YAYASAN PENDIDIKAN DAN KESEHATAN
CIPTA BHAKTI HUSADA
SMK CIPTA BHAKTI HUSADA YOGYAKARTA
TERAKREDITASI : B
Alamat
: Jl. Rejowinangun No 15 B Yogyakarta
Jl.
Nitikan Baru UH VI No 112 Yogyakarta Telp/Fax. (0274) 412269, 6554742
WEBSITE : www.smkkesehatancbh@yahoo.co.id EMAIL : smkcbhyogya@yahoo.co.id
NASKAH SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GASAL
GURU : R. SLAMET
WIDIANTONO, SS
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA
KATOLIK
KELAS/SEMESTER : X KEPERAWATAN
HARI/TANGGAL : SENIN, 30 NOVEMBER 2015
WAKTU : 07.30 – 09.00
WIB
A. Pilihlah salah satu alternatif jawaban
benar dengan memberikan tanda silang pada lembar jawaban yang telah disediakan
1. Manusia diciptakan Allah sebagai …….
a. saingannya
b. temannya
c. citranya
d. kawannya
e. musuhnya
2. Manusia ciptaan Allah adalah…….
a. murni
b. suci
c. baik
d. khas
e. unik
3. Makna kata talenta dapat berarti ………
a. bakat
b. minat
c. manfaat
d. kehendak
e. harapan
4. Keistimewaan manusia dapat dilihat dari………
a. baik dan buruknya
b. benar dan salahnya
c.
baik dan benarnya
d. kelemahan dan kelebihannya
e. kebaikan dan kesalahannya
5. Pria dan wanita adalah ciptaan Allah agar hidup ……
a. saling bersaingan
b. saling berkawan
c.
bersatu padu
d. saling menolong
e. saling melengkapi
6. Perbedaan wanita dan laki-laki dapat ditengarai ……….
a. berbeda rambut
b. berbeda warna kulit
c.
berbeda mata dan telinga
d. berbeda hormon
e. berbeda tangan dan kaki
7. Kitab Suci Perjanjian Lama bagi bangsa Israel merupakan ............
a. buku iman
b. buku cerita
c. buku kumpulan kisah
d. buku legenda
e. buku hokum
8. Kitab Suci Perjanjian Lama yang
diakui oleh Gereja Katolik sebagai Kitab Suci
meliputi .................
a. 72 kitab
b. 46 kitab
c. 27 kitab
d. 64 kitab
e. 70 kitab
9. Kitab Suci Perjanjian Lama
dikelompokkan dalam tiga bagian, meliputi .............
a. Kitab Taurat, Kitab Kerajaan, dan Kitab Nabi-nabi.
b. Kitab Keluaran, Kitab Mazmur dan Kitab nabi Yeremia.
c. Kitab Sejarah, Kitab Kebijaksanaan, dan Kitab Nabi-nabi
d. Kitab Sejarah, Kitab Injil, dan Kitab Kebijaksanaan.
e. Kitab Sejarah, Surat-surat kanonik, dan Kitab Wahyu.
10. Kitab Suci Perjanjian Baru bagi umat
Kristiani merupakan ...........
a. Buku sejarah perkembangan Gereja
b. buku yang diutulis Allah untuk umat manusia
c. Kitab Sejarah asal-usul Gereja
d. Buku kesaksian iman dan renungan Gereja Perdana mengenai Yesus Kristus
e. kumpulan cerita kisah hidup Yesus
11. Orang Kristiani memandang Kitab Suci
sebagai .........
a. Buku surgawi
b. Firman Allah yang tertulis
c. Kitab kehidupan
d. Sumber kebenaaran
e. Sumber ilmu
12. Proses komunikasi, penerusan iman
dari satu generasi ke generasi berikutnya dan di
antara orang sejaman disebut .......
a. alih generasi
b. estafet generasi
c. Tradisi
d. adat istiadat
e. prosesi
13. Contoh Tradisi suci dalam Gereja
Katolik adalah ...............
a. upacara sunatan
b. doa bersama
c. doa pribadi
d. kebiasaan berziarah
e. Doa Syahadat
14. Salah satu manfaat dari mempelajari Pendidikan Agama Katolik di
sekolah adalah …..
a. membantu siswa agar dapat hidup dengan baik dan benar.
b. menunjukkan kepercayaan kepada Tuhan.
c. perlunya mempelajari dan mengetahui Tuhan yang dipuja dan disembah.
d. diwajibkan oleh sekolah.
e. mencari pengetahuan agama yang benar.
15. Salah satu kekhasan Injil Yesus
Kristus yang menonjol adalah .......
a. mewartakan Allah yang disembah dan dihormati semua agama di dunia.
b. mewartakan bahwa Yesus Kristus adalah pendiri agama Kristen.
c. mewartakan Yesus adalah satu-satunya utusan Allah.
d. mewartakan Allah yang dekat dengan manusia dalam diri Yesus Kristus.
e. mewartakan bahwa Allah adalah dewa yang paling unggul.
16. Bagian dalam Kitab Suci Perjanjian
Baru, yang termasuk dalam Surat-Surat Katolik adalah...
a. Mateus, Yakobus, Roma, Galatia, Ibrani, Filemon.
b. Yakobus, 1.2 Petrus, 1.2.3 Yohanes, dan Yudsas.
c. Markus, 1.2. Petrus, 1.2.3 Yohanes, dan Yudas.
d. Mateus, Markus, Lukas, dan Yohanes.
e. Roma. 1.2. Korintus, Galatia, Filipi, dan Kolose.
17. Sikap fanatisme agama yang dapat
menimbulkan perselisihan dalam masyarakat adalah ....
a. hidup baik sesuai dengan ajaran agama yang dipeluk.
b. memperhatikan penganut agama lain yang sedang beribadah.
c. mengikuti kebaktian yang diselenggarakan agama lain.
d. rajin beribadah sesuai dengan agama yang dianut.
e. menganggap agama sendiri yang paling baik dan benar.
18. Kitab Suci Perjanjian Lama menyebut
tokoh-tokoh perempuan seperti Hawa, Sara, Rahel, Ruth. Mereka disebut sebagai
..........
a. perempuan yang tersingkir.
b. perempuan yang bijaksana.
c. Isteri yang setia.
d. pahlawan atau pejuang iman.
e. wanita kudus.
19. Kesetiakawanan sosial Jemaat Perdana
dalam menangani kemiskinan anggota jemaat adalah
a. mengumpulkan sumbangan dari orang yang kaya.
b. membuat panti sosial untuk membantu orang miskin.
c. menjual dan membagikan harta milik pribadi untuk kepentingan jemaat.
d. memberi kursus dan pelatihan ketrampilan berwiraswasta.
e. menyayangi dan mencintai anggota jemaat yang miskin.
20. Kaul kemiskinan yang diucapkan oleh
kaum biarawan dan biarawati bermakna ....
a. tidak mempunyai harta kekayaan untuk dibagikan kepada sesama.
b. melepaskan hak atas milik pribadi dengan suka rela seperti Kristus.
c. melepaskan harta duniawi untuk mengikuti Kristus.
d. harta bukan hal yang penting.
e. kekayaan adalah sarana untuk mencapai kesempurnaan hidup.
21. Ciri-ciri orang yang sungguh beriman
adalah .........
a. menghayati, mengungkapkan dan mewujudkan imannya dalam hidup
sehari-hari.
b. mengungkapkan iman dalam doa dan ibadat bersama.
c. memiliki pengetahuan iman dan agama yang cukup.
d. rajin beribadah di Gereja pada hari Minggu.
e. berbuat baik kepada sesama.
22. Salah satu bentuk penghayatan Gereja
yang bersifat Katolik adalah ......
a. membuat tanda salib untuk memulai dan mengakhiri doa.
b. tekun berdevosi kepada Bunda Maria.
c. terbuka kepada semua orang.
d. setia pada ajaran dan tradisi Gereja.
e. mengakui Paus sebagai pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia.
23. Yang bukan tujuan kita mengenal diri
kita
a. semakin
percaya diri
b. menjadikan
diri semakin sombong
c. mengenal
diri untuk semakin mengenal Allah yang menciptakan kita
d. rendah hati
untuk semakin memperbaiki diri
e. mengarahkan
diri kita menuju manusia dewasa yang berkepribadian mantap
24. Manusia diciptakan oleh Allah sangat
baik adanya. Apa arti manusia diciptakan sangat baik adanya
a.
sempurna
b. kekal
c.
tidak dapat dikalahkan
d.
istimewa
e.
kebal
25. Manusia diciptakan sebagai mahkluk yang
unik dan istimewa, sebuah karya seni, sebuah masterpiece dari Allah yang luar
biasa. Kistimewaan itu terletak pada hal-hal dibawah ini kecuali?
a. keadaan diri
yang memiliki kekayaan rohani yang disebut sebagai karakter
b. mempunyai
daya refleksi untuk mememecahkan masalah dan semakin maju
c. kekemampuan
membuat sejarah
d. keadaan
tubuh yang sexy, cantik atau tampan, gagah atau anggun,
e. diciptakan
memiliki kelengkapan tubuh yang tepat, indah, estetis
26. Ayat kitab suci mana yang tidak
menerangkan manusia diciptakan secara istimewa oleh Allah?
a. Kej
1: 26-27 tentang Allah menciptakan manusia menurut gambar dan rupanya atau
citranya
b. Kej
1: 28-30 tetang Allah yang memberikan kuasa bagi manusia untuk menguasai dunia
c.
Kej. 1: 31 tentang Allah melihat ciptaaNya sangat baik adanya
d.
Kej. 2: 7 tentang manusia diberi hidup memalui hembusan nafas Allah
e.
Kej. 2: 8 tentang manusia ditempakkan ditaman eden
27. Apa yang tidak boleh kita lakukan
dengan keistimewaan kita miliki?
a.
bersyukur kepada Allah
b.
mengembangkanya untuk kebaikan sesama
c.
berlaku sewengan-wenang terhadap ciptaan lain karena kita diberi kuasa oleh
Allah atas ciptaan lain
d. merawat
tubuh kita dengan sebaik-baiknya
e.
mengisi kehiduan dengan pengalaman-pengalaman yang membangun
28. Apa yang terbaik bisa kita lakukan
untuk bersyukur atas karya Allah yang luar biasa dalam diri kita?
a.
mengikuti setiap gerakan yang baru tren pada masanya
b.
mengikuti gaya-gaya tokoh idola
c.
mencoba-coba hal-hal baru yang aneh
d.
mencoba untuk menemukan dan menjadi diri sendiri
e.
mengeksploitasi segala kemampuan untuk menunjukan kehebatan pribadi
29. Manusia secara istimewa diperlakukan
oleh Allah secara “pribadi”. Apa maksud pernyataan ini
a.
sejak awal mula manusia diciptakan sudah dipersiapkan secara teliti dan
mengagumkan
b.
manusia diciptakan dari debu tanah
c.
manusia diciptakan laki-laki dan perempuan
d.
manusia ditempakan di taman eden
e.
semua jawaban salah
30. Apa arti manusia diciptakan secitra
dengan Allah?
a.
Manusia sama dengan Allah
b.
Manusia memiliki akal budi dan kebebasan yang membedakan dengan ciptaan lain
dan memiliki kuasa sama dengan Allah meskipun kuasa manusia terbatas
c.
Manusia memiliki rupa yang sama dengan Allah
d.
Manusia sifatnya sama dengan Allah
e.
Manusia seferajat dengan Allah
31. Setiap manusia de facto tercipta secara
berbeda-beda, apa yang mempengaruhi terjadinya perbedaan-perbedaan tersebut?
a.
genetis
b.
lingkungan
c.
genetis dan lingkungan
d.
tren dunia
e.
kemajuan teknologi dan komunikasi
32. Kita diciptakan Allah memiliki
kelebihan dan kekurangan, bagaimana sikap kita mensikapi kelebihan-kelebihan
kita?
a.
bersikap biasa saja seakan-akan tidak punya kemampuan apa-apa
b.
menyimpannya untuk kepentingan pribadi
c.
sangat percaya diri dan kita pamerkan
d.
berusaha mengembangkannya dalam rasa syukur untuk kepentingan masa depan
e.
kita maksimalkan untuk dieksploitasi
33. Kita diciptakan Allah memiliki
kelebihan dan kekurangan, bagaimana sikap kita mensikapi kekurangan-kekurangan
kita?
a.
menutupinya supaya orang lain tidak tahu
b.
menerimanya dan mengupayakan untuk diperbaiki
c.
merasa minder
d.
pura-pura tidak tahu
e.
merasa terbebani, agar dimaklumi
34. Mat. 25: 14-30 bercerita tentang
perumpamaan tentang talenta. Apa kiranya maksud perumpamaan tersebut?
a.
setiap pribadi diberi kemampuan oleh Allah dan
hendaknya dipertanggungjawabkan
b.
setiap pribadi harus pasrah dengan keampuannya
c.
setiap pribadi mengembangkan kemampuannya seadanya saja
d.
setiap pribadi diberi kemampuan oleh Allah untuk
dipendam saja
e.
setiap pribadi diberi kemampuan oleh Allah untuk
mencukupi kebutuhannya
35. Bagaimana cara mengembangkan
talenta-talenta yang kita miliki?
a.
dipendam dalam-dalam supaya tidak diketahui oelh orang
banyak
b.
diamati, diperhatikah, dan cukup merasa bisa
c.
menunggu dibutuhkan baru dikembangkan
d.
diamati, diperhatikan, dioleh, dilatih, diperkembangkan
dan digunaan untuk kepentingan bersama
e.
masa bodoh
36. Kemamuan yang bukan berkaitan dengan
akal budi?
a.
mengerti dan menyadari diri sendiri
b.
mengerti dan menyadari yang ada diluar dirinya
c.
membuat sejarah hidup
d.
mampu membangun hubungan yang unik dengan sesamanya
e.
bertindak dengan sengaja
37. Apa maksud Allah memberi manusia
kemampuan untuk menguasai
a.
Untuk menjadi patner Allah dalam penciptaan
b.
untuk menguasai dunia dan ciptaan lain semaunya
c.
untuk mengeksploitasi dunia sepuasnya
d.
untuk menjadi raja atas bumi
e.
untuk menyaingi kekuasaan Allah
38. Apa dasar kitab suci kesetaraan
martabat manusia dihadapan Allah?
a.
1 Kor 12 : 7-9 tentang buah-buah Roh
b.
Mat. 25: 14-30 tentang perumpamaan talenta
c.
Kej. 1: 27 tentang manusia diciptakan secitra dengan
Allah
d.
1 Kor 1: 12 tentang murid-murid Paulus dan Petrus
e.
Roma 12: 9-21 tentang nasihat untuk hidup dalam kasih
39. Di Bawah ini adalah perbedaan perasaan
antara laki-laki dan perempuan?
a.
perasaan laki-laki mudah tergetar sedangkan perempuan
terkendali
b.
perasaan laki-laki subjektif sedangkan perempuan
objektif
c.
perasaan laki-laki cepat berubah sedangkan perempuan
sulit untuk cepat berubah
d.
perasaan laki-laki lebih sering dipendam sedangkan
perempuan diungkapkan
e.
perasaan laki-laki lebih sensitif sedangkan perempuan
kasar
40. Siapa yang disebut sesama manusia dalam
perumpamaan Yesus tentang orang Samaria yang baik hati (Luk. 10: 25-37)
a.
orang yang menderita, miskin dan tersingkir
b.
semua orang yang kita cintai
c.
semua orang yang kita kenal
d.
semua orang yang pernah kita temui
e.
semua orang di dunia
B.
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan
benar dan jelas pada lembar jawaban yang telah disediakan
2.
Suara hati dapat tumpul, dan tidak berfungsi. Apa yang
menyebabkan suara hati tumpul ? Sebutkanlah
3.
Pria dan wanita diciptakan oleh Allah, apa perbedaan
antara pria dan wanita?
4.
Manusia diciptakan secitra dengan Allah, apa makna dan tugas
manusia sebagai citra allah tersebut agar terealisasi dalam kehidupan nyata
5.
Buatlah doa syukur atas kisah penciptaanku sebagai
citra allah dan dilengkapi dengan segala kelebihan dan kekurangannya!
SELAMAT BELAJAR
SELAMAT MENGERJAKAN
TUHAN MEMBERKATI
SEMOGA SUKSES
AMIN
No comments:
Post a Comment