1 | ”Arti dan Makna Gereja” menurut ekklesiologi sesudah Konsili Vatikan II adalah .... | ||||||||
a. Gereja adalah Umat Allah, semua anggota terlibat dalam pewartaan kristus. | |||||||||
b. tempat umat Allah berkumpul dan berdoa. | |||||||||
c. persekutuan umat | |||||||||
d. tempat umat Allah berdoa dan mencari keselamatan. | |||||||||
e. kumpulan orang-orang yang akan melakukan kegiatan misioner. | |||||||||
2 | Menurut pandangan ekklesiologi sebelum Konsili Vatikan II, Gereja bersifat .... | ||||||||
a. diam | |||||||||
b. beku | |||||||||
c. hidup | |||||||||
d. aklamatis | |||||||||
e. organisatoris | |||||||||
3 | Gereja yang ciri ”inter tempora” berarti perkembangan Gereja berasal dari .... | ||||||||
a. dorongan hirarki. | |||||||||
b. dorongan umat. | |||||||||
c. dorongan Roh Kudus. | |||||||||
d. dorongan Konsili Vatikan II. | |||||||||
e. dorongan Paus | |||||||||
4 | Berdasarkan perkembangan ”Sejarah Keselamatan Gereja” yang perlu mendapat penekanan dalam Gereja adalah .... | ||||||||
a. segi organisasi. | |||||||||
b. segi materi. | |||||||||
c. segi dogmatis. | |||||||||
d. segi karisma. | |||||||||
e. segi pastoral. | |||||||||
5 | Pandangan ”Gereja masa kini” sesuai semangat Konsili Vatikan II, dalam keseluruhan Gereja, hirarki memiliki fungsi .... | ||||||||
a. fungsi organisatoris. | |||||||||
b. fungsi kepemimpinan. | |||||||||
c. fungsi keteladanan. | |||||||||
d. fungsi pengutusan. | |||||||||
e. fungsi pelayanan. | |||||||||
6 | Konsili Vatikan II menempatkan hirarki memiliki fungsi pelayanan, maka hirarki berada .... | ||||||||
a. di atas umat. | |||||||||
b. di bawah umat. | |||||||||
c. di samping umat. | |||||||||
d. di dalam umat. | |||||||||
e. di depan umat. | |||||||||
7 | Paham ”Gereja Umat Allah” dipopulerkan kembali oleh Konsili Vatikan II, karena Gereja Katolik terlalu bersifat terlalu .... | ||||||||
a. hirarkis. | |||||||||
b. suci. | |||||||||
c. profan. | |||||||||
d. mengumat. | |||||||||
e. sekular. | |||||||||
8 | Paham Gereja sebagai Umat Allah berdasar pada pengalaman iman Bangsa Israel sebagai ..... | ||||||||
a. orang pilihan. | |||||||||
b. manusia unggul. | |||||||||
c. orang terpanggil. | |||||||||
d. bangsa terpilih. | |||||||||
e. anak Abraham. | |||||||||
9 | Gereja terlalu hirarkis, artinya Gereja didominasi oleh .... | ||||||||
a. kaum awam. | |||||||||
b. kaum klerus (tertahbis). | |||||||||
c. kaum biarawan/biarawati. | |||||||||
d. kau rohaniwan. | |||||||||
e. kaum spiritualis. | |||||||||
10 | Paham Gereja Umat Allah mengakui kesamaan martabat dan peran semua anggota Gereja, mereka berbeda dalam hal .... | ||||||||
a. fungsi. | |||||||||
b. pandangan. | |||||||||
c. kedudukan. | |||||||||
d. pangkat. | |||||||||
e. jabatan. | |||||||||
11 | Gereja Umat Allah berada dalam peziarahan menuju ke rumah Bapa. Berikut adalah ciri-ciri Umat Allah kecuali .... | ||||||||
a. bangsa terpilih. | |||||||||
b. bangsa terpanggil. | |||||||||
c. bangsa terpanggil untuk misi tertentu. | |||||||||
d. bangsa dalam perjalanan ke tanah terjanji. | |||||||||
e. bangsa yang harus dipertobatkan. | |||||||||
12 | Hubungan antara Allah dan Umat-Nya ditandai dengan suatu .... | ||||||||
a. perjamuan. | |||||||||
b. perjanjian. | |||||||||
c. perayaan. | |||||||||
d. deklarasi. | |||||||||
e. promulgasi. | |||||||||
13 | Dokumen-dokumen Gereja memberikan kiasan Umat Allah berada dalam perjalanan menuju Tanah Terjanji melalui .... | ||||||||
a. sungai Yordan. | |||||||||
b. Laut Merah. | |||||||||
c. padang Gurun. | |||||||||
d. Gunung Sinai. | |||||||||
e. Laut Mati. | |||||||||
14 | Umat Allah mempunyai panggilan khusus, yaitu .... | ||||||||
a. menyelamatkan anak manusia. | |||||||||
b. menyelamatkan dunia. | |||||||||
c. menebus dunia. | |||||||||
d. menebus dosa. | |||||||||
e. mendampingi manusia. | |||||||||
15 | Pengertian Gereja sebagai Umat Allah dimunculkan pada saat yang tepat, karena menjelang Konsili Vatikan II Gereja cenderung menjadi .... | ||||||||
a. sangat sekular. | |||||||||
b. profan. | |||||||||
c. sangat organisatoris. | |||||||||
d. hirarkis. | |||||||||
e. spiritual. | |||||||||
16 | Sekarang kita kembali pada ”Gereja Purba”, yang dimaksud dengan ”Gereja Purba” adalah .... | ||||||||
a. Gereja Ortodok. | |||||||||
b. Gereja Katolik Roma. | |||||||||
c. Gereja Anglikan. | |||||||||
d. Gereja Para Rasul. | |||||||||
e. Gereja Yunani. | |||||||||
17 | Gereja berbentuk piramidal menunjukkan Gereja yang bersifat .... | ||||||||
a. institusional. | |||||||||
b. komunal. | |||||||||
c. ortodoks. | |||||||||
d. ortopraksi. | |||||||||
e. reformis. | |||||||||
18 | Gereja berbentuk lingkaran menunjukkan gereja yang bersifat .... | ||||||||
a. mengumat. | |||||||||
b. hirarkis. | |||||||||
c. feodal. | |||||||||
d. komunal | |||||||||
e. sakral. | |||||||||
19 | Konsekuensi dari Gereja yang mengumat bagi hirarki adalah .... | ||||||||
a. menyadari kesatuan dengan umat lain. | |||||||||
b. aktif dalam kegiatan menjemaat. | |||||||||
c. awam dan hirarki mempunyai martabat yang sama. | |||||||||
d. menyadari tugas dan fungsi pemimpin adalah melayani. | |||||||||
20 | Orang yang ditahbiskan untuk tugas penggembalaan dan menjadi pemimpin serta pemersatu umat dan memperoleh tanda efektif dan nyata dari otoritas Kristus sebagai kepala umat adalah .... | ||||||||
a. hierarki. | |||||||||
b. Uskup. | |||||||||
c. bruder. | |||||||||
d. frater. | |||||||||
e. diakon. | |||||||||
21 | Tata urutan atau susunan organisasi kepemimpinan Gereja disebut .... | ||||||||
a. monarki. | |||||||||
b. keuskupan. | |||||||||
c. hirarki. | |||||||||
d. seminari. | |||||||||
e. kepausan. | |||||||||
22 | Berikut adalah tugas dari hirarki kecuali .... | ||||||||
a. menjalankan tugas Gerejani. | |||||||||
b. memimpin umat dalam komunikasi iman. | |||||||||
c. memimpin perayaan Ekaristi. | |||||||||
d. memandikan dan memimpin ibadat kematian. | |||||||||
e. mewartakan sabda dan menerimakan Sakramen Baptis. | |||||||||
23 | Umat yang dengan rela hati mengucapkan kaul Kemiskinan, Ketaatan dan Kemurnian demi mengabdi kepada Allah adalah .... | ||||||||
a. Pemimpin Gereja. | |||||||||
b. Awam. | |||||||||
c. Imam. | |||||||||
d. Diakon. | |||||||||
e. Biarawan/Biarawati. | |||||||||
24 | Kaum awam dalam Gereja Katolik adalah .... | ||||||||
a. semua orang beriman kristiani yang tidak termasuk dalam golongan tertahbis. | |||||||||
b. semua orang beriman kristen. | |||||||||
c. pengikut Yesus Kristus yang sangat setia. | |||||||||
d. pengikut Yesus yang menghayati kaul kebiaraan. | |||||||||
e. pengikut Yesus yang sangat loyal. | |||||||||
25 | Tempat tinggal umat beriman Kristen yang mengikrarkan kaul kebiaran disebut …. | ||||||||
a. asrama. | |||||||||
b. biara. | |||||||||
c. pastoran. | |||||||||
d. kapel. | |||||||||
e. Gereja. | |||||||||
26 | Di bawah ini merupakan ciri kehidupan Gereja Purba, kecuali .... | ||||||||
a. sehati sejiwa. | |||||||||
b. segala kepunyaan adalah milik bersama. | |||||||||
c. segala kepunyaan adalah milik pribadi. | |||||||||
d. hidup dalam kasih karunia yang melimpah. | |||||||||
e. tidak seorangpun berkekurangan. | |||||||||
27 | Semangat dasar yang perlu menjadi teladan bagi umat sekarang dari cara hidup Jemaat Perdana adalah .... | ||||||||
a. kerukunan dalam beribadah. | |||||||||
b. tatacara beribadat yang megah dan bersemangat. | |||||||||
c. ketertiban dalam menjalankan ajaran Yesus. | |||||||||
d. kesetiakawanan sosial. | |||||||||
e. keprihatinan terhadap kaum yang lemah dan teraniaya. | |||||||||
28 | Gereja hadir di dunia bukan untuk dirinya sendiri tetapi untuk .... | ||||||||
a. menyemarakkan dunia. | |||||||||
b. ikut mewarnai dunia. | |||||||||
c. menertibkan dunia. | |||||||||
d. membangun dunia. | |||||||||
e. menyalamatkan dunia. | |||||||||
29 | Gereja sebagai Sakramen dunia mengandung makna bahwa Gereja menjadi .... | ||||||||
a. tanda dan sarana kehadiran Allah dalam menyelamatkan alam semesta. | |||||||||
b. simbol kehadiran Allah. | |||||||||
c. sarana Allah menebus dosa manusia. | |||||||||
d. jalan keselamatan. | |||||||||
e. sumber keselamatan dunia. | |||||||||
30 | Gereja bersifat terbuka, maksudnya adalah .... | ||||||||
a. bersedia berdialog dengan pemuka-pemuka agama. | |||||||||
b. bersedia berdialog dengan siapa saja yang berkehendak baik. | |||||||||
c. bersedia berdialog dengan tokoh-tokoh masyarakat. | |||||||||
d. bersedia berdialog dengan para pemimpin negara. | |||||||||
e. bersedia berdialog dengan para tokoh kebudayaan. | |||||||||
31 | Menangani pengungsi kurban bencana alam, perang merupakan bentuk nyata keterbukaan Gereja untuk menjalin .... | ||||||||
a. kerjasama dan kesetiakawanan sosial. | |||||||||
b. kerjasama dan dialog antar pemuka agama. | |||||||||
c. kerjasama dan dialog karya. | |||||||||
d. kerjasama dan dialog antar pemimpin masyarakat. | |||||||||
e. kerjasama gotong royong. | |||||||||
32 | Konsili Vatikan II sebagai tonggak sejarah baru kehidupan Gereja dibuka oleh .... | ||||||||
a. Paus Pius XIII. | |||||||||
b. Paus Yohanes Paulus II | |||||||||
c. Paus Paulus VI. | |||||||||
d. Paus Yohanes XXIII. | |||||||||
e. Paus Benedictus XVI. | |||||||||
33 | Ajakan ”Aggiornamento” yang diserukan Paus Yohanes XXIII pada tahun 1962 berarti Gereja harus senantiasa .... | ||||||||
a. terbuka. | |||||||||
b. kudus. | |||||||||
c. satu. | |||||||||
d. menjaga wibawa. | |||||||||
e. memperbarui diri. | |||||||||
34 | Yesus memilih Petrus sebagai pemimpin Dewan Para Rasul walaupun ia sering kali ceroboh dan temperamental karena .... | ||||||||
a. Petrus anak Yohanes. | |||||||||
b. Petrus adalah gembala yang baik. | |||||||||
c. Petrus mempunyai iman yang teguh. | |||||||||
d. Petrus dikasihi oleh Tuhan. | |||||||||
e. Janji Tuhan kepada umat-Nya. | |||||||||
35 | Yang dimaksud dengan kata ”KONSILI” Sidang Agung adalah .... | ||||||||
a. Para Kardinal. | |||||||||
b. Uskup-Uskup seluruh dunia. | |||||||||
c. Agung pemilihan Paus. | |||||||||
d. Gereja-Gereja seluru dunia. | |||||||||
e. pemilihan Kardinal. | |||||||||
36 | Konsili yang disebut sebagai “Karya Roh Kudus Abad ini” adalah …. | ||||||||
a. Konsili Trente. | |||||||||
b. Konsili Nicea. | |||||||||
c. Konsili Vatikan II. | |||||||||
d. Konsili Vatikan I. | |||||||||
e. Konsili Kalsedon. | |||||||||
37 | Pemimpin tertinggi umat katolik seluruh dunia saat ini adalah …. | ||||||||
a. Paus Fransiskus | |||||||||
b. Paus Fransiskus Asisi | |||||||||
c. Paus Yohanes XXIII. | |||||||||
d. Paus Benediktus XVI. | |||||||||
e. Paus Bernardinus XVI. | |||||||||
38 | Dewan Para Rasul pada jaman Gereja Perdana sekarang ini digantikan oleh .... | ||||||||
a. Dewan Para Uskup. | |||||||||
b. Dewan Kardinal. | |||||||||
c. Dewsan Imam. | |||||||||
d. Dewan Paroki. | |||||||||
e. Dewan Perwakilan Umat. | |||||||||
39 | Dalam Gereja saat ini yang disebut sebagai pengganti Petrus adalah …. | ||||||||
a. Imam. | |||||||||
b. Prodiakon. | |||||||||
c. Uskup Agung Roma | |||||||||
d. Uskup. | |||||||||
e. Hirarki. | |||||||||
40 | Yang dimaksud dengan Iman Agung Roma dan pengganti Petrus adalah…. | ||||||||
a. Uskup Agung. | |||||||||
b. Kardinal. | |||||||||
c.Dewan Penatua. | |||||||||
d. Monsigneur. | |||||||||
e. Paus. | |||||||||
41 | Penasehat utama Paus yang bertugas membantu Paus dalam menjalankan tugas pastoralnya adalah .... | ||||||||
a. Dewan Biara. | |||||||||
b. Dewan Kardinal. | |||||||||
c. Dewan Para Uskup. | |||||||||
d. Dewan Para Imam. | |||||||||
e. Dewan Para Paus. | |||||||||
42 | Gereja bersifat Katolik. Hal ini berarti .... | ||||||||
a. satu dalam iman, harapan dan kasih. | |||||||||
b. kudus, karena dikuduskan oleh Allah melalui sakramen baptis. | |||||||||
c. universal, umum terbuka bagi semua orang dan budaya manapun. | |||||||||
d. berdasar pada iman para rasul. | |||||||||
e. sama dengan Gereja Perdana. | |||||||||
43 | Gereja bersifat Apostolik, artinya .... | ||||||||
a. hidup dalam satu paroki tertentu. | |||||||||
b. mengakui kekuasaan Paus. | |||||||||
c. dipimpin oleh paus | |||||||||
d. berdasar pada iman para rasul. | |||||||||
e. tiruan dari Gereja Perdana. | |||||||||
44 | Sumber kekudusan dalam Gereja adalah .... | ||||||||
a. persatuan Allah dalam Yesus Kristus dan Roh Kudus. | |||||||||
b. baptisan yang diterima. | |||||||||
c. penguatan atau krisma. | |||||||||
d. upaya sendiri dengan bermatiraga atau puasa. | |||||||||
e. usaha bersama dengan saling mendoakan. | |||||||||
45 | Bentuk pewartaan Sabda Allah dengan cara verbal atau kata-kata disebut .... | ||||||||
a. Kerygma. | |||||||||
b. Martyria. | |||||||||
c. Diakonia. | |||||||||
d. Koinonia. | |||||||||
e. Leiturgia. | |||||||||
II | Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas! | ||||||||
46 | Sebutkan konsekuensi Gereja sebagai Umat Allah bagi pemimpin Gereja ( Hierarki ) | ||||||||
47 | Sebutkan dan jelaskan pembantu uskup ! | ||||||||
48 | Sebutkan 4 jenis pewartaan verbal ! | ||||||||
49 | Apa yang dimaksud pelayanan kristiani ? Jelaskan ! | ||||||||
50 | Apa yang kamu ketahui tentang Rm B.Mangunwijoyo Pr |
Selamat Datang
Friday, November 29, 2019
UAS AGAMA KATOLIK XI
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment