·
Guru mengajak masuk peserta didik lewat WhatsApp Group untuk
melihat dan memepelajari ringkasan materi/modul tentang Suara Hati yang sudah dikirim oleh Guru Mata Pelajaran
melalui GCR. ·
Guru mengajak masuk peserta didik lewat WhatsApp Group untuk
melihat dan memepelajari ringkasan LKPD tentang Suara Hati yang sudah dikirim oleh Guru Mata Pelajaran
melalui GCR. ·
Peserta didik secara mandiri mengerjakan latihan
soal tentang materi Suara Hati lewat LKPD/modul yang sudah dikirim oleh Guru Mata Pelajaran
melalui GCR. ·
Guru memberi kesempatan peserta didik untuk
bertanya tentang materi Suara Hati apabila
mengalami kendala atau kesulitan dalam mempelajari materi dan pengerjaan
tugas. ·
Guru
memberikan tanggapan tentang kendala atau kesulitan yang dialami oleh peserta
didik. ·
Guru
menyampaikan secara keseluruhan peneguhan dari materi Suara Hati |
100 menit |
3 |
Kegiatan
Akhir ·
Guru memotivasi peserta didik untuk mendalami
materi Suara Hati dan menyelesaikan tugas yang ada di LKPD
tepat waktu. ·
Guru mengajak peserta didik untuk tetap menjaga protocol kesehatan dan
kebersihan serta kesehatan diri. ·
Guru mengajak peserta didik untuk menutup kegiatan pembelajaran dengan
Doa |
15 menit |
C.
PENILAIAN
1.
Penilaian
Sikap
a.
Sikap
spiritual
No |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1. |
Observasi |
Jurnal |
Saat pembelajaran DARING (WhatsApp dan GCR) berlangsung |
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning) |
b.
Sikap
Sosial
No |
Teknik |
Bentuk
Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1. |
Observasi |
Jurnal |
Saat pembelajaran DARING (WhatsApp dan GCR) berlangsung |
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning) |
2. Penilaian Pengetahuan
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1. |
Tertu lis |
Pertanyaan dan atau tugas tertulis berbentuk
pilihan ganda |
Terlampir |
Setelahpembelajaran pembelajaran DARING (WhatsApp
dan GCR) selesai |
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning) |
2. |
Penu gasan |
Pertanyaan dan
atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan,
isian, dan atau lainnya |
Terlampir |
Setelah
pembelajaran pembelajaran
DARING (WhatsApp dan GCR) selesai |
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for
learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning) |
3. Penilaian Keterampilan
No |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh
Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1. |
Produk |
Tugas (keterampilan) |
Terlampir |
Saat pembelajaran pembelajaran
DARING (WhatsApp dan GCR) berlangsung atau setelah
usai |
Penilaian untuk, sebagai,atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning) |
No comments:
Post a Comment