Selamat Datang

Selamat Datang di Blog ini bersama R. Slamet Widiantono ------**------ TUHAN MEMBERKATI -----* KASIH ITU MEMBERIKAN DIRI BAGI SESAMA -----* JANGAN LUPA BAHAGIA -----* TERUS BERPIKIR POSITIF -----* SALAM DOA -----* slammy

Wednesday, October 9, 2019

MENJADI KATOLIK

Allah dalam Dirinya sendiri sempurna dan bahagia tanpa batas. Berdasarkan keputusan-Nya yang dibuat karena kebaikan semata-mata, Ia telah menciptakan manusia dengan kehendak bebas, supaya manusia itu dapat mengambil bagian dalam kehidupan-Nya yang bahagia. 

Karena itu, pada setiap saat dan di mana-mana Ia dekat dengan manusia. Ia memanggil manusia dan menolongnya untuk mencari-Nya, untuk mengenal-Nya, dan untuk mencintai-Nya dengan segala kekuatannya. 

Ia memanggil semua manusia yang sudah tercerai-berai satu dari yang lain oleh dosa ke dalam kesatuan keluarga-Nya, Gereja. Ia melakukan seluruh usaha itu dengan perantaraan Putera-Nya, yang telah Ia utus sebagai Penebus dan Juru Selamat, ketika genap waktunya. Dalam Dia dan oleh Dia Allah memanggil manusia supaya menjadi anak-anak-Nya dalam Roh Kudus, dan dengan demikian mewarisi kehidupan-Nya yang bahagia. (KGK 1)

Melalui kehendak bebas yang diberikan oleh Allah pada manusia, manusia bebas bersikap menggunakannya untuk menentukan pilihannya dalam mengolah dunia dan seisinya serta terutama dalam menjalin Relasi dengan Allah.

Kehendak bebas atau kebebasan sikap diartikan sebagai sikap bebas tanpa paksaan atau dipaksa oleh pihak lain, dalam menentukan pilihan yang terbaik berdasarkan suara hatinya. 

Suara hati diyakini sebagai suara Allah, yang sedang berbicara dan mengarahkan orang pada kebaikan dan kebenaran dan juga mampu membedakan yang baik dan yang jahat. 

Suara hati sangat berperan dalam menentukan jati diri seseorang, sejauh orang tersebut mau dan mampu mendengarkan sura hatinya. 

Maka berdasarkan suara hati setiap orang BEBAS memlilih yang paling baik dan benar bagi diri dan kehidupannya, termasuk dalam memlih agama atau kepercayaan yang dianutnya. Sehingga Jelas bahwa agama dan kepercayaan yang dianut dan dihayati ini sungguh-sungguh pilihannya sendiri, bukan karena terpaksa terlebih-lebih dipaksa oleh orang lain.

Setiap orang yang di sapa oleh Allah menanggapinya dengan iman, yang terungkap lewat agama dan kepercayaan. Demikan halnya dengan orang beriman Katolik, mempunyai iman kepada Yesus Kristus, melalui agama katolik. 

Maka dengan menyebutnya beriman katolik berarti orang itu percaya dan beriman seutuhnya kepada Yesus Kristus, sebab Dialah yang menjadi "Jalan, Kebenaran dan Hidup" (Yoh 14:6).

Bagaimana menjadi, beriman Katolik serta beragama Katolik?

Kita kembali kepada Kehendak bebas yang Allah berikan kepada setiap umat-Nya untuk memilih agama dan kepercayaan yang akan dijalaninya. 

Demikian halnya menjadi Katolik, beriman katolik dan beragama katolik, bukanlah suatu keterpaksaan atau dipaksa oleh orang lain.

23 comments:

  1. BAGAIMANA AKU MENYADARI KEKATOLIKANKU?
    BANGGAKAH AKU MENJADI SEORANG KATOLIK?
    APA YANG BISA KU BANGGAKAN?

    ReplyDelete
  2. 1.DENGAN AKU BERIBADAH KE GEREJA
    2.YA AKU BANGGA
    3.Allah, yang sedang berbicara dan mengarahkan orang pada kebaikan dan kebenaran dan juga mampu membedakan yang baik dan yang jahat.

    ReplyDelete
  3. 1. Dengan pergi ke gereja Dan selalu berdoa.
    2. Ya, aku bangga.
    3. Suara hati diyakini sebagai suara Allah, yang sedang berbicara dan mengarahkan orang pada kebaikan dan kebenaran dan juga mampu membedakan yang baik dan yang jahat.

    (Anggita 7G)

    ReplyDelete
  4. 1.Berdoa kepada Tuhan
    2.bangga
    3.karena Tuhan selalu melindungiku
    (Declan/7G)

    ReplyDelete
  5. 1.Dengan berdoa setiap hari atau
    waktu.
    2.ya saya bangga.
    3. Karena Allah mengajarkan kita perbuatan-perbuatan yang baik dan membimbing kita untuk ke jalan yang benar.

    Kartika/7g/20

    ReplyDelete
  6. 1.Dengan percaya kepada Tuhan Allah ku.
    2.Bangga lah.
    3.aku bisa menjadi lebih banyak teman dan dapat berbicara kepada Tuhan.
    Theo/7g

    ReplyDelete
  7. Dengan mengikuti ekaristi di gereja dan mengikuti kegiatan keagamaan lainya di linkungan rumah dan sekolah aku bangga menjadi seorang katolik, yang bisa ku banggakan adalah tidak membenarkan kejahatan
    (bernard/10)

    ReplyDelete
  8. - beribadah di gereja setiap hari minggu
    - bangga
    - Kehendak bebas atau kebebasan sikap diartikan sebagai sikap bebas tanpa paksaan atau dipaksa oleh pihak lain, dalam menentukan pilihan yang terbaik berdasarkan suara hatinya.
    Ola 7G

    ReplyDelete
  9. Aku menyadari kekakotilanku dengan membaca Alkitab dan membaca Alkitab , melakukan apa yang dikatakan tuhna Yesus

    Ya aku bangga

    Yang bisa aku bangga kan Tuhan yang telah melindungi kita dan memberkati saya selamanya dalam dual dan suka



    Konan / 03 / 7G

    ReplyDelete
  10. 1. Dengan beribadah ke gereja dan berdoa
    2. Ya , bangga
    3. Tuhan/Allah karena dengan berdoa dan percaya kepadanya kita bisa berkomunikasi dengan Tuhan/Allah dan bisa mendekatkan diri pada-Nya

    ReplyDelete
  11. 1. Dengan setiap minggu sore aku ke gereja.
    2. Ya aku bangga menjadi seorang katholik.
    3.Kehendak bebas atau kebebasan sikap diartikan sebagai sikap bebas tanpa paksaan atau dipaksa oleh pihak lain, dalam menentukan pilihan yang terbaik berdasarkan suara hatinya.
    Cici 7G

    ReplyDelete
  12. 1. Dengan setiap minggu sore aku ke gereja.
    2. Ya aku bangga menjadi seorang katholik.
    3.Kehendak bebas atau kebebasan sikap diartikan sebagai sikap bebas tanpa paksaan atau dipaksa oleh pihak lain, dalam menentukan pilihan yang terbaik berdasarkan suara hatinya.
    Cici 7G

    ReplyDelete
  13. 1. Dengan setiap minggu sore aku ke gereja.
    2. Ya aku bangga menjadi seorang katholik.
    3.Kehendak bebas atau kebebasan sikap diartikan sebagai sikap bebas tanpa paksaan atau dipaksa oleh pihak lain, dalam menentukan pilihan yang terbaik berdasarkan suara hatinya.
    Cici 7G

    ReplyDelete
  14. 1. Dengan aku beribadah keGereja
    2. Dengan aku berdoa setiap hari
    3. Dengan aku bersyukur kepada Tuhan Setiap hari

    ReplyDelete
  15. 1. Dengan aku beribadah keGereja
    2. Dengan aku berdoa setiap hari
    3. Dengan aku bersyukur kepada Tuhan Setiap hari

    (ENDHA 7G)

    ReplyDelete
  16. 1.berdoa dan beribadah ke gereja
    2.bangga
    3.beriman katolik berarti orang itu percaya dan beriman seutuhnya kepada Yesus Kristus, sebab Dialah yang menjadi "Jalan, Kebenaran dan Hidup"
    Gandung 7G

    ReplyDelete
  17. 1.Berdoaan beribadah ke gereja
    2.aku bangga
    3.aku beribadah kepada Tuhan

    ReplyDelete
  18. 1.Berdoaan beribadah ke gereja
    2.aku bangga
    3.aku beribadah kepada Tuhan
    Theo/7g

    ReplyDelete
  19. 1.DENGAN AKU BERIBADAH KE GEREJA
    2.YA AKU BANGGA
    3.Allah, yang sedang berbicara dan berkomunikasi dengan orang lain sesuai dengan kebenaran dan juga mampu membedakan yang baik dan yang jahat.
    (ENDHA 7G)

    ReplyDelete
  20. 1.dengan beribadah dan berdoa di gereja
    2.YA SAYA BANGGA
    3.karena Allah selalu menyertai saya dan melindungi saya di situasi apapun Allah juga selalu mengampuni dosa yg kita perbuat

    ReplyDelete